Essential Pim: Kelola Informasi Pribadi Anda Dengan Mudah Dan Menyenangkan

Apakah Anda sering kerepotan mengelola data personal seperti nomor kontak, username &  password, to do list, kalendar, dan catatan-catatan lainnya secara digital? Bila Anda menjawab ya, maka Anda beruntung karena saat ini sudah disediakan software keren, Essential PIM namanya. Sebuah aplikasi gratis buah karya Astonsoft, Ltd., dari Inggris.

Apa itu Essential PIM?

Berdasarkan informasi yang tercantum di halaman “help“, Essential PIM adalah sebuah aplikasi pengelola informasi personal yang bisa digunakan untuk menyimpan, mengelola, sekaligus menyandi data: agenda kegitan, to do list, catatan (lengkap dengan gambar, tabel, dan teks yang kaya format), password, email, dan daftar kontak. Lengkap sekali bukan? Yup, kalau Anda cermati, Essential PIM laksana obat herbal yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit sekaligus. Fantastis.

Sewaktu menemukan aplikasi ini, sebenarnya saya hanya menginginkan sebuah aplikasi untuk mencatat dan menyimpan hal-hal yang akan dan harus saya kerjakan (baca: to do list). Tapi saya terkejut manakala melihat kelengkapan yang ditawarkan oleh aplikasi gratisan satu ini. Calendar, To do, Notes, Contacts, Passwords, Mail adalah enam fitur Essential PIM yang sangat menarik untuk dibahas di sini. Saya berasumsi bahwa semakin sibuk seorang pengusaha muslim, maka aplikasi seperti Essential PIM akan semakin berarti. Insyaallah.

Calendar

Fitur ini menyuguhkan tampilan kalender yang bisa dilihat berdasarkan hari (day), minggu (week), bulan (month), dan tahun (year). Melalui fitur ini, Essential PIM juga memungkinkan kita untuk memasukkan agenda kerja hanya dengan mengklik dua kali pada tanggal yang kita inginkan. Tidak hanya sekadar pengingat, aplikasi dengan antarmuka yang sangat cantik ini juga menyediakan reminder yang bisa bertindak layaknya alarm supaya penggunanya tidak melewatkan agenda yang sudah direncanakannya.

To do

Aha, inilah alasan utama saya mencari aplikasi ini. Sebagai seorang CPNS Pemkab yang juga berstatus sebagai penulis lepas di Pengusaha Muslim dan pedagang kaos online, saya merasa membutuhkan aplikasi yang memudahkan saya untuk menuliskan semua hal yang harus saya kerjakan. Membuat skrip SQL, mencari aplikasi yang dibutuhkan kantor saya, menuangkan ide-ide untuk tulisan saya di Pengusaha Muslim, sampai mencatat konsep desain kaos berikutnya adalah beberapa hal yang sering jadi to do list saya. Awalnya saya hanya mempercayakan tugas ini kepada aplikasi Notepad++, tapi lama kelamaan saya jadi sadar bahwa semua to do yang saya simpan di notepad biasanya sangat susah diorganisasi. Sekali terhapus, maka hilang selamanya.

Dengan fitur to do yang ada di Essential PIM, alhamdulillah keinginan saya bisa terpenuhi. Di aplikasi ini, to do tidak hanya sekadar tulisan satu baris, tapi juga laksana objek yang bisa kita bubuhi beberapa predikat sekaligus seperti level prioritasnya (highest to lowest), level of completion (0% – 100%), Category (Business, Personal, dll), lokasi pengerjaannya, sampai ke fungsi pengingat alias alarm. Mantap!

Notes

Dalam bahasa Indonesia, Notes berarti catatan-catatan. Anda mungkin akan bertanya, apa sih beda Notes dengan To do? Well, this is easy. To do adalah daftar tugas-tugas yang akan Anda kerjakan sementara Notes bisa Anda gunakan untuk membuat catatan atas kejadian-kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi. Salah satu fungsi Notes lain adalah sebagai medium untuk menuliskan konsep atau ide-ide yang ada di kepala Anda secara kompherehensif.

Dengan to do, biasanya Anda hanya menuliskan beberapa baris kata saja, sementara dengan Notes, Anda bisa menuliskan ribuan kata lengkap dengan fitur rich text formatting seperti yang biasa Anda temui di Microsoft Word. Oh ya, kalau Anda butuh tabel di dalam catatan Anda, Essential PIM juga sudah menyertakannya. Awesome!

Contacts

Sebagai pengusaha, sepertinya Anda punya banyak kenalan atau relasi. Dan setiap relasi pasti memiliki nomor kontak atau alamat email yang bisa dihubungi bukan? Jika ya, maka fitur Contacts adalah apa yang Anda cari. Tapi tunggu dulu, bukankah semua kontak relasi saya sebaiknya tersimpan di dalam handphone saja ketimbang aplikasi ini? Anda benar. Saya sendiri menyarankan seperti itu. Tapi itu kalau ponsel Anda memiliki kapasitas kontak yang besar. Tapi kalau terbatas, maka simpan saja kontak relasi terpenting Anda di dalam ponsel sementara yang tidak terlalu penting bisa Anda simpan di dalam aplikasi ini.

Passwords

Apakah Anda sering mendaftar (register) di layanan-layanan gratisan yang ada di internet? Jika memang benar begitu, maka sepertinya Anda butuh banyak password mumpuni yang bisa menyulitkan para cracker untuk memecahkannya. Kalau Anda jeli, sebenarnya Anda bisa membuat sendiri, tapi kalau Anda kesulitan, maka serahkan saja tugas ini kepada fitur Password milik Essential PIM. Salah satu contoh sandi yang dibuat secara otomatis (generate) oleh fitur ini adalah 1+GXogbs30851\:  sangat mudah untuk dipecahkan bukan?

Sandi yang dihasilkan dengan bantuan fitur password generator biasanya lebih unggul dari segi keamanan. Hal ini dikarenakan kompleksitas dan kerumitan sandi itu sendiri. Tapi sayang, dari sisi kemudahan penggunaan, menggunakan sandi seperti 1+1=DuaSaja sepertinya lebih sedap untuk dipandang dan diingat. Untuk soal ini, Anda sendiri yang akan memutuskan.

Mail

Apakah Anda mencari alternatif Microsoft Office Outlook yang seksi nan populer namun berbayar itu? Bila ya, maka Essential PIM adalah aplikasi yang bagus untuk dicoba selain Mozilla Thunderbird. Selama akun email Anda memiliki fitur POP3 dan SMPT, Anda bisa langsung mencoba aplikasi ini hanya dengan memasukkan nama akun beserta sandinya.

Penutup

Ok, that’s the wrap up. Tidak semua pengusaha muslim mungkin cocok dengan aplikasi seperti Essential PIM. Tapi sebelum memberikan justifikasi, alangkah baiknya Anda mencoba aplikasi ini. Selain ukurannya yang kecil, sekitar 7 MB, Astonsoft juga menyediakan aplikasi ini secara gratis. Selamat mengorganisasi diri.

Dapatkan Segera Majalah Pengusaha Muslim
Edisi Cetak
Edisi Digital