Cek Kode Pos di Indonesia via Aplikasi Android

 

Bagi sebagian kalangan, kode pos tidak ubahnya seperti sesuatu yang tiada gunanya alias hal sepele. Tapi bagi sebagian kalangan lainnya, seperti pedagang online misalnya, mengetahui kode pos dari alamat para mitra bisnis (sesama pedagang maupun pembeli) justru merupakan hal yang sangat penting. Bagi Anda yang merasa bahwa informasi terkait kode pos adalah sesuatu yang sangat penting, ulasan tentang aplikasi berikut mungkin bisa membantu.

Salah satu hal sederhana yang sangat remeh namun penting bagi sebagian orang di Indonesia adalah kode pos. Sebuah kode unik yang digunakan oleh PT Pos Indonesia untuk menandai lokasi wilayah-wilayah yang ada di Indonesia. Bagi sebagian kalangan, kode pos tidak ubahnya seperti sesuatu yang tiada gunanya alias hal sepele. Tapi bagi sebagian kalangan lainnya, seperti pedagang online misalnya, mengetahui kode pos dari alamat para mitra bisnis (sesama pedagang maupun pembeli) merupakan hal yang sangat penting.

Untuk mengetahui informasi terkait kode pos, dahulunya para pedagang online setidaknya bisa mendapatkannya dengan tiga cara; pertama, datang langsung ke kantor pos terdekat; kedua, langsung mencarinya di internet; ketiga, bertanya ke respondennya langsung. Tapi alhamdulillah, sekarang ini, kita akan ketambahan satu cara lagi, yakni mengaksesnya langsung melalui jari jemari kita di layar ponsel. Jadi, tidak hanya kopi yang bisa dinikmati sejangkauan jari, kode pos juga bisa kok. Ehem …

Kode Pos Indonesia

Nama aplikasi yang saya maksudkan di sini adalah “Kode Pos Indonesia“. Agak unik memang, karena tidak seperti nama-nama aplikasi lain pada umumnya, nama aplikasi ini justru sama persis dengan fungsi yang ditawarkannya. Dengan bantuan aplikasi ini, para pembaca pengusaha muslim bisa dengan mudah mengetahui kode pos daerah-daerah yang tersebar di 33 provinsi Indonesia. Mulai dari Sabang yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) sampai ke Merauke yang termasuk ke dalam Provinsi Papua. Kalau tidak percaya, Anda bisa menguji saya sekarang juga. Misalkan saja Anda berdomisili di wilayah Sabang, saya jadi bisa tahu bahwa kode pos untuk Kelurahan Aneuk Laot yang ada di Kecamatan Sukakarya adalah 23514. Betul tidak? Sementara untuk Anda yang tinggal di Kelurahan Ujong Kareung (Kareueng) Kecamatan Sukajaya, kode posnya adalah 23521.

Dua cara

Untuk mengetahui kode pos yang Anda cari, aplikasi kecil ini memberikan dua cara pencarian. Pertama, di bagian atas, para pengguna bisa menggunakan field pencarian “Cari Alamat Via Kode Pos” yang disediakan untuk melakukan pencarian wilayah berdasarkan kode pos. Melalui field ini, Anda bisa mengecek keberadaan atau lokasi suatu kode pos di dunia nyata. Saya sudah menguji aplikasi ini dengan memasukkan ‘30115’ (tanpa tanda petik) di field pencarian. Hasilnya? Tepat sekali! Kode pos yang saya masukkan tadi sebenarnya adalah kode pos alamat saya di Palembang, yakni Kelurahan 5 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kotamadya Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Anda ingin mampir ke sana? Boleh-boleh saja, tapi mungkin Anda akan kecewa berat karena saat ini saya sedang tinggal di sebuah Desa/Kelurahan bernama Huidu di Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Jadi, bagaimana kalau Anda ingin mengirimi saya sesuatu? Berapakah kode pos Desa Huidu yang saya maksud tadi. Itulah gunanya field pencarian kedua, yakni “Cari Kode Pos Via Alamat“. Melalui field ini, Anda bisa menemukan kode pos yang Anda cari dengan menelusuri item-item yang ada dalam setiap drop down yang sudah disediakan. Jadi, misalkan Anda ingin mengetahui kode pos Huidu. Berarti Anda hanya perlu memilih “Gorontalo” di drop down Provinsi. Untuk masuk ke item selanjutnya, silahkan menekan tombol “Cari”. Bila Anda melakukan ini, aplikasi gratis ini akan membawa Anda ke menu selanjutnya yang berisi daftar Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo, yakni; Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, dan Pohuwato. Di antara kelima pilihan ini, saya berada di wilayah “Gorontalo”. Masuk ke pilihan selanjutnya, Anda akan dibawa ke daftar kecamatan yang ada di wilayah ini. Tentu saja, saya berada di Kecamatan Limboto Barat sehingga Anda juga harus memilih kecamatan ini. Terakhir, Anda akan sampai pada item terkecil dalam nomenklatur “perkode pos-an”, yakni desa/kelurahan. Di situ, akan ada item bernama Huidu dan di situlah saya bertempat tinggal sekarang. Jadi berapakah kode posnya? Saya berikan Anda kesempatan untuk menelusurinya sendiri dengan ponsel Android kesayangan Anda.

Share Kode Pos

Saya tidak keberatan bila Anda menyiul saya (@wimkhan) di twitter tentang kode pos Desa Huidu ini. Untuk melakukannya, pengguna cukup menekan tombol “Share” yang sudah disediakan oleh aplikasi besutan jeruklemon ini. Channel atau saluran tempat Anda akan membagi kode pos dari desa/kelurahan yang Anda maksudkan tergantung dari aplikasi-aplikasi lain yang sudah Anda install di ponsel. Di Android milik saya, kode pos yang hendak saya bagikan (baca: share) bisa saya sebar menggunakan SMS, Twitter, Facebook, WordPress, Tumblr, BBM, GMail, dan seterusnya. Bila Anda adalah seorang pedagang online, saya membayangkan Anda akan senang bukan kepalang dengan fasilitas ini. Betul tidak?

Penutup

Para pembaca yang budiman mungkin akan terkejut bila saya katakan bahwa semua interaksi yang saya lakukan di atas bisa terjadi tanpa koneksi internet sebit pun. Yup, benar sekali. Aplikasi Kode Pos Indonesia ini bisa bekerja tanpa harus tersambung dulu ke jaringan internet. Dengan kata lain, semua data kode pos yang kita lihat di aplikasi sebenarnya sudah diunduh bersamaan dengan proses instalasi awal aplikasi sangat sederhana ini. Bagi yang berminat dengan Kode Pos Indonesia, bisa langsung menuju ke Play Store sekarang juga. Selamat mengunduh dan berbagi kode pos.