Podcast Addict: Podcast Player Untuk Android

Saat menulis artikel ini, dua buah panel headset Angry Bird yang pernah saya beli di Manado sedang menempel di dua daun telinga saya. Dari dua panel yang melingkar inilah saya mencoba asyik menikmati suara yang keluar dari perbincangan antara Jessica Harris, pembawa acara “From Scratch” yang mengudara di stasiun NPR, dengan pendiri Atari, Nolan Bushnell. Artikel ini tidak bertujuan untuk mengulas baik-buruk headset Angry Bird “made in china” yang saya beli seharga 30 ribu rupiah atau juga isi sesi tanya jawab yang menarik tersebut. Sebaliknya, saya lebih tertarik untuk mengulas Podcast Addict, aplikasi yang sudah membantu saya menemukan Podcast sebagus “From Scratch” sekaligus menolong saya untuk memaknai arti sebuah headset yang sudah berbulan-bulan tidak terpakai lagi. Subhanallah. Sungguh mengagumkan. 

Apa itu Podcast?

Sebelum mengenalkan Podcast Addict, ada baiknya bila saya memperkenalkan dulu pengertian “Podcast” kepada khalayak pembaca pengusaha muslim. Maklum saja, sewaktu saya menulis skripsi, podcast merupakan salah satu pokok bahasan di dalamnya. Jadi tidak ada salahnya bila saya sedikit bernostalgia dengan skripsi saya di sini. Di halaman 18 skripsi saya, saya menyebutkan Podcast sebagai sebuah istilah yang berasal dari dua kata yakni, iPod dan Broadcasting. “iPod” adalah gadget pemutar file audio yang paling populer di seluruh dunia (setidaknya sebelum iPhone dan smartphone berbasis Android muncul), sementara “broadcasting” memiliki makna “suatu tindakan yang dikerjakan dengan tujuan agar orang-orang atau masyarakat bisa mengetahui sesuatu”. Bagi Apple sendiri, perusahaan pembuat iPod, podcast didefinisikan sebagai sebuah program acara berepisode yang disebarkan oleh produsen podcast melalui internet menggunakan berkas XML yang populer dengan istilah RSS (Really Simple Syndication).

Podcast Addict: Podcast Masuk Android!

Untuk menikmati podcast, tentunya para pengguna membutuhkan aplikasi yang mampu menangkap dan membaca file rss yang digunakan oleh para podcaster. Dahulu kala, sebelum Android muncul ke permukaan, para pengguna menggunakan iTunes (via Mac OS atau iPod) dan Juice (Microsoft Windows), dua aplikasi terpopuler untuk membaca dan mengunduh berkas-berkas audio yang disebarkan oleh para podcaster melalui berkas rss-nya. Kini, aplikasi sejenis sudah melimpah, dan salah satu yang layak untuk diangkat di sini adalah Podcast Addict.

Sebagai sebuah pengelola podcast, Podcast Addict tidak hanya bisa digunakan untuk membaca dan memainkan berkas audio saja. Tapi lebih dari itu. Dengan berbagai fitur-fitur yang tersedia, Podcast Addict layak disebut sebagai solusi podcast yang praktis, minimalis, plus gratis. Berikut beberapa fitur di dalamnya yang laik dibahas.

1. Add RSS Feed or Youtube Channel

Dengan fitur ini, pengguna bisa memasukkan alamat rss feed podcast yang disukainya. Di samping berkas audio, Podcast Addict juga memungkinkan penggunanya untuk memainkan file-file video.

2. Browse podcast networks

Bila Anda bingung harus memulai dari mana, fitur Podcast Network yang berisi alamat rss dari beberapa jaringan media terkemuka di dunia sudah siap untuk dijelajahi. Beberapa stasiun radio dan atau TV seperti ESPN, BBC, NPR, VOA, bahkan Al Jazeera sudah dipilah-pilah berdasarkan program acaranya. Dengan demikian, pengguna tidak perlu berlangganan semua program acara yang disediakan oleh penyedia podcast tersebut, sebaliknya pengguna diberi kebebasan untuk memilih program favoritnya saja. Bila masuk ke jaringan BBC, pengguna bisa memilih apakah hendak berlangganan program “6 Minute English”, “A Point of View”, dan seterusnya. Begitu pula di jaringan Al Jazeera. Kita bisa memilih program yang kita sukai di antara puluhan program yang disediakan seperti “101 East”, “Al Jazeera World”, dan seterusnya.

3. OPML Import 

Bagi yang sudah memiliki koleksi kumpulan program podcast, baik yang disimpan di iTunes maupun Google Reader, Podcast Addict memungkinkan kita untuk memindahkan koleksi tersebut (import) ke dalam hape Android kesayangan kita. Dengan satu-dua sentuhan saja. Fitur ini akan memudahkan penggunanya untuk menggunakan Podcast Addict tanpa harus merepotkan diri untuk memulai dari awal pencarian program-program favoritnya. 

Di samping ketiga fitur di atas, Podcast Addict juga masih memiliki beberapa fitur menarik lainnya yang bisa pembaca manfaatkan untuk menunjang kebutuhan pendengaran Anda, baik itu untuk hal-hal yang berupa hiburan maupun pendidikan. Saya pribadi memanfaatkan aplikasi ini untuk mendengarkan program-program berbahasa inggris agar bisa membantu melatih kemampuan listening bahasa inggris saya. Bagaimana dengan Anda? Silahkan putuskan.