Membuat Kepuasan Pelanggan Sebagai Prioritas Teratas

Layanan pelanggan adalah usaha Anda 

Terlepas dari bisnis apa yang Anda kerjakan – Anda berada dalam bisnis memuaskan pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan yang Anda berikan menentukan tingkat keberhasilan jangka panjang yang akan Anda capai dalam bisnis.

Membuat kepuasan pelanggan sebagai prioritas teratas 

Jangan hanya melakukan penjualan. Ciptakan pelanggan – puaskan pelanggan. Sebagai tambahan untuk memberikan profit dengan cepat mereka menyediakannya pada saat pertama kali menjual, memuaskan pelanggan membantu Anda membangun bisnis Anda dalam 2 cara penting:

1. Mereka menjadi reservoir untuk  membeli kembali. Bagi beberapa bisnis, artinya pembeli ulang untuk produk atau jasa yang sama. Bagi setiap bisnis, artinya pembeli untuk produk atau jasa tambahan.  

2. Secara otomatis mereka mereferensikan lebih banyak bisnis pada Anda dari teman dan kontak bisnis mereka. Ini adalah bisnis yang mengguntungkan bagi Anda, karena Anda tidak mengeluarkan waktu atau uang untuk mendapatkannya.  

Jangan pernah menjanjikan lebih dari yang bisa Anda berikan

Jangan pernah membuat janji yang tidak bisa (tidak akan) Anda tepati.  Tidak ada hal yang membuat pelanggan pergi dengan lebih cepat selain dengan mendapatkan sesuatu dibawah harapan mereka dalam sebuah transaksi bisnis.  Mereka tidak akan berbisnis lagi dengan Anda. Dan mereka akan mengatakan pada setiap orang yang dikenal tentang pengalaman yang tidak menyenangkan – menyebabkan Anda kehilangan calon pelanggan. 

Tip: Tangani keluhan pelanggan dengan cepat dan dengan sikap positif.  Berusaha keras menjaga hubungan Anda dengan pelanggan yang mengeluh alih-alih segera mendapatkan keuntungan dari mereka. Mereka akan memberikan reward pada Anda dengan lebih banyak penjualan dan referal.  

Selalu memberikan lebih dari yang diharapkan pelanggan 

“Over deliver”  pada mutu dan jasa. Selalu melebihi harapan pelanggan. Anda akan memenangkan loyalitas jangka panjang mereka. Juga akan mempersulit kompetitor untuk mencuri pelanggan dari Anda – meski mereka memberikan harga yang lebih rendah. Pelanggan tidak akan mempertaruhkan pengalaman yang tidak pasti dengan kompetitor ketika mereka tahu jika mereka bisa mendapatkannya lebih dari yang diharapkan dari Anda.  

Tip: Berikan kejutan pada pelanggan dengan nilai yang tidak diperkirakan. Jika Anda menjual produk, cantumkan  “bonus yang tidak diiklankan ” di setiap order. Jika Anda menyediakan jasa, biasakan melakukan sesuatu yang lebih bagi pelanggan atau klien tanpa mengenakan biaya apapun. 

Biarkan pelanggan tahu seberapa besar Anda menghargai mereka.  

Biarkan pelanggan tahu Anda selalu memikirkan mereka. Berkomunikasi dengan mereka secara rutin. Misalnya, membuat tawaran khusus hanya untuk pelanggan yang sudah ada. Dan mengumumkan produk atau jasa baru terlebih dahulu pada mereka sebelum mengumumkannya pada publik 

Tip: Alihkan pelanggan menjadi agen publisitas. Mengembangkan insentif pada mereka untuk mengatakan pada rekan atau teman tentang nilai produk atau jasa Anda. Persetujuan  dari mereka lebih efektif dibandingkan iklan – dan ini jauh lebih murah.  

Misalnya, berikan mereka reward setiap kali mereka mereferensikan seseorang untuk menjadi pelanggan Anda. Reward Anda bisa jadi sesederhana seperti kredit untuk order selanjutnya dari Anda.  

Penulis: Bob Leduc menghabiskan  20 dalam membantu bisnis untuk menemukan pelanggan baru dan meningkatkan sales. 

Sumber: www.customerservicemanager.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com