7 Tips Menangangi Pelanggan Yang Sulit

Setiap hari kita berinteraksi dengan orang lain dan masing-masing orang tidak ada yang sama. Beberapa bisa kita tangani dengan mudah, sementara yang lainnya sangat sulit.

Jika anda bekerja, anda juga harus menghadapi berbagai macam klien. Ada yang sangat memegang kendali, terlalu tergantung, sementara ada yang tidak menghargai waktu anda. Berikut ada beberapa tips menangani situasi tersebut.

1. Manajemen waktu

Sangat mungkin anda bekerja dengan lebih dari satu klien. Dalam situasi demikian, maka penting untuk menetapkan jadwal yang realistik dan mematuhinya. Alokasikan waktu untuk klien sesuai dengan kebutuhan proyek dan patuhi. Hargai waktu mereka dan pastikan mereka juga menghargai waktu anda. Juga pastikan klien anda menghargai janji yang dibuat.

2. Komunikasikan

Berkomunikasi dengan klien secara teratur. Informasikan setiap kemajuan proyek pada mereka. Beritahu sebelumnya dan ingatkan kesediaan klien pada saat yang telah ditentukan. Ingatlah, ini bekerja dengan dua arah.

3. Mengedukasi klien

Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah mengedukasi klien mengenai tugas atau proyek. Biarkan mereka tahu bagaimana melakukannya agar berhasil. Mereka akan menghargai upaya dan belajar menghormati ruang yang anda butuhkan.

4. Klien dengan mental mengendalikan

Cara terbaik menangani klien yang demikian adalah dengan membombardir informasi. Semakin banyak yang mereka tahu, mereka akan merasa makin nyaman. Pastikan mereka juga terlibat secara personal.

5. Belajar untuk mendengarkan

Tidak semua klien itu sulit karena ciri pribadi mereka! Mereka selalu bertindak demikian karena ada alasan tertentu. Belajar untuk “sungguh-sungguh” mendengarkan kekhawatiran dan apa yang menjadi perhatian mereka dan mengarahkan mereka langsung ke akarnya.

6. Membuat catatan tertulis

Adalah hal yang baik untuk selalu membuat catatan tertulis secara periodik mengenai progres proyek, isu yang ditangani, komunikasi terkait dengan proyek dsb.

Hal-hal tersebut akan membantu para pemegang saham untuk memantau aktivitas dan juga sebagai back-up anda jika ada masalah di masa datang.

7. Tidak harus mempertahankan semuahubungan dengan klien

Anda harus sensitif dengan ketakutan, keraguan dan isu klien. Namun, anda juga harus belajar membedakan antara klien yang karena alasan tertentu mengalami kesulitan dan klien yang memanfaatkan waktu dan energi anda untuk alasan yang tidak jelas.

Yang terbaik adalah tidak mengindahkan klien yang demikian sehingga anda dapat fokus pada klien yang lebih layak.

Menangani klien yang sulit bisa jadi hal yang tricky. Anda harus memperjalas batasan profesionalisme dan keterlibatan personal. Namun, dengan tips-tips ini anda dapat mengatasi tantangan bekerja dengan klien yang demikian.

OLeh: Doug Brown

Doug Brown menggunakan pengalamannya lebih dari 30 tahun dalam membangun bisnis untuk mengedukasi orang dan bagaimana meningkatkan revenue.

Sumber artikel: http://www.leadershiparticles.net

Diterjemahkan oleh : Iin untuk pengusahamuslim.com