Macam-macam Tipe Pengusaha

Apakah anda masih bingung untuk mencari ide bisnis yang tepat untuk anda? Jika iya, maka alangkah baiknya terlebih dahulu anda mengetahui tipe pengusaha seperti apakah diri anda. Dengan cara ini anda akan bisa lebih mempertahankan bisnis anda, karena anda akan bekerja sesuai dengan kepribadian anda. Berikut adalah 4 tipe pengusaha :

1. Pembangun

Tipe pengusaha seperti ini adalah seperti pemain catur. Ia selalu memiliki rencana untuk melangkah 3 atau 4 langkah kedepan. Setiap langkah yang akan diambil sudah diteliti tentang kekurangan dan kelebihan sehingga tidak salah langkah. Salah satu contoh pengusaha bertipe ini adalah Donald Trump.

2. Pencari peluang

Sebagian besar dari pengusaha memiliki jiwa ini, yaitu ingin mendirikan suatu usaha pada waktu dan tempat yang tepat, ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dan juga dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

3. Keahlian khusus

Tipe pengusaha seperti ini biasanya setia pada satu jenis usaha dalam kurun 15 sampai 30 tahun. Biasanya mereka adalah seorang ahli dalam bidangnya. Jenis usaha yang sering ditekuni oleh jenis pengusaha ini adalah desain grafis, sistem informasi dan akuntan.

4. inovator

Jika anda termasuk orang yang sering berinovasi dalam kantor atau dapur anda seperti menciptakana konsep dan resep-resep baru. Maka anda termasuk tipe pengusaha innovator.

Mengetahui tipe pengusaha adalah sebuah awal, tentunya langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan dan kerja keras terhadap ide bisnis yang paling nyaman untuk anda.

Referensi: youngentrepreneur.com