Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi menjadi bahan yang cukup menarik untuk diperbincangkan khususnya bagi kalangan perusahaan ataupun pelajar/ mahasiswa. Sistem informasi akuntansi atau dapat disebut juga dengan singkatan SIA ini pada hakikatnya berperan penting dalam keberlangsungan kegiatan perusahaan yang terkait dengan akuntansi tentunya.

Bermula dari suatu sistem

Sistem menurut KBBI merupakan perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Menurut versi lain diungkapkan bahwa sistem ialah himpunan yang terdiri dari pelbagai bagian-bagian yang memiliki maksud misi yang sama. Bagian atau elemen yang merupakan substansi dari pembentuk sistem ini tidak harus selalu berjenis sama namun dapat terdiri dari gabungan elemen yang berbeda.

Berdasarkan sifatnya sistem dapat dibedakan menjadi dua macam meliputi:

  1. Sistem tertutup. Ialah sistem yang terbentuk tanpa terkait dengan lingkungan luar.
  2. Sistem terbuka. Ialah sistem yang terbentuk dan menjalankan tujuannya dengan tergantung dari lingkungan sistem luar lingkungan.

Dari definisi dan sifat yang dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem terdiri dari berbagai elemen baik sejenis maupun gabungan yang berbeda jenis untuk menjalankan tujuan yang sama baik dipengaruhi oleh arus sumber daya lingkungannya maupun berdiri sendiri.

Sistem informasi akuntansi

Informasi dapat didefinisikan sebagai data final yang layak berperan sebagai instrumen pengambilan keputusan. Bisa dikatakan informasi jika ia telah memenuhi kriteria seperti akurat, relevan, tepat waktu (up to date), dan lengkap. Tidak bisa dikatakan sebagai informasi jika ia tidak memiliki salah satu dari kriteria tersebut.

Pada hakikatnya sistem informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari akuntansi, alasannya bahwa akuntansi sendiri mengandung siklus akuntansi yang tidak lain tidak bukan adalah bentukan suatu sistem. Sistem informasi akuntansi (SIA) ialah sistem yang mengolah data berupa transaksi untuk membentuk informasi berupa laporan dan digunakan untuk merencanakan, mengendalikan, mengoperasikan perusahaan, dan mengambil keputusan bisnis.

Peranan penting SIA

Perkembangan teknologi berimbas pada tuntutan akan kecepatan yang terstuktur. Artinya semua aktivitas dihimpun menjadi satu kesatuan untuk mencapai tujuan dengan waktu yang lebih hemat. Dengan demikian, kinerja organisasi bisa dievaluasi tanpa harus melalui penantian yang panjang. Contoh konkret dalam hal ini adalah proses akuntansi. Dengan berlandaskan pada siklus akuntansi yang dimulai dari pengumpulan nota, penjurnalan, pemostingan, penyesuaian, hingga menghasilkan laporan keuangan, SIA amat membantu menerapkan proses itu secara otomatis. SIA yang dterapkan biasanya berada dalam bentuk program software. Pengguna tidak lagi menulis jurnal manual di buku catatan, kemudian mempostingnya lagi satu per satu ke buku besar, dst yang sarat akan kesalahan sebab rumus akuntansi sudah diciptakan dalam perintah pemograman. Inilah yang dinamakan dengan sistem informasi akuntansi. Berikut ini ada tiga peranan penting SIA:

  • Penghimpun dan penyimpan data aktivitas transaksi. Sistem memiliki database sebagai kumpulan basis data yang terbentuk atas perintah penginputan oleh user. Sistem akan menyimpan semua riwayat aktivitas transaksi dan dapat terenkripsi sehingga aman dari tindakan pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Pengolah data. Sistem dirancang mampu mengolah data berdasarkan siklus akuntansi menjadi informasi (laporan) sehingga bisa digunakan untuk mengambil keputusan manajerial.
  • Pengendali aset dan manajemen strategik. Sistem dapat menyajikan pengelolaan aset dengan tetap mengacu pada metode penyusutan aset, penilaian aset, serta mampu menjadi acuan dalam menentukan strategi bisnis.

Dari tiga peranan di atas dapat ditentukan bahwa SIA memiliki 3 pembagian sistem (subsitem) meliputi:

  1. Sistem pengolahan transaksi
  2. Sistem buku besar dan laporan
  3. Sistem pelaporan manajemen

Contoh sistem informasi akuntansi yang digambarkan dalam bagan alur (flow chart) berikut:

Sistem Informasi Akuntansi

Artikel ini hasil kerja sama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Informasi

SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
DONASI hubungi: 087 882 888 727
Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial