5 Hal Yang Harus Dipahami Dalam Ceruk Pasar

Dengan melihat judul artikel ini, mungkin anda bertanya-tanya, mungkingkah memberikan anda informasi yang valid. Bukankah setiap ceruk itu berbeda? Bukankah setiap ceruk memerlukan strategi marketing yang berbeda? Jawabannya adalah ya dan tidak. Saat strategi yang sama digunakan untuk masing-masing ceruk, anda harus merombaknya agar sesuai dengan kebutuhan ceruk yang spesifik. Dibawah ini saya telah menyusun lima prinsip dasar yang perlu anda pahami terkait dengan ceruk yang anda pasarkan.

1. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan ceruk pasar yang jelas, Di tahap awal perencanaan, anda ingin memperjelas siapa target audien marketing anda. Jika anda tidak dapat menetapkannya dengan jelas, maka anda akan kesulitan menemukannya. Setelah anda memasarkan pada kelompok ini, kemudian anda ingin memperluas pasar; tapi untuk memulainya, anda harus mengarak ke kelompok ini.

2. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan anda, sebagai marketer, menetapkan minat target audien anda. Apa yang paling diinginkan audien anda? Apakah produk yang sudah ada di pasar, namun dengan tambahan fitur yang belum ada dimanapun? Jika kasusnya demikian, maka anda menyasar pada kelompok tersebut dan menawarkan fitur yang diinginkan.

3. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan setidaknya kredibilitas dari pembeli tetap yang terkait dengan ceruk tersebut. Jika mereka telah memiliki produk favorit, mereka akan memberikan sedikit minat pada anda dan produk yang anda tawarkan, kecuali anda memberikan alasan mengapa anda adalah alternatif yang patut diperhitungkan. Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara, namun mungkin yang terbaik adalah bekerja sama dengan pihak lain yang tidak bersaing secara langsung.

4. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan persiapan yang matang. Jika anda merencanakan mengeluarkan produk baru dimana orang akan membeli pada ceruk tersebut, anda bisa melakukan pengujian beta pada pembeli tertentu. Biarkan mereka menggunakan produk anda secara gratis, sehingga mereka dapat memberikan kritikan, yang merupakan sarana bagi anda untuk meningkatkan produk, memperbaiki fitur, dan melakukan penambahan yang dapat meningkatkan nilai produk secara signifikan.

5. Memasarkan ceruk yang efektif juga memerlukan bukti sosial. Sekali lagi, kembali pada menetapkan kredibilitas: untuk memasarkan pada kelompok terpilih, yang telah menggunakan produk favoritnya, dan anda ingin memberikan buki mutu produk anda. Anda dapat melakukannya melalui blog, demo produk, dan meminta komentar di blog.

Sumber: authorpalace.com

Diterjemahkan oleh: Iin (tim pengusahamuslim.com)