Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Usaha [bagian 1]

1. Orang seperti apa yang bisa menjadi pengusaha sukses ?

Riset terhadap pengusaha sukses menunjukkan bahwa orang yang sukses dalam usaha kecilnya memiliki kesamaan karakteristik Daftar ini tidak bisa memprediksi kesuksesan, tapi bisa memberikan Anda ide apakah Anda memiliki kemampuan atau kekurangan dalam melakukannya. Bagaimana Anda mengukurnya? Tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut ini:

  • Bisakah saya bertahan di saat yang berat ?
  • Apakah saya memiliki keinginan yang sangat kuat untuk menjadi bos bagi diri
  • Apakah penilaian yang saya buat dalam hidup seringkali menghasilkan hal yang baik?
  • Apakah saya memiliki kemampuan untuk konseptualisasi bisnis secara keseluruhan?
  • Apakah saya memiliki tingkat energi yang tinggi, tahan bekerja dalam waktu yang panjang, membuat bisnis berhasil?
  • Apakah saya memiliki pengalaman bisnis spesifik yang signifikan ?

2. Bagaimana saya menentukan apakah saya mampu memulai usaha ?

Pengusaha kecil memiliki banyak kesamaan. Dibawah ini beberapa kualitas yang Anda butuhkan untuk sukses .

  • Bersedia berkorban — Jika Anda menikmati bekerja dari pukul 8-5, jangan melakukan usaha sendirian. Biasanya pengusaha membutuhkan jam yang lebih panjang diluar empat puluh jam kerja dalam seminggu.
  • Ketrampilan interpersonal —Anda diminta untuk berinteraksi dengan orang lain selain pelanggan: pengacara, karyawan, sales. Jika Anda tidak suka bicara dengan orang yang tidak Anda kenal, lebih baik bertahan dengan pekerjaan Anda saat ini.
  • Kemampuan kepemimpinan — Anda akan menjadi sasaran orang lain saat mereka mencari jawaban. Apakah Anda siap dengan ini?
  • Optimisme—Mampu bertahan saat bisnis menjadi sulit adalah kualitas penting bagi pengusaha kecil.

Bandingkan ketrampilan dan keahlian Anda dengan orang lain yang sukses dengan bisnis serupa. Bisakah Anda meniru dan melebihi kemampuan pengusaha sukses lainnya? Ketrampilan unik, atau “ujung tombak” apa yang Anda berikan untuk memberikan pembagian pasar yang mencukupi ?

Tinjau jurnal bisnis, majalah bisnis dan studi perbandingan lainnya yang mengindentifkasi persyaratan untuk menjalankan bisnis. Dari informasi tersebut, didapatkan formula untuk ketrampilan dan tindakan yang Anda rencanakan untuk menjalankan operasional bisnis.

3. Mengapa business plan penting dan harus ditulis ?

Business plan penting karena memberikan ringkasan visi perusahaan dan cetak biru keberhasilan operasional perusahaan. Business plan adalah panduan tertulis yang memberikan detil permulaan dan arah perusahaan di masa datang. Siapa yang harus menuliskannya? Anda, sebagai pengusaha. Tidak ada orang lain yang tahu ide bisnis dan tujuannya dengan lebih baik. Ya, ada jasa yang melakukan pekerjaan Anda. Namun, Anda harus menghadirkan ide bisnis ini pada bankir atau investor. Karena itu, yang terbaik adalah Anda familiar dan nyaman dengan rencana tersebut. Meski tidak ada format yang ditetapkan, pebisnis yang baik biasanya menuliskan :

  • Halaman depan —Menunjukkan bisnis Anda
  • Daftar isi —Menyusun informasi bagi pembaca
  • Ringkasan eksekutif —Memberikan “gambaran besar ” terhadap rencana, faktor-faktor yang mengarah pada kesuksesan.
  • Latar belakang bisnis — Jika bisnis ini masih sangat baru, cantumkan latar belakang dan ketrampilan Anda
  • Marketing plan—Menggabungkan strategi pemasaran bisnis
  • Rencana tindakan — meringkas bagaimana Anda akan menciptakan dan menyampaikan produk atau jasa Anda.
  • Laporan dan proyeksi keuangan — ilustrasikan bagaimana bisnis dilakukan secara finansial berdasarkan asumsi rencana.
  • Lampiran—Mencantumkan analisa statistik, bahan marketing, dan resume .

4. Mengapa butuh business plan?

Tujuan utama dari business plan adalah memberikan panduan bagi pemilik atau manajer agar menjalankan bisnis dengan sukses. Mempersiapkan perencanaan mendorong penulis untuk mempertimbangkan banyak aspek bisnis dan menghadapi masalah-masalah yang mungkin timbul dalam perencanaan. Misalnya, kompilasi biaya bulanan, lembur, akan menunjukkan revenue yang dibutuhkan untuk mendukung biaya-biaya ini, termasuk profit. Ini akan mengarahkan pada pertanyaan apakah angka revenue ini masuk akal atau tidak. Jika tidak, akan menimbulkan keraguan pada kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Business plan adalah alat manajemen yang penting yang memungkinkan manajer untuk mengantisipasi situasi sebelum menjadi masalah – atau memburuk

5. Bagaimana saya menentukan biaya awal dan pengeluaran lainnya ?

Memang bijak untuk tahu biaya awal yang akan dikucurkan sebelum memulai usaha. Banyak rekan pengusaha yang menggunakan tabungannya, atau meminjam dengan jaminan rumah sebelum mendapatkan gambaran faktor finansial ini, hanya untuk mengetahui bahwa mereka tidak punya cukup uang. Estimasi biaya bisa didapatkan dari perusahaan utilitas, jaringan belanja dan jaringan kerja dengan bisnis lain yang pernah mengalaminya. Jangan mulai membeli sampai investigasi menujukkan usaha ini bisa diandalkan dan Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

6. Apa yang harus saya ketahui terkait laporan keuangan ?

Pertama, Anda harus tahu laporan keuangan mana yang penting. Yaitu:

  • Neraca—menunjukkan kondisi keuangan bisnis Anda pada waktu tertentu. 
  • Laporan Laba dan Rugi —menunjukkan apakah Anda menghasilkan keuntungan pada periode tertentu 
  • Laporan alur kas — menunjukkan apa yang terjadi pada posisi kas pada periode tertentu.

Anda harus memiliki pemahaman dasar terhadap masing-masing laporan tersebut. Saat membandingkan dengan periode sebelumnya, Anda bisa menentukan apakah ada sesuatu yang terjadi pada bisnis Anda yang membutuhkan perhatian khusus.

Akuntan Anda bisa mempersiapkan laporan ini untuk Anda dari data bisnis yang Anda berikan. Ada juga sejumlah program software yang membantu Anda membuat laporan ini dari transaksi reguler – seperti sales, penagihan, pembelian, pembayaran dan payroll.

Bersambung insya Allah..

Sumber: www.articles.bplans.com

Pengusahamuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • Dukung kami dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR. 081 326 333 328 dan 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial