7 Perubahan Dinamis

Apapun jenis perubahan yang dihadapi seseorang, selalu ada pola tertentu untuk merespon apa yang terjadi dan terulang pemimpin perubahan memahami beberapa dari pola ini, karena mereka adalah keluaran yang normal dari sebuah proses perubahan.

Dengan memahaminya, pemimpin akan dapat menghindari perilaku seseorang yang berlebihan.

Ken Blanchard, yang dikenal sebagai konsultan manajemen, menjabarkan tujuh perubahan dinamis yang didesain untuk para manajer agar dapat menghadapi reaksi karyawan saat melakukan perubahan.

#1 Orang akan merasa janggal dan sadar-diri

Saat anda meminta orang untuk melakukan hal-hal yang berbeda, anda menganggu kebiasaan dalam melakukan sesuatu.

Kecenderungan ini membuat orang merasa janggal dan tidak nyaman sehingga mereka berupaya menghilangkan kebiasan lama dan mempelajari yang baru. Pikirkan kembali pengalaman anda akan hal ini. Apakah belajar menggunakan komputer, pertama kali menggendong bayi, ingat kembali kesadaran diri yang mungkin anda rasakan.

Setiap orang ingin melakukannya dengan benar dan takut jika mereka tidak mempunyai kemampuan yang mencukupi.

Awalnya orang akan fokus pada apa yang harus mereka lakukan untuk menyerah. Sekalipun untuk perubahan positif, seperti promosi, atau sesuatu yang terkait dengan kewenangan, orang akan berkonsentrasi pada apa yang akan hilang. Sebagai pemimpin perubahan anda harus mengetahui kegagalan sebelumnya, dan tidak merasa tertekan atas respon perubahan yang tidak rasional atau sementara.

#2 Orang akan merasa kesepian jika orang lain melakukan perubahan yang sama

Setiap orang merasa (atau ingin merasakan) situasi mereka adalah hal yang unik dan spesial. Sayangnya, kecenderungan ini meningkatkan rasa isolasi pada orang yang sedang melakukan perubahan. Penting bagi pemimpin perubahan untuk bersikap proaktif dan gentle bahwa dia memahami situasi karyawan. Jika karyawan melihat ANDA secara emosional dan praktis mendukung anda di saat sulit, posisi anda akan semakin luas dan perubahan menjadi kian mudah.

#3 Orang dapat mengatasi banyak perubahan

Dalam level personal, seseorang yang melakukan terlalu banyak perubahan dalam waktu yang terlalu singkat akan menjadi tidak fungsional, dan dalam beberapa kasus, mengalami gangguan kesehatan. Ketika beberapa perubahan diluar kendali kita, maka penting untuk tidak menimbun perubahan demi perubahan. Ketika perubahan seperti perampingan membawa peluang untuk hal positif lainnya, waktu untuk perubahan tambahan juga penting.

Jika anda berkontemplasi dalam memberikan pendahuluan perubahan (dibawah kendali anda), maka merupakan ide yang baik untuk mengungkapkan ide-ide anda pada karyawan. Mengajukan pertanyaan yang baik dengan bertanya “Bagaimana perasaan anda jika…..”

#4 Orang berada di level kesiapan yang berbeda untuk melakukan perubahan

Beberapa orang berupaya keras melakukan perubahan. Ini merupakan hal yang menarik bagi mereka. Sebagian lainnya tidak merasa demikian, merasa menjadi ancaman bagi mereka. Dengan memahami bahwa perubahan apapun akan mendapatkan dukungan dan orang akan mengalami kesulitan beradaptasi. Pada saat yang bersamaan, banyak orang yang berkeinginan keras melakukan perubahan akan membawa pengaruh. Bayangkan jika orang-orang tersebut dapat mempengaruhi mereka yang kurang siap. Buka diskusi sehingga terjadi proses pengaruh seperti ini.

#5 Orang akan peduli jika mereka tidak memiliki sumber yang memadai

Orang menganggap bahwa perubahan memerlukan waktu dan upaya, sekalipun memberikan dampak jangka panjang dalam mengurangi beban kerja. Mereka benar ada saat belajar di dalam perubahan, dan ini yang akan mempengaruhi pekerjaan mereka.

Penting bagi pemimpin perubahan untuk tahu terjadinya hal ini , dan menawarkan dukungan praktis jika memungkinkan.

Dalam skenario perampingan, hal ini akan menjadi semakin penting, karena sumberdaya mereka yang dipangkas.

#6 Jika anda menghilangkan tekanan, orang akan kembali ke kebiasan lama mereka.

Jika orang menganggap anda tidak serius melakukan hal baru, mereka akan kembali ke cara yang lama.

#7 While Blanchard menggunakan kata tekanan, saya lebih suka menggunakan istilah peran kepemimpinan. Pemimpin harus mengingatkan orang-orang disekitarnya bahwa selalu ada hal baru. Pelatihan terhadap hal-hal baru juga penting.

Tujuh Perubahan Dinamis diambil dari artikel Ken Blanchard, dan diterbitkan di The Inside Guide, Oct., 1992.

Diterjemahkan oleh : Iin untuk pengusahamuslim.com