Marketing Dengan Efektif: Menciptakan Sistem Untuk Daya Ungkit

Ada dua hal yang sering saya dengar dari klien marketing saya. Yang pertama, mereka tidak punyak klien yang cukup – mereka berusaha keras agar target penjualan terpenuhi. Sering, dalam satu bulan mereka sangat sibuk sehingga tidak ada waktu untuk menjual sendiri dan akibatnya, bisnis menurun secara drastis.

Masalah kedua adalah kapasitas. Dalam situasi ini, klien memiliki stream bisnis yang stabil, namun merasa banyak beban, lelah dan stress. Jika anda berada di salah satu skenarion ini, anda tidak sendirian. Banyak pengusaha yang bernasib sama. Berita baiknya adalah anda dapat bekerjasama untuk memecahkan masalah tersebut. Jawaban atas permasalahan ini adalah dengan membuat sistem – sistem ini akan mendongkrak waktu dan pengetahuan anda. Dengan melakukan ini, anda dapat menarik aliran klien ke dalam bisnis anda dan lebih banyak melayani mereka dengan upaya yang lebih kecil.

Berikut adalah tips yang membantu bisnis anda agar sistematis:

1) Delegasi, delegasi, delegasi: Apakah anda masih menyusun buku atau buku sendiri? Jika demikian, tanyakan pada diri anda, “Apakah aktivitas ini adalah prioritas bisnis yang penting?” Atau adakah hal lain yang dapat dikerjakan sehingga menghasilkan pendapatan untuk perusahaan? Delegasikan pekerjaan yang membuat anda sibuk pada asisten. Anda dapat meng-outsource graphic designer, copywriter, pembukuan dan website programmer untuk menghemat uang, waktu dan tenaga anda.

2) Dokumentasikan proses: Luangkan waktu untuk menuliskan cara spesifik perusahaan dalam melakukan sesuatu. Anda harus mempunyai metode spesifik untuk menutup penjualan, menyimpan file, mengembangkan proposal, menentukan harga , dan berkomunikasi dengan klien. Dengan menciptakan “Panduan” untuk semua aktivitas ini, anda mulai menstandardkan proses-proses tersebut. Ini akan mempermudah asisten atau karyawan untuk masuk dan menangani tugas-tugas tersebut. Juga mempermudah anda untuk mengulangi dan menentukan tindakan sehingga ada perbaikan dari waktu ke waktu. Ketika sistem bekerja, mereka akan mengarah pada hasil yang positif.

3) Batasi kegiatan: Diperlukan banyak waktu dan energi untuk hal tersebut. Dan ketika anda melakukannya dengan mendadak, anda kehilangan waktu dan uang. Karena itu, solusi terbaik adalah dengan disiplin waktu. Kelompokkan aktifitas dan buat jadwal pada kalender anda, dan patuhi. Misalnya, jika kegiatan terpenting anda adalah menelpon klien-klien anda, maka plot waktu untuk kegiatan tersebut setiap hari atau minggu. Pada saat itu, JANGAN membalas e-mail atau mulai mengerjakan proyek lainnya. Anda harus memiliki komitmen untuk melakukan kegiatan tersebut.

4) Gunakan autopilot: Lihat bisnis anda untuk mengetahui jika ada kegiatan yang dapat diotomasi. Misalnya, ketika seseorang mendaftar ezine anda, anda dapat men-set autoresponder untuk mengirim balasan. Contoh lainnya adalah menempatkan halaman di website anda untuk menjawab semua pertanyaan prospek. Anda dapat mengarahkan klien ke halaman ini daripada menghabiskan waktu di telpon untuk menjawab pertanyaan yang sama.

Dengan menciptakan sistem ini untuk perusahaan, anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang anda senangi dan hal-hal yang dapat memberikan pemasukan. Mulai membuat sistem proses hari ini dan anda akan menikmati reward di tahun-tahun mendatang.

Oleh: Wendy Maynard

Sumber: http://www.leadershiparticles.net

Diterjemahkan oleh : Iin untuk pengusahamuslim.com