Rahasia Sukses Bisnis Online

Oleh: Yodhia Antariksa*

Dua faktor kunci penentu keberhasilan bisnis online.

Pertama, trafik pengunjung.
Kedua, high conversion rate.

Kalau kita mampu meracik dua rahasia ini dengan benar, kita bisa menikmati limpahan profit bisnis online yang melimpah.

Dengan jumlah pengguna Internet yang kian meningkat pesat (diperkirakan sekitar 40 juta pada 2012), online business merupakan salah satu sector yang potensial untuk mekar dengan semerbak. Di situ terbentang peluang mereguk sejumput rezeki berkelimpahan. Di situ ada setangkup harapan untuk menikmati profit yang terus mengalir tanpa henti.

Dan tentu saja ini: online business yang sukses bisa dijalankan hanya dari rumah. Sambil duduk leyeh-leyeh menikmati wedang jahe di serambi be-lakang rumah, kita bisa meraup omzet yang lumayan mak nyus. Tidakkah ini pemandangan yang indah dibanding harus setiap pagi  berangkat ke kantor, pulang petang atau malam, setelah grudak-gruduk dihimpit kemacetan dan polusi yang kian tak tertahankan?

Ah, kalau saja begitu mudahnya menjalankan online business. Jangan khawatir, sobat. Sebentar lagi akan dihidangkan dua rahasia besar di balik keberhasilan online business. Sebelum melanjutkan hidangan, silakan disruput dulu wedang jahenya.

Rahasia besar untuk menjalankan bisnis online yang sukses mungkin bisa diringkas dalam tiga kata: trafik, trafik dan trafik.  Banyak orang bersemangat membangun web store yang keren, lengkap dengan displai produk yang jos markojos. Namun mereka lupa: tanpa trafik pengunjung yang memadai, web store itu ibarat rumah megah di tengah kuburan. Sunyi dan senyap.

Dan kabar buruknya adalah ini: membangun trafik pengunjung yang tinggi, alamak, susahnya minta ampun. Blog saya contohnya. Setelah lima tahun berjibaku, tiap minggu tanpa henti update tulisan bagus, toh jumlah pengunjung blog ini hanya 1.400/hari (oke, sudah lumayan tinggi; sebab banyak web store lain yang pengunjungnya cuma 100-an/hari. Namun target saya sebenarnya 10 ribu visitor/hari. Sebab, kalau target ini tercapai, saya bisa segera menjadi jutawan I am not joking.

DUA CARA

Ada dua cara untuk mendongrak trafik pengunjung:

Pertama, cara alamiah yakni, menarik pengunjung dengan konten informasi melimpah.

Jadi kuncinya: konten. Update konten dengan tekun. Update juga dengan beragam informasi yang amazing.

Mudah-mudahan dengan begitu akan ada banyak yang nge-link ke web kita, dan Google akan makin baik hati dengan isi/konten web kita yang melimpah. Selanjutnya, ribuan pengunjung akan dengan mudah menclok ke web store kita. Namun, cara alamiah ini sungguh butuh nafas yang panjang. Endurance. Dan kesabaran. Jadi, ndak ada yang instan. Kuncinya, great contents will generate great visitors.

Kedua, melalui iklan. Memasang iklan di Google atau Facebook cukup murah. Hanya Rp 200 per klik. Artinya, setiap ada yang ngeklik iklan kita, kita kena biaya Rp 200 saja. Artinya, kalau kalau kita pengin ada 100 klik atau pengunjung per hari, biayanya: 100 klik x Rp 200 = Rp 20 ribu per hari atau Rp 600 ribu per bulan.

Pengalaman saya, memasang iklan di Google dan FB cukup efektif mendatangkan calon pembeli menurut saya, Google Adword lebih efektif dibanding iklan di FB. Dikombinasikan dengan konten yang teratur, trafik web store kita akan pelan-pelan merayap naik.

Rahasia kedua untuk mendatangkan bisnis online yang sukses adalah ini: high conversion rate. Maksudnya berapa persen jumlah visitor yang menjelma menjadi pembeli. Dari sejumlah data e-commerce, rata-rata conversion rate bisnis online adalah terentang 1% hingga 7%. Makin tinggi tentu makin bagus.

Dari data dan pengalaman yang ada, produk fashion (busana, kaos, rok, baju) atau buku, obat-obatan herbal, cenderung memiliki conversion rate relatif lebih tinggi. Kategori produk yang pas, yang dikombinasikan dengan mutu produk yang bagus, bisa membuat conversion rate yang tinggi.

Selain mutu produk, conversion rate amat dipengaruhi daya persuasi di web store kita. Contohnya, sebuah e-book tentang online marketing yang dijual di sini. Dengan sales letter yang sangat menggugah, produk e-book ini terbukti cukup laris.

Demikianlah, dua faktor kunci yang akan menentukan keberhasilan sebuah bisnis online. Yang pertama, trafik pengunjung. Dan yang kedua: high conversion rate. Kalau saja kita mampu meracik dua rahasia ini dengan benar, kita bisa menikmati limpahan profit bisnis online yang melimpah.

Dan tentu saja sambil ditemani secangkir wedang jahe yang rasanya mak nyus. Dan tentu saja, sambil duduk leyeh-leyeh di balebale belakang rumah. Ah, betapa nikmatnya hidup ini.

*Yodhia Antariksa adalah blogger yang mengelola blog http://strategimanajemen.net/. Ia founder dan chief executive officer (CEO) PT. Manajemen Kinerja Utama, sebuah firma konsultan yang bergerak dalam bidang corporate performance management. Yodhia terlibat dalam pengembangan sistem manajemen kinerja untuk beragam klien, baik untuk perusahaan swasta nasional, BUMN, multi national companies ataupun government organizations. Yodhia meraih master of science in HR management di Texas A&M University (USA) atas beasiswa dari Fulbright Scholarship. Pendidikan S-1 di bidang manajemen diselesaikannya di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Anda dapat mengkontak Yodhia melalui:
[email protected]

atau menghubunginya melalui

handphone 0817 482 3235.

Sumber: Majalah Pengusaha Muslim Cetak