Mengidentifikasi Target Market Ideal

Telah lama pengusaha menghadapi dilema seperti ini, “siapa target market ideal saya?” Kami ingin setiap orang menjadi pelanggan kami!. Kenyataannya adalahan hanya sepotong pasar yang sebenarnya menjadi target anda dan paling menguntungkan. “Target” ini atau pelanggan “ideal” adalah mereka yang ingin membeli produk atau jasa anda.

Saya telah menyediakan beberapa pertanyaan dibawah ini untuk membantu anda menentukan target market ideal anda.

Yang terpenting, anda harus menelaah data pelanggan yang ada dan menarik pelanggan terbaik anda dan mempelajari karakteristiknya. Ketika anda telah menentukan siapa pelanggan terbaik anda, anda telah siap menanyakan pada diri anda sendiri beberapa pertanyaan penting yang akan menentukan keberhasilan dalam meraih “pelanggan terbaik” baru .

Berikut beberapa contoh pertanyaan .

1) Di area mana mereka tinggal? Pilih kode pos tertentu yang akan anda jadikan target. Semakin besar area yang anda pilih, semakin besar mendapatkan prospek potensial.

Tanyakan pada diri anda sendiri dalam memilih area yang sesuai untuk prospek ini . Jika mereka tidak mendatangi anda, dan justru anda yang mendatangi mereka, apakah anda merasa nyaman melakukannya?

*Ini tidak hanya akan membantu anda dalam menentukan jumlah pelanggan potensial namun juga mempermudah anda sebagai pengusaha misal. pengeluaran bahan bakar, waktu perjalanan, kenyamanan, dsb.

2) Apakah target pelanggan anda, pria, wanita atau keduanya?

3) Apakah usia juga dipertimbangkan? Jika anda adalah perusahaan asuransi, jawabannya adalah , ya! Bank, salon kecantikan, atau target anda adalah orang tua, kakek-nenek, dan anak-anak?

4) Berapa pendapatan mereka? Ini sangat penting bagi setiap orang! Ingatlah, jika anda terjebak di dalam berbagai pilihan, ingatlah aturan 80/20. Dari keseluruhan 100% pelanggan anda hanya 20% yang terbaik. Ada di range berapa pendapatan mereka? Anda hanya menjual pada pelanggan terbaik anda, bukan sisanya.

5) Apakah mereka memiliki rumah sendiri atau kontrak? Sebagai tambahan, sudah berapa lama mereka tinggal disana?

6) Apakah mereka memiliki anak? Jika iya, berapa jumlahnya, dan di kelompok usia berapa?

7) Apakah mereka seperti investor?

8) Apakah anda mencari karakteristik gaya hidup seperti : shopping, memancing, dsb…?

9) Apa profesi mereka? Ini adalah pertanyaan yang baik ketika melakukan penjualan terhadap bisnis dan mencoba mendapatkan hirarki perusahaan yang spesifik. Jika anda tahu orang yang membuat keputusan atas produk atau jasa anda, anda telah meminimalkan pengiriman informasi yang mungkin hilang tanpa jejak.

Ketika anda telah menetapkan jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut, anda harus memiliki pemahaman yang baik terhadap siapa target market ideal anda. Tahap selanjutnya adalah menghadapinya. Letakkan rencana bisnis dengan langsung, dan tentukan tujuan dan harapan. Tentukan anggaran dan lakukan!

Happy marketing!

Oleh :Jennifer Spaeny

Jennifer Spaeny adalah Chief Executive Officer di Postcard Planet. Jennifer memiliki latar belakang di bidang customer service, human resources dan sales. Dia memulai Postcard Planet dengan visi memberikan pengusaha keunikan dan individualisme dalam memelihara visi pelanggan dan image brand. Jennifer ingin melihat sesuatu yang berbeda dalam marketing, sesuatu yang lebih personal bagi pelanggan didalamnya. Dia berupaya keras mencapai kepuasan pelanggan dan memiliki dorongan yang kuat dalam hal kreatifitas, personal, dan profesionalisme .

Sumber: www.marketingsource.com

Diterjemahkan oleh:Iin untuk pengusahamuslim.com