Melirik Bisnis Listello Keramik, Untungnya Ciamik

Ada yang membuat indah sebuah bangunan, komponen tersebut adalah keramik. Keramik mampu menampilkan interior maupun eksterior yang berkilau. Keindahannya akan terpancar jika digabungkan dengar warna dan motif yang sesuai. Ada banyak merek yang ditawarkan di distibutor-distributor toko bangunan. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih jenis keramik yang berkualitas.

Border Keramik Untungnya Makin Ciamik

Jangan dikira keramik hanya warna putih atau warna polosan monoton. Kini dengan hadirnya desain motif keramik apapun ruangannya akan terlihat cantik. Disamping itu, keramik lebih mudah untuk dibersihkan.

Menjamurnya properti di kota-kota besar tentu membutuhkan bahan untuk mempercantik ruangan. Salah satunya adalah keramik bermotif, dimana keramik didesain sesuai dengan selera penggguna atau yang lebih dikenal dengan sebutan listello keramik.

Sehingga banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ini terutama di kota Surabaya dan sekitarnya.

Adalah Dandy Lingga pria ramah yang bermukim di kota Sidoarjo, Jawa Timur ini mendirikan CV.Cipta Karya Pratama sebuah home industri dalam bidang list border keramik sejak tahun 2007. Usaha yang bergerak mendekorasi keramik sesuai motif dengan cara disablon.

“Kami bergerak di home industri list border keramik dan dekorasi, keramik beli terus dipotong sesuai ukuran, disablon trus dibakar di tungku atau oven.” Jelas Dandy ketika wawancara dengan redaksi PengusahaMuslim.com

Berbekal pengalaman kerja di perusahaan keramik Jepang selama empat tahun, Dandy harus merogoh kocek sebesar 100 juta untuk membuka usaha ini. Serta mengajak kerja sama kawannya yang sudah ahli dibidang ini, untuk mengelola manajemen perusahaan.

“Awalnya setelah keluar dari kerja di perusahaan Jepang, pulang lanjut kerja di perusahaannya di gresik tahun 2001, keluar, kemudian freelance sebagai penerjemah bahasa jepang sampai tahun 2007.” Jelas Pria 41 tahun ini.

Ternyata modal besar untuk membuka usaha listello keramik ini tidak semulus yang ia kira. Kawan yang sebelumnya ia percaya telah melakukan kecurangan dengan me-mark up hasil penjualan pada enam bulan pertama setelah buka usaha. Tidak mau ambil resiko akhirnya pria yang berkunyah Abu Muhammad Salman Dandy ini, menghentikan kerja sama dengan temannya itu.

Usaha masih dalam perintisan, belum lagi dikhianati kawan, tidak menyurutkan tekad Dandy untuk terus membuka usaha. Hingga pada tahun 2012 usahanya kembali terkena musibah, pelanggan gagal membayar 300 juta, dan terpaksa harus mandek produksi. Usaha yang berjalan sudah 5 tahun itu terancam bangkrut.

“Alhamdulillaah, walau sempat bangkrut 2 tahun yang lalu, sekarang bisa bangkit lagi, pelanggan gagal bayar 300 juta.” Cerita pria yang berkawan akrab dengan pengurus KPMI Surabaya, Nanang Kosim.

Walaupun sempat tutup sebentar namun karena kepercayaan supplier bahan baku kepadanya, Dandy akhirnya mencoba bertahan untuk beroperasi kembali. Kali ini supplier tetap mau memasok bahan baku dengan tempo pembayaran dua bulanan. Disamping itu, pelanggan setianya juga membantu dengan cara pembayaran tunai atau uang dulu baru kemudian barang menyusul. Dan alhamdulillah usahanya dapat bangkit kembali.

Kini usahanya makin maju dengan jumlah karyawan yang terus bertambah hingga 18 orang dan omsetnya telah mencapai 100 juta/bulan.

Dandy sebagai seorang suami sekaligus ayah dari tiga putranya ini memang sosok penyabar. Terbukti, beberapa karyawannya masih betah bekerja di perusahaannya.

“Saya nggak pernah marah sama karyawan walaupun kesalahannya cukup fatal, misalnya QC kurang jeli, barang jelek dipacking. Setelah dikirim ke pelanggan akhirnya diretur, alhamdulillah itu terjadi cuma 1 atau 2 kali saja.”

“Ya, biar mereka juga punya kesadaran kalo usaha ini milik bersama.” Imbuh Dandy

Produk listello keramik yang dia kembangkan masih bersifat lokal dan hanya menyetok beberapa toko khusus keramik, toko bahan bangunan, toko sanitary dan kloset wc yang ada hubungannya dengan list keramik dekorasi.

Dandy merupakan sosok pengusaha muslim yang bisa menjadi teladan. Sebelum redaksi pengusahamuslim.com mengakhiri wawancara, sempat meminta nasehat untuk teman-teman pengusaha muslim Indonesia lainnya, dan diapun memberikan sebuah pesan singkat;

“Jujur dan amanah saja, waktu kejadian gagal bayar dan bangkrut Allah menolong melalui loyalitas karyawan, pemasok bahan baku dan pelanggan.”

CV.Cipta Karya Pratama
Alamat : Jl.Raya Kemiri RT 6 RW 2, Desa Kemiri, Kec.Sidoarjo, Kab.Sidoarjo.
Telpon : 031-7821-1516
Website: www.mitrakeramik.com

Reporter: Abu Najmah

Pengusahamuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial