Mengembangkan Ketrampilan Kepemimpinan Dalam Bisnis Rumahan

Ketika anda memulai bisnis rumahan, mengembangkan kemampuan kepemimpinan bisa jadi tidak ada dalam check list anda. Mungkin anda akan mengabaikan keyakinan bahwa kepemimpinan adalah tentang mengatur tim: “Jika saya bekerja sendiri, mengapa saya harus menjadi seorang pemimpin?”

Namun, jika anda berpikir bahwa kepemimpinan bukanlah hal yang perlu dirisaukan, anda akan merusak peluang sukses . Pencapaian di area manapun adalah mengenai kepemimpinan, apakah anda bekerja dengan orang lain atau mandiri.

Pertama, yang perlu diingat adalah ketika anda bekerja di rumah, tidak ada orang lain yang membuat semua keputusan. Anda yang bertanggungjawab atas segala sesuatunya yang terjadi pada bisnis anda. Anda yang membuat keputusan, dan andalah yang melakukan tindakan. Anda menciptakan strategi, dan anda pula yang melakukannya. Anda sebagai leader sekaligus follower.

Ketika anda memulai usaha, hal pertama yang diperlukan adalah belajar, dan ini berarti belajar dari mereka yang telah berhasil. Meskipun demikian, keputusan ada ditangan anda untuk menentukan ketrampilan apa yang akan dipelajari .

Setelah anda mempelajari dasar-dasar dan merasa lebih yakin , anda akan menemukan cara untuk memulai ide anda.

Seperti layaknya seorang manager di perusahaan besar yang akan menggadakan meeting untuk membahas strategi baru, anda perlu mengumpulkan semua sumber yang anda miliki untuk mendukung ide-ide baru tersebut dan bagaimana menerapkannya.

Meskipun mayoritas pemikiran dari anda, namun anda masih memerlukan orang lain yang dapat memberikan masukan dan mendukung anda. Forum online atau grup networking mengambil peran yang besar di bagian ini, dan ini sangat bermanfaat untuk berbagi pemikiran dan ide dengan orang lain, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi dan mungkin dapat membantu anda mengembangkan proyek.

Ini adalah kepemimpinan yang sesungguhnya. Anda telah memiliki ide, mempertimbangkannya, membuat perencanaan, dan kini anda dapat bertindak.

Seseorang yang berhasil dengan bisnis rumahan adalah mereka yang menawarkan layanan unik dan personal. Untuk melakukannya, penting bagi anda untuk mengembangkan ketrampilan percaya diri dan kepemimpinan.

Ketika berhasil mengembangkan ceruk yang anda ciptakan, anda akan menjadi leader di bidangnya, dan seiring berjalannya waktu anda akan menemukan orang lain yang mulai mengikuti anda.

Berikut adalah ringkasan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif bagi bisnis rumahan anda :

1. Sadari sepenuhnya bahwa andalah yang bertanggung jawab 100% atas bisnis dan kesuksesannya. Tidak baik menyalahkan orang lain saat terjadi kesalahan. Inilah yang dilakukan “korban”, bukan pemimpin.

2. Belajar sebanyak mungkin bagaimana menjadi sukses. Cari program training yang bagus, bergabung dengan forum dan jadikan diri anda seorang ahli.

3. Mulai kenalkan layanan unik pada bisnis anda. Lakukan riset pasar dan memberikan sebanyak mungkin sentuhan personal pada bisnis dengan menyediakan apa kebutuhan atau keinginan konsumen.

4. Terus belajar, berkembang, dan meninjau. Perubahan terjadi dengan cepat, sehingga anda harus terus mengikuti tren dan bergerak seiring berjalannya waktu.

5. Pada akhirnya, anda akan menjadi seorang pemimpin di bidang yang anda tekuni dan orang akan datang pada anda untuk minta informasi dan dukungan. Perlakukan mereka dengan hormat dan ramah. Ini adalah kepemimpinan yang sesungguhnya.

Ikuti tahapan-tahapan ini, dan anda tidak hanya menjadi pemimpin yang efektif, namun juga bisnis rumahan yang berhasil.

Oleh: Rosamunde Bott

Ros menjalankan bisnis online rumahan dan sebagai penulis dan trainer yang sukses

Sumber artikel: http://www.leadershiparticles.net

Diterjemahkan oleh: Iin untuk pengusahamuslim.com