Genggam Kalender Indonesia di Smartphone

 

Kalau di kesempatan sebelumnya saya membahas tentang aplikasi kode pos, sekarang saya akan memaparkan satu aplikasi lagi yang tidak kalah pentingnya buat semua pengusaha muslim Indonesia; Kalender Indonesia. Saya bilang penting karena para pengusaha yang “benar-benar berusaha dalam usahanya” biasanya sangat peduli dengan waktu. Bahkan tidak jarang, ada aktivitas-aktivitas tertentu yang tidak akan dimulai bila belum ada kalender di dalamnya. Rapat misalnya.

Di dalam sebuah rapat, terkadang kita jumpai pimpinan rapat yang belum mau melanjutkan pembicaraannya bila ia sedang tidak memegang kalender di tangannya. Di masa lalu (kita anggap saja “masa lalu” di sini adalah masa sebelum platform iOS ataupun Android dirilis ke pasar), biasanya akan ada staf atau bawahan si bos yang mengambilkan kalender di ruangan lainnya. Tindakan yang disebut “mengambilkan kalender” ini sejatinya termasuk perbuatan yang baik dan tidak ada negatifnya sama sekali. Bahkan bila dilakukan dengan ikhlas, si bawahan bisa saja akan mendapat kredit tersendiri di mata pimpinannya.

Tapi sekali lagi, itu dulu. Sekarang, ada cara yang lebih baik. Setidaknya menurut pengalaman pribadi saya. Jadi, ketimbang repot mengambil kalendar ke lantai satu, dua, tiga atau ruangan lainnya, alangkah baiknya bila semua elemen yang berada di ruang rapat tersebut memasang sebuah aplikasi kalender gratis berikut di ponsel Android masing-masing; Kalender Indonesia. Dari namanya saja, saya yakin pengguna sudah bisa menebak fungsi aplikasi kecil ini. Tepat sekali! Sebagai alternatif dari kalender konvensional yang biasanya menempel di dinding atau tegak berdiri di atas meja kerja kita.

Kelebihan Aplikasi Kalender Indonesia

Memang benar, tanpa menginstal aplikasi ini pun, ponsel Android yang kita beli biasanya sudah dibekali dengan aplikasi khusus kalender. Malah terkadang sudah lengkap dengan fitur pembuatan agenda dan pengingat waktu. Tapi meskipun begitu, aplikasi kalender yang ada biasanya menyisakan kekurangan yang cukup signifikan. Pertama, hanya menyediakan kalender tahun masehi. Dan kedua, tidak ada informasi tentang hari libur nasional yang biasanya justru menjadi kelebihan utama sebuah kalender. Dua kekurangan inilah yang ditutup oleh aplikasi Kalender Indonesia.

Saat pengguna menjalankan Kalender Indonesia, aplikasi ini akan langsung menampilkan citra atau imaji kalender seperti yang sering kita jumpai di kalender pada umumnya, yakni tujuh kolom yang berisi angka penanda hari, mulai dari Minggu sampai Sabtu. Hal ini tentunya akan membuat pengguna cepat memahami fungsi aplikasi kecil ini. Warna hijau akan menunjukkan tanggal hari ini. Warna kuning untuk penanda cuti bersama dan merah untuk libur nasional. Di samping penanggalan masehi dan hijriah, aplikasi ini juga menyertakan penanggalan jawa. Jadi, untuk setiap tanggalnya, pengguna akan selalu disuguhi tiga jenis penanggalan sekaligus; masehi, hijriah, dan jawa. Penulis yakin bahwa di Indonesia, tipe kalender terakhir akan tetap relevan untuk ditampilkan meski tidak semua pengguna membutuhkannya.

Fitur tambahan

Di samping fitur dasar yang sudah diulas di atas, aplikasi Kalender Indonesia juga menyertakan beberapa fitur tambahan yang masih berkaitan dengan fungsi penanggalan. Misalnya saja, fitur “Hari ini dalam sejarah” yang akan menginformasikan kejadian-kejadian penting yang terjadi pada tanggal hari ini (membutuhkan koneksi internet). “Agenda” untuk mencatat kegiatan-kegiatan penting Anda. “Kalkulator Tanggal” untuk menghitung jumlah hari dari satu tanggal ke tanggal lainnya. Sebuah fitur yang pas untuk mengetahui berapa hari Allah sudah memberi kita kesempatan hidup di dunia ini. Serta “Cari Tanggal” untuk melihat posisi tanggal tertentu. Fitur “Cari Tanggal” ini bisa digunakan untuk melihat posisi hari bersejarah berdasarkan penanggalan hijriah dan jawa. Misalkan saja tanggal 17 Agustus 1945 yang bertepatan dengan hari Jum’at Kliwon, 8 Ramadhan 1364 Hijriah. Bila tertarik, Anda bisa menggunakannya untuk melihat-lihat hari bersejarah bagi pribadi Anda sendiri seperti hari kelahiran Anda, anak Anda, dan sebagainya.

Penutup

Dengan semua fitur yang ditawarkannya, aplikasi Kalender Indonesia sepertinya bisa menjadi salah satu mitra pengguna dalam mengarungi perjalanan bisnisnya. Kapasitasnya yang kecil ditambah dengan status gratisnya membuat Kalender Indonesia layak dipertimbangkan untuk “hidup” dalam ponsel Android kesayangan Anda. Selamat mencoba.