Tips Berjualan Untuk Pribadi Yang Introvert (tertutup)

Jika anda tidak suka bersosialisasi di keramaian tempat atau bahkan dikeramaian pun anda cenderung menyendiri, maka anda termasuk bertipe introvert atau tertutup. Jangankan untuk menawarkan barang ke orang, pasti sangat sulit bagi anda untuk memulai percakapan terutama kepada orang baru. Lalu apakah orang yang introvert tidak bisa berjualan dan menjadi pengusaha yang sukses? Tentunya bisa. Berikut adalah tips berjualan untuk para introvert:

1. Tentukan ambisi

Disetiap proses penjualan, pastinya anda memerlukan suatu produk yang dijual, baik itu barang ataupun jasa. Pilihlah barang yang paling anda sukai atau yang paling bermanfaat untuk diri anda untuk dijual. Jika anda takut mengambil resiko bahwa anda tidak bisa menjualnya, maka coba tawarkan terlebih dahulu dengan orang-orang terdekat anda. Teruslah berlatih untuk menceritakan tentang produk yang ingin anda jual. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dan melatih keberanian anda untuk berkomunikasi.

2. Tahlukkan ketakutan anda

Setiap orang pasti punya ketakutan. Jika anda takut memulai pembicaraan dengan orang baru. Maka tahlukkan ketakutan anda ini dengan berlatih memulai pembicaraan dengan orang tersebut.  Jika anda telah berhasil, maka berikanlah suatu penghargaan kepada diri anda. Lakukan latihan ini secara terus-meneurus sampai anda tidak takut lagi.

3. Jangan takut untuk menerima kritik

Apapun yang kita lakukan, kita tidak akan luput dari kritik. Kritik akan menjadi perusak semangat kita, jika kita menghadapi kritik tersebut dengan pikiran negatif. Tapi kritik akan menjadi pemacu untuk menjadi lebih baik jika kita menerimanya dengan pikiran yang positif. Jika anda dikritik oleh pembeli anda, maka terimalah dengan senyuman dan katakana pada mereka bahwa anda akan berusaha memperbaiki kekurangan yang ada.

4. Mengucapkan salam

Mungkin sebagian dari introvert berusaha menghindari orang yang berpapasan didepan mereka. Bahkan sebagian berusaha untuk mencari jalan lain agar tidak berpapasan dengan orang tersebut. Jika anda takut, maka hadapilah ketakutan ini. Mengucapkan salam adalah satu ibadah, jadikan ini sebagai motivasi anda.

5. Terimalah perbedaan

Jika anda ditolak saat anda menawarkan barang, maka tetaplah berpikir positif. Setiap orang memiliki kebutuhan dan prioritas yang berbeda. Karena itulah produk anda tidak selalu dibeli orang. Tapi hal ini tidak menjadi suatu patokan bahwa anda tidak bisa menjual barang tersebut.  

6. Paksa diri anda untuk berada di luar rumah

Keluar dari rumah atau kantor anda sehingga anda bisa bersosialisasi dengan orang sekitar. Hal ini bertujuan agar anda mengenal orang disekitar, sehingga saat anda menawarkan barang, anda sudah bisa luwes dan merasa nyaman.

7. Berbicara didepan umum

Coba berbicaralah didepan umum, anda bisa mulai dari sesuatu yang anda kuasai atau keahlian anda. Jika anda hobi memasak, maka buatlah training memasak gratis untuk orang-orang disekitar anda.

8. Bantu orang lain yang sedang berjualan

Jika anda masih malu untuk bejualan sendiri, maka ikutlah teman anda yang sudah mulai berjualan. Perhatikan usaha teman anda untuk berjualan, mintalah untuk diajarkan atau kesempatan untuk melakukan penjualan terhadap barangnya.

Sumber: entrepreneur.com