App Jam: Hideit, Sembunyikan Semua Jendela Taskbar Ke System Tray

 

Syukur Alhamdulillah, App Jam akhirnya kembali. Rasanya ada yang agak aneh dalam diri saya bila satu bulan berlalu tanpa berbagi cerita tentang aplikasi bagus yang mungkin harus diketahui oleh pembaca budiman.  Aplikasi bagus, apapun fungsinya, memang harus disebarluaskan, supaya banyak yang bisa mengambil manfaatnya.

Di edisi APP JAM (AJ) kali ini saya akan membahas sebuah aplikasi yang manfaatnya sangat sangat sederhana sekali. Perhatikan pemborosan kata yang saya gunakan barusan. Saya merasa harus menggunakan gaya bahasa yang sedikit hiperbolik untuk menjelaskan kesederhanaan aplikasi satu ini. Nama aplikasi yang saya maksudkan di sini adalah HideIT. Fungsinya: menyembunyikan jendela aplikasi lainnya (Windows Explorer, Windows Media Player, Adobe PDF Reader, Notepad++, Micorosft Office) di taskbar ke system tray. 

Bagaimana cara mengunduh dan instalasinya?

Untuk mengunduh aplikasi kecil yang berukuran 1,4 Mb ini, arahkan browser kesayangan Anda ke salah satu sub url DevianArt berikut: VasanRulez. Setelah berhasil mengunduhnya, aplikasi ini tinggal Anda klik dua kali saja. That’s it. Anda tidak perlu mengklik tombol “next”, “next”, dan “finish” seperti yang sering Anda temui pada saat instalasi aplikasi komputer pada umumnya karena pembuat aplikasinya, VasanSoft, Inc., memang hendak menyederhanakan segala sesuatunya. 

Pada saat Anda mengklik dua kali icon HideIT, aplikasi ini akan langsung berjalan dan muncul di system tray komputer Anda. Tidak seperti aplikasi lain yang memiliki dan memunculkan jendela tersendiri ketika di klik dua kali saat sedang berada di system tray, HideIt justru tidak “mengamalkan” kelaziman ini. Klik dua kali pada aplikasi ini tidak akan memunculkan apapun karena memang bukan seperti itu cara menggunakannya. Mungkin klik dua kali terlalu ribet bagi si pembuatnya.

Menggunakan HideIt

Jadi bagaimana cara menggunakannya? Gampang banget. Pertama, jalankan aplikasi ini dengan cara klik dua kali. Kedua, klik kanan pada icon minimize jendela aplikasi-aplikasi di taskbar yang hendak Anda sembunyikan ke system tray. Ketiga, klik kiri pada menu “HideIt”. Keempat, cukup. Sampai di langkah empat, Anda sudah bisa menikmati fungsi utama HideIt, yakni menyembunyikan jendela yang berhamburan di taskbar yang sering mengganggu kenyamanan Anda dalam bekerja.

Setelah Anda berhasil menyembunyikan aplikasi-aplikasi di taskbar ke system tray, pertanyaan berikutnya akan muncul, “bagaimana cara memunculkan kembali (baca: restore) jendela-jendela tersembunyi tadi?”. Caranya gampang juga. Anda cukup klik kanan di icon HideIt yang ada di system tray lalu pilih menu “Restore Application” > “Nama Aplikasi yang Dimaksud”. Untuk memunculkan semua aplikasi yang Anda sembunyikan, pilih saja “Restore All”. There you go.

Fitur Lainnya

Sepanjang pengalaman saya menggunakan HideIt, saya belum pernah menemukan fitur lain selain yang saya sampaikan di atas. Seperti yang sudah saya kemukakan sebelumnya, HideIt yang dirilis secara gratis dan masih dalam versi 0.8.6 ini memang benar-benar sederhana. Tidak banyak merepotkan dan tidak mengandung fitur-fitur yang tidak perlu. Fungsinya sesuai dengan namanya, HideIt = Hide it = menyembunyikan.

Tertarik? Silahkan mencobanya. HideIt, simply LoveIt. 

Perhatian: Untuk Windows 7.