Noom Walk: Buat Hape Android Jadi Pedometer Gratisan

Pernahkah sahabat pengusaha muslim penasaran dengan jumlah langkah kaki yang sudah saudara ambil dalam satu hari? Kalaulah memang iya, mungkin aplikasi Android satu ini bisa membantu. Kita cek yuk.

Mulanya adalah langkah kaki ke masjid

Salah satu hal yang sering membuat saya penasaran – bahkan sejak kecil – ketika pergi ke sebuah masjid untuk menunaikan ibadah sholat secara berjamaah adalah jumlah langkah kaki yang saya ambil. “Berapakah jumlah langkah kaki saya dari rumah ke masjid ini?” begitu tanya saya di dalam hati. Apakah seratus langkah? Dua ratus langkah? Atau ….? Untuk menghitung jumlah langkah kaki, selama ini saya kerap menggunakan suara hati saya. Maksudnya begini, pada saat saya melangkahkan satu kaki saya, maka saya mulai berhitung “satu” di dalam hati saya. Dan begitu seterusnya hingga saya sampai di masjid. Saya tidak tahu apakah pembaca pernah mengalami hal serupa ataukah tidak, tapi sebagai seorang muslim yang diajarkan untuk sering-sering pergi ke masjid, terus terang saya pernah dan acap dihinggapi rasa keingintahuan seperti ini. 

Tidak. Saya tidak bermaksud untuk menghitung jumlah pahala berdasarkan jumlah langkah kakinya. Penulis sadar bahwa ia bukanlah makhluk yang berkompeten untuk melakukan itu. Rasa penasaran seperti ini penulis anggap sebagai sesuatu yang natural. Sama seperti pertanyaan, “berapa kilometer jarak antara kos dengan kampus saya bila ditempuh dengan sepeda ontel menggunakan rute X?” Kalau di masa lalu penulis menggunakan “suara hati” untuk menghitung langkah kaki, maka sekarang sudah tidak perlu lagi. Zaman sudah berubah, Android kian mewabah. Apa-apa jadi ada aplikasinya. Termasuk untuk keperluan tadi; menghitung langkah.

Noom Walk 

Aplikasi yang saya maksudkan di sini adalah Noom Walk. Aplikasi besutan Noom, Inc., ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Untuk mengunduh aplikasi berukuran kurang dari 10 MB ini, pengguna tentunya diharuskan menggunakan smartphone berbasis Android. Saya sendiri mencoba Noom Walk yang diperuntukkan buat Android ini di ponsel Cross A7S yang berprosesor dual core dan RAM berkapasitas 512 MB. Bagi pengguna iPhone, Selain di platform Android, Noom Walk juga sudah tersedia di Apple App Store dengan harga Rp0,00 alias gratis. 

Sebelum menggunakan aplikasi dengan desain dan fungsi sederhana ini, para calon user diwajibkan untuk mendaftarkan diri dulu alias register. Proses registrasi ini membutuhkan koneksi internet sehingga pengguna disarankan untuk tetap berada di area yang dinaungi jejaring internet. Sewaktu melakukan pendaftaran, Anda tidak perlu takut gagal karena field yang harus diisi tidaklah sebanyak field registrasi GMail atau Yahoo Mail. Bahkan bila malas mengisi field registrasi, Anda juga diperkenankan untuk masuk ke Noom Walk menggunakan akun facebook atau Google+. Koneksi dengan internet hanya dibutuhkan pada saat pendaftaran. Setalah sukses mendaftar, pengguna bisa memakai Noom Walk tanpa harus selalu terkoneksi dengan internet. Untuk pengguna yang tinggal di daerah ‘lalot internet’, Noom Walk bagaikan oase di gurun sahara. Adem …… cihuiiiii.

Cara menggunakan

Sangat mudah! Itulah komentar saya setelah menguji coba aplikasi ini selama satu minggu lebih. Setiap pagi, pada saat saya baru bangun tidur, saya akan mulai menghidupkan Noom Walk. Setelah itu? Saya biarkan Noom Walk beraksi sendiri. Noom Walk bisa berjalan normal di background sehingga tidak akan mengganggu kinerja smartphone kita saat digunakan untuk kepentingan lain seperti menelepon, sms, BBM-an, atau mengambil foto. Menariknya, tidak seperti aplikasi fitness dan pedometer Android pada umumnya, Noom Walk mampu berfungsi dengan baik meski tanpa GPS maupun internet. 

Fitur Sosial

Noom Walk meminta semua penggunanya untuk melakukan proses registrasi karena hal ini sangat terkait dengan fitur sosial yang sudah disediakan di dalamnya; high five dan comments. Dengan “High five”, Anda bisa memberikan apresiasi kepada pengguna Noom Walk lain yang menurut Anda layak diberi penghargaan. Misalnya saja karena jumlah langkah per harinya bisa melebihi rekor Anda selama seminggu atau karena sudah memberanikan diri untuk mencoba aplikasi ini. High five mengingatkan kita pada tombol like di facebook. Sementara “comment” memungkinkan Anda memberi komentar kepada pengguna lain berdasarkan capaian mereka masing-masing. Pengguna yang capaiannya bisa dilihat adalah mereka yang tidak memilih modus “private” di panel setting aplikasi. Dengan kata lain, bila Anda tidak suka capaian Anda terpublikasi dan dilihat orang lain, maka Anda harus mengaktifkan fitur opsi “private mode”. Sederhana bukan? 

Kedua fitur sosial tadi, tentu saja baru bisa dilihat dan difungsikan setelah kita terkoneksi ke internet. Jadi, pada saat koneksi internet sedang hilang atau tidak tersedia, Noom Walk akan berfungsi laiknya sebuah pedometer murni, sebuah alat yang berfungsi untuk menghitung jumlah langkah kaki Anda. Itu saja. Manis nan Sederhana. 

“Me” dan “Everyone”

Ada dua tab di Noom Walk; “Me” dan “Everyone”. Tab “Me” menyimpan semua data tentang pengguna sendiri, yakni saya dan Anda. Di tab ini, kita bisa melihat berapa jumlah langkah kaki kita dalam tiga periode waktu sekaligus; Today, Week, dan All Time. “Today” menunjukkan jumlah langkah kaki kita hari yang sedang berjalan. “Week” untuk melihat jumlah langkah kaki kita selama satu minggu berjalan. Dan “All Time” memperlihatkan jumlah langkah kaki kita sejak pertama kali menggunakan Noom Walk. Di tab “everyone”, kita akan menjumpai semua fitur yang ada di “Me” plus data pengguna lain serta fitur high five dan comments

Noom Walk dan Kesehatan Kita

Banyak bergerak memang bukanlah satu-satunya faktor yang bisa menunjang kesehatan kita. Tapi kita juga tidak bisa memungkiri bahwa gaya hidup sehat juga ditentukan oleh seberapa sering kita bergerak dalam seharinya. Dengan adanya Noom Walk yang gratis dan ringan, mudah-mudahan kita bisa terus bersemangat untuk bergerak dan bergerak tiap harinya. Melangkahkan kaki ke masjid seperti yang saya ceritakan di atas sebenarnya hanyalah salah satu contoh kecilnya. Kalau tertarik mencoba Noom Walk, jangan ragu-ragu mengunduhnya sekarang juga. Gratis. Gratis. Dan gratis ….