Tips Mencari Pekerjaan Sampingan

Kehidupan yang kompleks saat ini diperlukan sebuah keterampilan lebih, apalagi kebutuhan hidup terus mendesak. Kerja kantoran atau mengandalkan gaji pegawai mungkin masih saja belum cukup, maka tidak sedikit diantara kita mencari penghasilan tambahan.

Mungkin Anda seorang pegawai dan belum mendapatkan penghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satu alternatif terbaik adalah mencari pekerjaan sampingan. Bahkan banyak diantara saudara kita menikmati hasil dari kerja sampingan dengan penghasilan lebih besar dari gaji tetapnya menjadi karyawan.

Akan tetapi, dalam hal ini sangat diperlukan keahlian dan kedisiplinan dalam pengelolaanya agar tidak terjadi benturan antara pekerjaan utama dengan pekerjaan sampingan.

Nah, pembaca PengusahaMuslim.com, berikut ini  kami akan membagikan sedikit tips agar pekerjaan sampingan Anda  berjalan lancar tanpa harus mengesampingkan pekerjaan pokok.

1. Cermat dalam Memilih. Namanya juga pekerjaan sampingan, Anda harus cermat dalam memilihnya sesuai dengan keterampilan. Jangan memaksakan apa-apa yang Anda tidak menguasainya, sehingga waktu dan tenaga terbuang sia-sia. Contoh sederhana, jika Anda seorang mahasiswa yang berbakat mengajar tanpa mengganggu tugas kuliah, Anda bisa mencobanya menjadi seorang guru privat, atau mengajar paruh waktu di sekolah-sekolah.

2. Lebih utama mencari pekerjaan sampingan sesuai dengan pekerjaan utama, kalau bisa sesuai dengan hobi Anda.

3. Cari waktu fleksibel, hindari bentrok dengan pekerjaan Anda. Jangan sampai pekerjaan Anda terbengkalai dan mendapat warning dari atasan. Ahsan, jujur kepada bos mengenai  profesi sampingan yang Anda jalani. Yakinkan bahwa pekerjaan ini tidak mengganggu tugas sehari-hari. Disinilah Anda akan dituntut  profesionalitas dalam pekerjaan.

4. Menikmati Pekerjaan sampingan. Apa jadinya jika pekerjaan sampingan mengganggu aktifitas sehari-hari Anda dan menyita sebagian besar tugas pokok. Pekerjaan sampingan memang butuh pengorbanan tetapi pengorbanan itu harus berbanding lurus dengan hasil tanpa mengesampingkan tugas pokok dan privasi Anda. [MNN/PM]

Artikel www.PengusahaMuslim.com