Nilai Sebuah Teamwork

Apakah anda pernah menjadi bagian dari tim fungsional?

Banyak dari kita yang memiliki pengalaman negatif didalam sebuah tim. Kenyataannya, istilah “tim” sering digunakan untuk menggambarkan kelompok orang yang saling membangun satu dengan yang lain. Jadi, apakah tim itu? Ada berbagai definisi, namun berikut ini adalah definisi yang bagus: ” Sebuah tim adalah sekelompok orang yang akan keluar dari jalan mereka untuk membuat satu dengan yang lainnya menjadi baik.”

Tim dibuat dari sejumlah kecil orang (idealnya 7-9 orang) yang memiliki tujuan yang sama, saling bertanggung jawab dan memiliki bakat dan ketrampilan yang berbeda.

Banyak dari kita yang terlibat dalam kegiatan “team building”. Meskipun menyenangkan, bagaimana anda menciptakan nilai jangka panjangnya? Dan mengapa anda harus menciptakan budaya dengan nilai team work? Bukankah lebih cepat dan lebih efisien untuk menyuruh mereka apa yang harus dilakukan?

Di iklim bisnis saat ini, sulit untuk memberikan waktu tambahan untuk sesuatu diluar daftar prioritas penting anda. Namun, jika anda memiliki pengalaman dalam bersinergi dengan tim yang berfungsi dengan baik, anda akan paham keuntungan yang dapat diberikan oleh tim semacam ini.

MANFAAT TIM

Berikut ada beberapa manfaat :

* Membuat setiap orang berada di halaman yang sama. Ketika orang memahami apa yang menjadi sasaran atau tujuan, mereka dapat melanjutkan dengan tugas yang harus dikerjakan dan tidak membuang waktu dalam kebingungan dan pekerjaan yang tidak perlu karena harapan yang tidak jelas.

* Menciptakan hasil yang lebih baik. Tidak ada pertanyaan ketika orang membawa bakat unik mereka ke lingkungan yang mendukung, dimana kepercayaan dan respek merupakan norma-norma, dan hasil akhirnya adalah produk yang lebih baik.

* Memberikan nilai pada konsumen anda. Ketika sebuah tim berkerja sama dengan baik, konsumen dapat merasakannya. Terdapat keinginan beritikad baik, dan keinginan untuk bekerja dengan orang yang menyenangkan dan menikmati apa yang mereka kerjakan. Peter Block pernah mengatakan, “Anda tidak dapat memperlakukan pelanggan anda dengan lebih baik dibandingkan kalian memperlakukan satu dengan yang lain .” Mungkin anda berpikir menyembunyikan “baju kotor” anda, namun pelanggan anda tahu apakah anda bekerja sebagai tim atau tidak.

* Nikmati pekerjaan anda. Tim yang berfungsi tinggi memberikan sense energi pada pekerjaan mereka. Konflik yang sehat dan ketidaksetujuan diperbolehkan, dan feedback diberikan dalam semangat perbaikan berkesinambungan. Turnover yang menururn, moral yang meningkat dan orang akan merasa lebih fun.

MEMBANGUN TIM YANG LEBIH BAIK

Jadi, apa yang anda perlukan untuk mulai membangun tim yang lebih baik? dan bagaimana anda terlibat?

Berikut ada beberapa saran:

* Mulai dari atas. Diperlukan dukungan pemimpin senior dalam membentuk inisiatif tim.

* Berkomunikasi secara teratur. Secara teratur berbagi informasi dengan anggota tim dengan format yang berbeda.

* Menjelaskan alasan inisiatif tim.Orang perlu memahami bagaimana mereka mendapatkan gambaran yang lebih vesar, serta wfaktor WIIFM (What”s In It For Me?- Apa manfaatnya bagi saya?)

* Memberikan mereka kontrol sebanyak mungkin. Ketika anggota tim memiliki sense saling memiliki, anggota tim terdorong untuk mengambil tanggung jawab sehingga dapat diandalkan.

* Menjadi pendorong. Mencari cara untuk mengetahui kemajuan tim, menyingkirkan hambatan mereka dan menciptakan pemenang internal yang menghargai pekerjaan mereka..

Team building bukanlah even sesaat. Ini adalah perilaku, filosofi bagaimana memperlakukan orang lain.

Sebagai seorang pemimpin, anda harus terus memukul drum untuk terus membangun tim. Anda harus mendukung pertumbuhan.

Setiap orang menjadi pemenang ketika tim bekerja dengan baik: karyawan, perusahaan dan pelanggan. Seperti yang dikatakan Margaret Mead, “Jangan pernah meragukan sekelompok kecil orang dengan pemikiran, mereka yang memiliki komitmen dapat mengubah dunia.”

Oleh: Paula Swirzer

Article Source: http://www.leadershiparticles.net

Diterjemahkan oleh: Iin (tim pengusahamuslim.com)