Desktops: Menikmati Empat Monitor Tanpa Perlu Menambah Jumah Monitor

Assalamu’alaikum pembaca Pengusaha Muslim yang semoga selalu dirahmati Allah. Apa kabarnya? Saya harap Anda semua berada dalam kondisi yang sehat wal ‘afiat. Di kesempatan kali ini, saya hendak mengajak Anda untuk berkenalan dengan sebuah aplikasi mini yang bisa menambah kenyamanan Anda pada saat bekerja dengan laptop atau PC berbasis Windows. Aplikasi apakah itu?

Nama software yang saya maksud itu adalah Desktops. Sebuah aplikasi kecil dengan ukuran 115 KB. Fungsi aplikasi ini adalah untuk membuat multiple desktop di sistem operasi Windows kesayangan Anda. Bagi Anda yang sudah pernah atau sering bermain-main dengan sistem operasi GNU Linux seperti Suse, Mandrake, Redhat, atau Ubuntu, multiple desktops tentunya bukanlah istilah asing. Tapi bagi Anda yang menggunakan Microsoft Windows, istilah atau fitur multiple desktops mungkin agak jarang terdengar atau bahkan tidak pernah terdengar sama sekali. 

Dengan fitur multiple desktops, seorang pengguna komputer dibuat seolah-olah bisa memiliki lebih dari satu layar dalam setiap waktunya. Hmmm … Anda mungkin bertanya-tanya? Apa pula gunanya memiliki lebih dari satu layar? Toh bukankah satu layar sudah cukup. Sampai di sini, Anda mungkin benar. Kalau dipikir-pikir, satu layar per satu monitor memang sudah cukup bagus. Bagi Anda yang memang tidak bekerja dalam kondisi multitasking – yang mengharuskan Anda untuk menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan, fitur multiple desktops ini sepertinya tidak akan ada manfaatnya. Tapi bagi mereka yang dituntut untuk sebaliknya, fitur multiple desktops bisa menjadi oase dalam gurun pasir. 

Tidak percaya? Coba bayangkan kondisi berikut: Anda adalah seorang pedagang online yang memiliki lebih dari satu lapak di beberapa situs jual beli. Sebagai seorang pedagang, Anda mungkin diharuskan untuk membuka beberapa browser sekaligus untuk memudahkan aktivitas jual beli Anda. Katakanlah begini, untuk mengurus barang dagangan Anda di situs X, Anda menggunakan Firefox. Untuk mengecek dagangan di situs Y, Anda menggunakan Google Chrome. Untuk kampanye di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, G+, dan Tumblr, Anda menggunakan Safari. Lalu sebagai penghilang penat, Anda mungkin ingin memutar murottal yang dilantunkan oleh Al Ghamdi. Eits, belum berhenti sampai di situ, Anda juga merasa harus membuka aplikasi pengolah foto dan gambar kesayangan Anda untuk memperbaiki kualiatas foto dagangan. Sudah? Belum. Sebagai seorang ayah, Anda mungkin perlu menjalankan game Angry Bird untuk buah hati Anda agar ia bisa bersenang-senang sejenak bersama Anda meski Anda dalam posisi sedang bekerja. Ups, tidak terasa, sudah ada enam aplikasi yang berjalan secara bersamaan di layar monitor. 

Tanpa multiple desktops, meskipun tetap bisa bekerja dengan normal, bisa jadi Anda akan merasa sesak dengan kondisi ini. Tapi dengan multiple desktops, Anda bisa saja mengaturnya dengan cantik. Browser Firefox dan Chrome Anda buka di Desktop 1, Safari dan jejaring sosial Anda fokuskan di desktop 2, aplikasi media player beserta pengolah gambar di desktop 3, dan terakhir game Angry Bird dibuka di desktop 4. Cantik bukan? Enam aplikasi tetap berjalan pada saat bersamaan di empat monitor (virtual) berbeda. Semua bisa memadu tanpa saling ganggu. Pada saat sedang fokus monitoring barang dagangan, Anda tinggal membuka desktop 1. Tapi pada saat anak kesayangan Anda datang ingin bermain sebentar – mungkin saja ia sedang sedikit bosan dengan ibunya – Anda tinggal menggunakan desktop 4 tanpa perlu mematikan aplikasi lainnya. Tanpa multiple desktops, Anda mungkin membutuhkan tambahan satu atau dua monitor lagi untuk mengambil manfaat seperti di atas. Tapi dengan multiple desktops ala Desktops, cukup satu monitor saja. Uang bisa dihemat, bekerja jadi lebih cermat. Praktis bukan?

Instalasi dan Cara menggunakan Desktops

Aplikasi kecil ini bisa diunduh secara gratis di situs Sysinternals. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengklik dua kali icon Dekstops tanpa perlu melalui proses instalasi laiknya aplikasi Windows pada umumnya. Aplikasi ini akan berjalan di bagian tray sistem operasi Windows Anda (pojok kanan bawah). Untuk berpindah-pindah dari satu virtual desktop ke desktop lainnya, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol [Alt] atau [Control] atau [Shift] atau [Windows] plus tombol Angka (1, 2, 3, 4) atau Fungsi (F1, F2, F3, F4).

And that’s it for today’s App Jam. It is that simple. Terima kasih sudah mampir kemari. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.