Perlukah Melakukan Riset Pemasaran

Pengusaha sukses, termasuk anda, harus beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang selalu berubah. Selain aspek dalam menjalankan bisnis sehari-hari, perusahaan juga harus mempertimbangkan bahan dan barang, kelangkaan energi, inflasi, resesi ekonomi, pengangguran, dan perubahan teknologi. Untuk menjadikan perusahaan sebagai sebuah perusahaan yang menguntungkan, anda juga harus merespon pasar dengan produk dan iklan. Sebuah alat penting untuk mengukur pasar dan menjaga kompetitif adalah riset pemasaran yang efektif.

Riset pemasaran adalah pencarian informasi yang akan membantu anda sukses dalam menangkap pangsa pasar. Riset pemasaran berfokus pada pemahaman “Pelanggan” (pembeli, konsumen), “Perusahaan” (desain produk, promosi, harga, penempatan, layanan, penjualan), dan “persaingan”. Hubungan ketiga elemen tersebut merupakan inti dari riset pemasaran. Perusahaan harus memahami dan merespon apa yang pelanggan inginkan dari produk mereka. Namun, hubungan ini selalu dipengaruhi oleh pesaing dan bagaimana produk mereka diterima oleh pasar Anda. Dengan demikian, Anda harus jelas mengidentifikasi pelanggan, perusahaan, dan persaingan sebelum mengembangkan sebuah proyek riset pemasaran.

Ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum Anda mulai, termasuk:

  • Pelanggan anda dan persaingan produk anda
  • Kesadaran dan citra produk Anda
  • Penggunaan Produk
  • Permasalahan dengan produk Anda
  • Keinginan pelanggan dan kebutuhan untuk pengembangan produk baru

Dalam situs qualtrics.com, dijabarkan setidaknya ada 20 jenis riset pemasaran yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun fungsi-fungsi tersebut berfokus pada pengembangan konsep produk dan pelayanan agar dapat diterima dengan baik oleh pasar. Namun yang perlu diingat, hal terpenting dalam sebuah riset pemasaran adalah proses pengerjaanya bukan pada hasilnya. Oleh karena itu, kunci sebuah riset pemasaran ada pada orang yang mengerjakan riset tersebut. Orang tersebut harus memahami permasalahan yang dibawa dalam riset pemasaran yang dikerjakan dan kemudian menggunakan informasi-informasi yang tepat untuk mengerjakan riset tersebut. Hal ini memerlukan identifikasi pertanyaan riset yang sesuai, responden, metodologi, analisis dan pelaporan.

Pertanyaannya sekarang, perlukah anda melakukan riset pemasaran? Jika melihat penjabaran di atas, sudah pasti jawabannya perlu. Apapun perusahaan anda baik besar atau kecil, riset pemasaran diperlukan agar produk yang anda hasilkan dapat diterima dan tidak menjadi produk yang gagal. [Zahir]

Artikel ini hasil kerja sama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial