Pentingnya Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Di era teknologi sekarang ini, dimana Pelanggan tidak lagi hanya berhubungan dengan Perusahaan tetapi juga dengan sesama Pelanggan lainnya. Seorang Pelanggan yang kecewa bisa dengan mudah mengungkapkan rasa kecewanya melalui tulisan di blog ataupun melalui social media yang tentu saja akan cepat tersebar dan dilihat oleh Pelanggan dan Calon Pelanggan lainnya. Hal ini tentunya sangat merugikan Perusahaan. Image baik yang sudah melekat selama bertahun-tahun di sebuah Perusahaan mungkin saja bisa tiba-tiba menjadi sangat buruk karena dirusak oleh hal-hal yang mungkin dianggap sepele Perusahaan. Oleh karena itu, biasanya beberapa perusahaan besar menjadikan hal ini sebagai prioritas utama.

Menjalin hubungan dengan pelanggan tidak harus selalu berjualan. Batasilah percakapan dengan selalu menawarkan produk/jasa Anda. Bicaralah mengenai hal-hal yang dapat memberikan manfaat dan solusi untuk mereka. Pembicaraan yang bermanfaat dan memberikan solusi kepada pelanggan, membuat pelanggan akan percaya dan melirik untuk membeli produk/jasa anda.

Ingat! Pelanggan bukan hanya target penjualan anda. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah lebih penting dibanding menjadikan mereka target penjualan Anda. Jika hubungan kita baik maka apapun yang kita tawarkan, mereka akan lebih membeli dari kita. Hal ini mungkin biasa disebut dengan Relationship Marketing. Relationship Marketing merupakan suatu praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak seperti pelanggan, pemasok, dan penyalur untuk mempertahankan preferensi dan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Membangun hubungan pelanggan yang benar-benar dekat, sehingga perusahaan mengetahui banyak hal mengenai pelanggannya memang tidaklah mudah. Apalagi, kalau jumlah pelanggan tersebut cukup banyak yang hampir tidak memungkinkan perusahaan memahami satu per satu pelanggannya dengan baik dan lengkap.

Untuk itu, diperlukan suatu cara yang tepat agar perusahaan dapat mengetahui pelanggannya secara lebih baik, sehingga mampu melayani mereka dengan lebih baik pula. Salah satu cara menjalin hubungan dengan Pelanggan tersebut adalah dengan membangun Customer Relationship Management (CRM).

Biasanya CRM menyimpan informasi Pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara Pelanggan dan Perusahaan, serta membuat profil Pelanggan untuk staf Perusahaan yang memerlukan informasi tentang Pelanggan tersebut. Secara umum CRM dapat disimpulkan sebagai strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi Pelanggan.

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya menjalin hubungan dengan Pelanggan bagi Perusahaan. Semoga Bermanfaat. [Blog Zahir]

Artikel ini hasil kerja sama dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial