Mempertahankan Orang Terbaik Anda

Banyak manager dan pemimpin kelompok yang bertanya pada saya bagaimana menangani karyawan dalam hal memaksimalkan potensi, menciptakan kesetiaan dan respek, dan memotong turnover yang tinggi dan perilaku yang merusak di tempat kerja.

Sebuah alasan yang paling umum kenapa seseorang bertahan atau meninggalkan sebuah organisasi berdasarkan pada hubungan yang mereka miliki dengan supervisor. Karena itu kuncinya adalah dengan menunjukkan minat personal pada masing-masing individu. Mengenali keunikan seseorang dan menemukan cara agar keunikan tersebut bermanfaat di tempat kerja.

Tip berikut dapat diterapkan disituasi tertentu

Pertemuan satu-lawan-satu (One-on-one Meeting)

-Membangun kepercayaan; mengadakan meeting di kantor anda setelah makan siang atau coffee break dengan masing-masing individu.

-Mengenali karyawan anda dengan menanyakan tujuan karir, mungkin dengan demikian anda akan mengetahui tujuan mereka bekerja saat ini sebagai batu loncatan.

-Menanyakan peluang apa untuk pertumbuhan dalam pekerjaan mereka.

-Menanyakan bagian pekerjaan saat ini yang peling disukai.

-Menanyakan jika ada bagian tugas yang tidak mereka sukai. Jika memungkinkan bebaskan mereka dari tugas tersebut. Jika tidak, bantu mereka menemukan cara agar lebih menyenangkan.

-Mengakui pekerjaan yang dilakukan dengan baik; memberikan bonus, penghargaan atas ide kreatif dsb.

-Jika memungkinkan ijinkan karyawan untuk belajar area baru yang mereka sukai. Beri mereka dorongan dengan memberikan training dsb.

-Set up sistem mentoring.

Jika masing-masing individu karyawan merasa dihargai mereka akan terus termotivasi untuk tetap di dalam organisasi dan secara konsistem memberikan kerja yang berkwalitas untuk mencapai sasaran perusahaan.

Oleh:Dorene Lehavi Ph.D

www.woopindo.com

Diterjemahkan oleh: Iin (tim pengusahamuslim.com)