Membangun Kepercayaan Dan Mengembangkan Hubungan Dengan Klien Dan Karyawan

Ketika menyinggung masalah kesetiaan pelanggan, tidak ada yang lebih penting daripada kepercayaan yang anda kembangkan dengan klien. Riset dari sebuah universitas di Texas mengatakan jika klien melihat anda dapat dipercaya dan diandalkan….dan jika klien melihat anda memenuhi janji… mereka akan menjadi klien yang paling antusias sepanjang waktu.

Hal yang sama juga berlaku bagi karyawan anda. Jika karyawan melihat anda berkata jujur, meskipun berat dan tidak mudah melakukannya, maka anda membangun ikatan kepercayaan yang kuat dengan mereka. Dan dengan ikatan kepercayaan tersebut akan lebih mudah bekerjasama dan memotivasi.

Jika anda ingin klien tetap setia, anda harus menjaga kepercayaan mereka. Jika anda ingin tim kerja yang lebih kuat, anda harus membangun pondasi kepercayaan.

Sekarang, yang harus anda lakukan adalah membangun atau membangun ulang kepercayaan?

4 Cara membangun Kepercayaan, Mendapatkan Kesetiaan dan Mempertahankan Klien dan Karyawaan

1. Pikirkan yang terbaik untuk karyawan dan klien anda

Saat terjadi kesalahan, atau seseorang mengecewakan anda, mulai dengan memikirkan yang terbaik. Jangan terburu-buru mengambil tindakan dan ingin tahu alasan mengapa karyawan atau klien melakukan kesalahan. Fokus pada apa yang dapat dikerjakan. Jangan fokus pada masa lalu dan orang lain. Fokus pada masa depan dimana anda dapat bekerja sama. Disamping itu, jika anda terburu-buru menyalahkan orang lain, anda akan mempermalukan diri anda sendiri. Mungkin anda adalah orang yang sebenarnya bersalah atas masalah yang terjadi.

2. Percaya pada pelanggan atau karyawan jika mereka benar .

Anda membangun kepercayaan ketika anda berbicara atas nama orang lain, terlebih apa yang anda bicarakan bukan masalah politis atau personal. Martin Luther King, Jr. mengatakan, “Pada akhirnya kita tidak akan mengingat apa yang dikatakan musuh kita tapi teman-teman kita yang diam.”

3. Menolak gosip

Ada hal yang perlu anda ketahui tentang hal ini, mungkin sedikit memberi anda kepuasan ketika membicarakan perilaku negatif orang lain. Mungkin membuat anda merasa superior. Anda tidak dapat melakukan hal tersebut.

Alasannya sederhana:

Gosip negatif akan selalu kembali ke orang yang anda bicarakan. Ini adalah sifat alami dari berita negatif yang sensaional. Dan untuk memperburuk, versi yang tersebar akan lebih buruk daripada yang anda dengar.

4. Penuhi janji

Cara tercepat merusak kepercayaan adalah gagal memenuhi janji.

Pikirkan hal ini. Tidak seorangpun yang melupakan janji. Anda mengatakan pada klien, masalah akan diseleseaikan besaok dan klien menganggap ini adalah janji anda. Dan ini tidak berlaku ketika anda menemui mereka dan mengatakan anda lupa atau sibuk Dalam pikiran mereka, anda mengingkari janji, dan kepercayaan diantara anda telah rusak.

Jadi, jika anda ingin membangung kepercayaan, solusinya sederhana. Penuhi janji anda.

Oleh: Dr. Alan Zimmerman

Sumber:www.marketingsource.com

Diterjemahkan oleh: Iin (tim pengusahamuslim.com)