Menjadwalkan Pengiriman E-mail Dengan Boomerang For Gmail

Sebagian tulisan saya di majalah ini biasanya ditujukan untuk para pebisnis. Sebagian lainnya—satudua tulisan—sebenarnya lebih cocok dibaca pegawai. Termasuk tulisan ini. Yakni tentang aplikasi kecil yang bisa membantu seorang karyawan beristirahat saat liburan. Artikel ini saya tujukan bagi para pegawai yang atasannya yang suka memerintah bawahannya untuk mengirimkan e-mail penting di hari libur.

Aplikasi yang saya maksud adalah Boomerang for Gmail. Nama yang unik. Anda tidak perlu takut meski ada kata ”boomerang”. Bumerang yang akan saya bahas bukanlah senjata tajam yang digunakan  Aborigin, penduduk asli Australia. Nope. Bukan itu yang saya maksud. Boomerang yang saya maksud adalah ekstensi untuk Google Chrome yang bisa membantu Anda mengirim e-mail secara otomatis tepat pada waktu yang Anda tentukan.

Untuk memudahkan proses pencernaan bacaan ini, saya akan menggunakan sebuah cerita sebagai ilustrasi.

Aplikasi boomerang

Kirim e-Mail tanpa Log In ke Gmail

Suatu hari, Dhanang (nama samaran) diminta bosnya mengirim e-mail penting kepada koleganya. E-mail berisi dokumen bisnis yang harus diterima  kolega sang bos tepat pada hari Minggu pukul 11.00. Sebagai seorang pegawai, tentu saja, Dhanang sedikit gusar dengan perintah bosnya. Bukan menyangkut teknis pengiriman e-mail. Melainkan waktu pengirimannya.

“Come on bos, that is supposed to be holiday.” Bukankah Minggu hari libur?” Gumam Dhanang dalam hati. “Heran, kenapa bos tidak memintaku mengirimkannya sekarang saja, ya?” Dhanang sempat menyinggung permintaannya itu kepada bosnya. Tapi sepertinya sang bos tidak berkenan dengan usul bawahannya. Walhasil, Dhanang menyerah dan memutuskan mencari solusi yang lebih baik. Well, untungnya Dhanang seorang lulusan program studi Ilmu Komputer. Jadi, “mengakali” masalah adalah salah satu hobinya.

Setelah melakukan pencarian di Google, akhirnya Dhanang menemukan sesuatu yang diidam-idamkannya. Sesuatu yang kemungkinan besar bisa membuatnya lebih santai di hari libur. Sesuatu di sini adalah Boomerang for Gmail. Sebuah ekstensi yang mengklaim sudah berhasil membantu ratusan ribu orang pengguna Gmail untuk mendongkrak kinerja klien e-mail  berbasis web kesayangannya. Dengan Boomerang, seorang pengguna Gmail bisa menjadwal proses pengiriman e-mail secara otomatis sesuai dengan waktu yang dikehendakinya. Tidak terkecuali untuk Dhanang.

Show Time

Dan sampailah pada hari H ketika perintah itu datang. Di hari Jumat, sang bos memerintahkan Dhanang mengirimkan e-mail penting itu pada hari Minggu, 8 Juli 2011 pukul 11.30. Tidak seperti sebelumnya, kali ini Dhanang bisa menjawab permintaan itu dengan nada tegas tanpa ragu. ”Oke, Pak. Sip …. ” tukas Dhanang sambil mengangkat jempol ke pimpinannya. Perhatikan kata terakhir yang digunakan Dhanang: “sip” , dan bukan ”siap!”. Sebuah kata yang bisa menunjukkan level ”ke-pede-an” seorang bawahan kepada atasannya.

Dengan sigap Dhanang membuka  browser kesayangannya, Google Chrome. Lalu ia masuk ke akun Gmail miliknya untuk memasukkan semua data yang dibutuhkan: e-mail penerima, tembusan, subject, dan isi e-mail. Terakhir, Dhanang menekan tombol ”Send Later” di samping tombol ”Send” milik Gmail. Ketika tombol ”Send Later” ditekan, Dhanang diberi banyak opsi pengiriman e-mail. Yakni In 1 Hour, bila Dhanang menghendaki e-mail-nya dikirimkan satu jam kemudian. In 2 Hour, In 4 Hour, Tomorrow Morning, Tomorrow Afternoon, In 2 Days, In 4 Days, In 1 Week, In 2 Weeks, atau In 1 Month.

Berhubung Dhanang sudah diperintahkan bosnya untuk mengirim e-mail pada waktu yang memang sudah ditentukan, ia memilih opsi terakhir: “At a specific time”. Di field yang disediakan, Dhanang tinggal memasukkan waktu tersebut dalam format kalender M/D/YYYY 00:00 AM/PM. Dengan demikian, Dhanang hanya perlu mengetik: “7/8/2012 11:30 AM”, lalu klik tombol ”Confirm”. Dan selesailah tugasnya.

Sebelum mengenal Boomerang, Dhanang hanya bisa menyelesaikan tugas seperti itu di hari Minggu atau di hari yang sama dengan hari yang sudah diperintahkan atasannya. Tapi berkat Boomerang, Dhanang sekarang bisa mengamankan waktu liburnya. Kalau sudah begini, semuanya jadi menang dan senang. Pembuat Boomerang senang karena ekstensi buatannya ada yang menggunakan. Atasan Dhanang juga senang karena perintahnya bisa selesai dengan baik dan tepat pada waktunya. Pun begitu pula dengan Dhanang; bisa memfokuskan hari liburnya untuk kegiatan-kegiatan refreshing seperti travelling ke pelosok desa, mencuci motor atau jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Duh, senangnya

Apakah Anda ingin seperti Dhanang? Kalau ya, mungkin Boomerang bisa menjadi sahabat baik Anda. Tapi bila tidak, Anda tetap tidak akan rugi menginstalnya, karena harga ekstensi ini sama dengan Rp 0 atau $0 alias “gratis gitu, lho!” Anda bisa memasangnya atau melepasnya dari Google Chrome kapan saja Anda suka. Selamat mencoba, dan selamat berlibur!

Oh, ya. Untuk menginstal Boomerang, Anda harus memberikan akses bagi ekstensi ini ke akun Gmail Anda. Karena tanpa otorisasi ini, Anda sama saja mengucapkan ”Tidak” pada Boomerang.

Sumber: Majalah Cetak Pengusaha Muslim Indonesia