3 Software Gratis Untuk Membuat Infographics

Salah satu cara untuk mengkomunikasikan data dan informasi dalam jumlah besar adalah mengunakan infographic. Infograpic adalah informasi yang disajikan dalam bentuk gambar, yang biasanya terdiri dari foto dan grafik. Di dunia bisnis infograpic biasanya digunakan untuk memaparkan hasil survey dan data. Pemilik bisnis bisa menggunakan infograpic untuk membandingkan produk, peta pemasaran atau bahkan hanya untuk menghibur pelanggan karena gambar-gambarnya yang menarik. Anda juga bisa menggunakannya untuk menjelaskan diagram kerja, data keuangan atau menjelaskan gaji dan bonus yang akan didapat pegawai.

Mungkin anda berpikir hanya orang-orang yang ahli dalam desain grafislah yang hanya bisa membuat ini dan juga pasti sangat mahal untuk menyewa seorang desainer grafis untuk membuat ini. Ternyata tidak juga, karena di internet sudah tersedia software gratis untuk membuat infographis, yaitu:

1. Infogr.am

membuat infografik

Software ini mempunyai enam layout untuk membantu anda memulai pembuatan infogr.am. Data bisa di inputkan ke dalam text box yang telah tersedia, bisa juga ditambah dan dihapus. Disisi lain kita juga bisa menambahkan foto, peta bahkan video. Hasil dari infographics bisa langsung di publikasikan ke jejaring sosial dan bisa juga di letakkan di website anda.

2. Piktochart

membuat infografik dengan piktochart

Piktochart hanya menyediakan tiga template yang bisa di modifikasi, sehingga anda bisa mengganti warna, font dan bentuk-bentuk dasar, gambar beserta foto anda. Template mempunyai garis bantuan sehingga gambar dan bentuk-bentuk dasar bisa diatur secara rapi. Untuk template yang lebih banyak, anda bisa upgrade ke versi yang berbayar seharga $29 perbulan.

3. Easel.ly

cavas infografik

Dengan menggunakan Easel.ly anda bisa memulai dengan menggunakan selusin template gratis atau anda bisa juga memulai dengan kanvas biasa. Anda bisa menghapus object apapun yang ada pada template dan mengganti object-object tersebut  dengan gambar modern yang tersedia seperti orang, transportasi, hewan dan simbol. Tersedia juga panah, garis penghubung dan bentuk-bentuk dasar. Anda juga bisa mengupload foto anda sendiri, di duplikasi dan diubah warnanya dalam satu kali sentuh. Text dengan berbagai font, gaya, ukuran dan warna juga tersedia. Hasil bisa langsung di publikasi ke jejaring sosial dan dipasang ke website.

Ditranslate dari : 3 Free Tools for Creating Your Own Infographics (inc.com)