Memasarkan Jasa: Lakukan Dengan Efektif

Saat menjual sebuah jasa, bisa jadi lebih menantang daripada menjual produk. Anda tidak menjual sesuatu yang nampak; karena yang anda jual tidak dapat dilihat.

Ketika menjual sebuah jasa, pengalaman konsumen sangat penting untuk menutup penjualan dan memasarkan dengan efektif. Pengalaman memiliki dampak terhadap nilai layanan yang diterima.

Jasa juga cenderung memiliki reputasi terbentuk pada seseorang. Orang yang terlibat dalam penjualan dan kinerja layanan memiliki kemampuan untuk membangun atau merusak reputasi perusahaan.

Konsumen akan kesulitan membandingakan jasa antar vendor. Mereka tidak dapat menyentuh atau merasakan produk, namun mereka memiliki kepercayaan bahwa service akan dilakukan seperti yang dijanjikan. Bagaimana anda dapat membantu konsumen membandingkan anda dengan vendor lain?

Sebuah jasa tidak dapat dikembalikan. Jika servis diberli, namun tidak memenuhi harapan konsumen, mereka tidak dapat meminta pengganti produk baru. Ini akan menghabiskan waktu konsumen dan sebagai individu kita sering menganggap waktu lebih berharga daripada uang.

Bagaimana anda menjual perusahaan jasa? Ingatlah bahwa didalam marketing tradisional kita memiliki 4 P. Ketika memasarkan jasa kita menambahkan tiga hal.

Komponen marketing tradisional meliputi:

* Product (produk)

* Price (harga)

* Place (tempat)

* Promotion (promosi)

Untuk memasarkan jasa, anda menambahkan tiga hal termasuk:

* People (Staf)

Seluruh staf yang terlibat baik langsung maupun tidak lansung mengambil peran yang penting. Staf dapat memberikan nilai yang signifikan pada jasa yang anda tawarkan.

* Physical Evidence (Bukti fisik)

Bagaimana jasa diberikan perlu dikomunikasikan dan ditindaklanjuti. Anda menciptakan pengalaman yang tidak kasat mata sehingga komunikasi dan dokumentasi adalah bukti fisik yang dapat anda bagi dengan konsumen.

* Process (Proses)

Prosedur dan alur aktivitas bagaimana jasa digunakan adalah elemen yang penting dalam strategi marketing jasa. Segala sesuatunya harus berjalan dengan lancar dan menjaga kepercayaan konsumen.

Dengan mengembangkan 4P dan memperkayanya dengan tiga hal tersebut diatas, anda dapat menjual jasa anda dengan lebih baik, meskipun yang anda jual tidak kasat mata.

Oleh :Laura Lake

Sumber:marketing.about.com

Diterjemahkan oleh: Iin (tim pengusahamuslim.com)