3 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menghapus Akun Facebook

Banyak orang yang memulai menghapus akun facebook mereka karena alasan produktifitas.  Perlu diingat bahwa menghapus akun berbeda dengan menonaktifkan akun. Jika anda menonaktifkan, berarti anda berniat untuk suatu saat kembali lagi menggunakan facebook. Tapi menghapus berarti jika suatu saat ingin menggunakan facebook lagi, anda harus mendaftarkan diri anda kembali. Sebelum anda menghapus akun facebook, ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu:

1. Periksa aplikasi yang terkoneksi

Jika anda menggunakan aplikasi yang terdapat di facebook, maka secara otomatis akses anda ke aplikasi-aplikasi inipun akan hilang. Oleh karena itu anda harus mengganti cara login anda, yang sebelumnya melalui facebook menjadi login melalui alamat website anda. Caranya dengan masuk melalui “Account Settings” di facebook, dan ganti cara login menggunakan alamat email. Tapi sayangnya tidak semua aplikasi bisa diganti, sehingga menyebabkan anda tidak bisa mengakses lagi aplikasi ini saat akaun facebook sudah di hapus.

2. Download informasi facebook anda

Kini facebook menyediakan layanan untuk mendonlot informasi kegiatan anda selama menggunakan facebook. Caranya adalah pilih menu “Account Settings” klik “General” pada kolom kiri dan klik “Download a copy of your facebook data”, dan di akhiri dengan menekan “Start My Archieve”. Jenis informasi yang bisa di donlot adalah “Downloaded info” yaitu termasuk didalamnya seperti post yang anda share, pesan, foto, sejarah percakapan dalam facebook chat dan list teman-teman anda.  Jenis informasi lainnya adalah “Expanded Archieve” yaitu download berisi informasi-informasi seperti login, cookies, aplikasi yang anda subscribe, orang-orang yang anda unfriend dan lain-lain. Jenis informasi lainnya adalah “Activity log” yaitu tentang segala informasi yang berhubungan tentang komentar yang anda sukai, aplikasi yang anda gunakan dan informasi yang pernah anda cari.

3. Catat nomor kontak yang bisa dihubungi

Sebelum anda menghapus akun facebook, maka mintalah email atau nomor kontak teman-teman anda, karena akan sangat disayangkan jika kehilangan komunikasi dengan mereka.

Sumber: mashable.com