Loyalty Card Untuk Pembeli Anda, Perlukah?

Loyalty card adalah salah satu alat promosi yang telah populer dan banyak digunakan untuk menarik pembeli untuk datang lagi ke suatu toko. Tujuan Loyalty card biasanya untuk memberikan diskon, hadiah atau kupon bagi para pembeli pada pembelian berikutnya. Sebagai salah satu contoh, sebuah rumah makan memberikan diskon 50% pada pembelian kelima. Biasanya loyalty card dibagikan secara gratis kepada pelanggan. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari loyalty card menurut ehow.com

1. Kelebihan

– Mengikat pelanggan

Strategi loyalty card bisa menarik pembeli untuk kembali datang ke toko kita, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Strategi ini juga bisa meningkatkan mutu pelayanan kepada pembeli dan menjaga hubungan baik dengan pembeli.

– Meningkatkan promosi

Biasanya proses pendaftaran pelanggan diperlukan pada saat memberikan loyalty card. Data kontak pelanggan seperti nomor handphone atau email bisa didapatkan dari proses pendaftaran ini. Untuk kedepannya promosi barang baru bisa dilakukan melalui nomor handphone atau email yang diberikan oleh pelanggan.

2. Kekurangan

– Perlu strategi yang tepat

Loyalty card bisa membahayakan usaha yang dibangun jika strategi penerapannya kurang bagus. Promosi yang berlebihan dan janji-janji tanpa implementasi akan mengecewakan pelanggan.

Pelanggan kurang tertarik dengan program loyalty card

Kesulitan yang lain akan timbul jika pelanggan tidak bersedia untuk mengikuti program loyalty card. Banyak pelanggan lebih menginginkan untuk mendapatkan diskon ketimbang mendapatkan point atau hadiah dari loyalty card.

Menimbulkan kecurigaan dari pelanggan

Jika hadiah atau point-point yang diberikan melalui program loyalty card terlalu berlebihan, maka pelanggan akan merasa curiga jika harga jual di bisnis kita lebih mahal dibandingkan dengan ditempat lain. Hal ini akan mengurangi kepercayaan pelanggan terhadap barang-barang yang kita jual.

Dari kelebihan dan kekurangan loyalty card diatas, bisa disimpulkan bahwa tidak semua usaha bisa di implementasikan pada strategi ini. Usaha-usaha yang berhasil mengimplementasikan program ini adalah supermarket, salon kecantikan musliman, rumah makan dan fashion.