Memberikan Kritik Yang Konstruktif

Seorang rekan kerja memasuki ruangan anda dan meminta anda memberikan kritik atas proyek yang dikerjakan. “Buang saja proyek itu!” kata rekan yang lain. Dan anda, menjadi orang jujur seperti seharusnya. Membuat rekan anda terpaku dan putus asa – dia tidak menyadari bahwa proyek yang dikerjakannya sangat buruk sampai memerlukan waktu 10 menit untuk menjelaskan betapa buruk pekerjaannya!

Meminta feedback dengan cara yang spesifik adalah hal yang vital untuk mendapatkan feedback yang berguna. Tapi bagaimana dengan memberikan feedback? Bagaimana anda memberikan kritik konstruktif pada seseorang?

Ada 3 langkah mudah yang akan dijelaskan lebih lanjut:

1. Pertama, temukan proyek yang bagus.

2. Kemudian, tunjukkan beberapa titik problem spesifik dan bagaimana memperbaikinya.

3. Terakhir, jika dapat diterapkan dan diperlukan, tawarkan pada mereka untuk memperbaiki kembali masalah tersebut.

Aturan #1: Tunjukkan yang benar!

Intinya sederhana: jika anda ingin memberikan kritik, terlepas dengan siapa anda berhubungan, sebelum apapun, tunjukkan apa yang telah mereka lakukan dengan benar. Ketika kebanyakan orang diminta untuk menunjukkan apa yang salah, biasanya mereka langsung melakukannya. Mereka menunjuk yang salah ! Tapi perlukah anda mengatakan kesalahan terlebih dahulu? Tidak seorang pun yang mengatakan anda tidak dapat menunjukkan hal yang benar seketika! Dengan menunjukkan bahwa dia telah mengerjakannya dengan baik dan beberapa proyek dapat diperbaiki, anda membangun masukan dengan orang lain, dan mereka akan lebih respek dengan anda masukan yang anda berikan . Pernyataan mana yang lebih baik didengar:

1. “Grafik ini memerlukan lebih banyak warna, outline presentasi anda nampak agak berantakan , dan anda tidak se-siap seperti yang saya bayangkan.”

2. “Anda telah melakukan penyusunan dengan baik! Segalanya jelas.Tapi, kalau saya adalah anda, saya akan menggunakan warna biru daripada merah untuk grafik ini, sedikit restrukturisasi outline, dan mempraktekkan presentasi didepan kaca sekitar seatu jam untuk memastikan anda siap. Nice job!”

Aturan #2: Spesifik pada kritik anda

Seumpana anda akan melakukan presentasi besok siang, dan anda ingin dipersiapkan dengan sempurna. Anda meminta rekan anda untuk memperbaikinya, dan mereka memberi catatan “OK, saya suka seperti ini! Saya tidak akan merubah apapun.” Bagaimana perasaan anda? kesal?

Jika seseorang meminta anda memberikan kritikan dan mereka sangat memerlukannya, jangan, jangan ragu! . Tentukan hal-hal yang pasti – jangan menyampaikan hal umum yang dapat ditunjukkan orang lain. Tunjukkan dengan sangat spesifik dan apa adanya, apa yang perlu diperbaiki, dengan kalimat atau istilah yang jelas. Ketika seseorang diberikan pernyataan secara umum apa yang dapat mereka perbaiki, kenyataannya tidak satupun yang diperbaiki.

Jika saya mengatakan pada anda saya tidak suka struktur presentasi secara keseluruhan, apakah hal tersebut membantu anda? Akankah anda langsung menggantinya? Sebaliknya, jika saya katakan Bagian 1 dan 2 sebaiknya ditukar, poin utama dan terakhir harus diklarifikasi, dan judul harus lebih spesifik mengacu pada hal yang dibicarakan, akankah anda berinisiatif memperbaiki presentasi ? Kejelasan membuat banyak perbedaan.

Aturan #3: Tawarkan bantuan jika anda bisa

Bukan proyek anda, dan bukan pula masalah anda – apakah berarti anda tidak dapat menawarkan bantuan sesekali? Tentu, terkadang anda tidak dapat membantu karena anda sedang sibuk , atau anda tidak memiliki sumber (maupun kesabaran) untuk membantu orang tersebut. Namun, ini adalah hal yang menyenangkan dapat membantu orang lain ketika mereka membutuhkannya, terlebih feedback anda adalah hal yang sangat mereka perlukan- mungkin mereka tidak memiliki personel atau sumber seperti anda yang dapat memperbaiki atau melakukan apa yang anda sarankan. Anda tidak harus setiap saat membantunya- namun hanya pada orang yang benar-benar memerlukannya. Ini akan sangat berarti bagi mereka.

Memberikan kritik bukanlah hal yang sangat sulit, dengan menggunakan beberapa trik, anda dapat memberikan feedback yang berharga bagi orang lain. Mereka akan lebih menghargainya!

Sumber: http://www.leadershiparticles.net

oleh: LeeDavidhcz

Diterjemahkan oleh : Iien untuk pengusahamuslim.com