Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Akuntansi

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengusaha kecil dalam bisnisnya adalah tidak cukup mengetahui seni dan ilmu akuntansi. Kecuali anda memiliki dana yang cukup untuk menyewa akuntan dari awal, setidaknya anda mengetahui dasar-dasarnya sebelum memulainya. Waktu, dan sekali lagi, kegagalan bisnis baru bukan hanya disebabkan produk,layanan, atau operasi yang tidak tertata dengan baik, tapi karena pemilik tidak tahu hal terpenting didalam pembukuan dan akuntasi yang benar. Tanpa ketrampilan yang penting ini, anda tidak akan tahu apakah perusahaan berjalan dengan baik atau buruk, perubahan apa saja yang harus dilakukan dari sisi finansial, atau apa yang harus dilakukan saat membayar pajak. Dengan pengetahuan dasar akunting tidak hanya membantu, tapi juga sangat diperlukan.

Apakah ini berarti anda harus memiliki ijasah akuntansi sebelum memulai usaha? Hilangkan pikiran tersebut. Meskipun gelar tidak berpengaruh, namun tanpa training akuntasi, anda akan kebingungan dengan istilah dan bahasa yang digunakan dalam dunia akuntasi. Dengan kesabaran dan kemauan untuk belajar, tidak memerlukan waktu lama bagi anda untuk beradaptasi dengan bidang baru. Luangkan waktu setiap hari untuk membaca artikel dari internet, membaca buku dasar-dasar akuntansi, dan membiasakan diri anda menggunakan software akuntansi. Dengan ini anda akan terbiasa dengan istilah-istilah yang digunakan dalam akuntansi dan anda berada di jalur yang tepat untuk menjadi seorang akuntan kompeten.

Ingatlah bahwa hal terpenting dalam akunting adalah pencatatan payroll. Software akuntansi yang baik mencatat setiap area dari rekaman finansial. Anda harus memperhatikan uang yang anda pinjamkan, tren sales, tren penjualan, overhead, dan banyak hal yang mungkin tidak terpikirkan. Memang lebih mudah menyewa seseorang untuk melakukan pekerjaan ini, mungkin anda tidak memiliki cukup dana untuk hal tersebut diawal usaha. Meskipun anda menyewa seseorang, anda akan ingin tahu banyak hal – jika bukan semuanya-yang mereka tahu. Tidak semua orang berkompeten seperti yang kita harapkan. Jika anda tidak tahu apapun mengenai program akuntansi, anda membiarkan kegagalan datang kepada anda. Pada akhirnya, anda akan menyalahkan diri sendiri karena tidak mempelajari dasar-dasar akuntasi.

Sebagai langkah awal untuk menjadi seorang akuntan amatir yang kompeten, anda dapat meminta informasi kursus di tempat anda. Jangan hanya kursus. Pinjam buku dari perpustakaan dengan topik tersebut. Cek di internet jika ada kursus jarak jauh, jika anda tidak punya waktu untuk hadir di kelas. Terakhir, bertukar pikirang dengan orang yang memiliki keahlian akuntansi dan lihat menurut mereka ketrampilan penting apa yang perlu dipelajari.

Oleh: Cherie Ang

Diterjemahkan oleh: Iin (tim pengusahamuslim.com)