Studi Banding Ke Mit Opencourseware: Sloan School Of Management

 

Setelah melalui beberapa hari dengan artikel tips dan trik, kali ini saya ingin mengajak pembaca untuk studi banding lagi. Masih ke Amerika Serikat, tepatnya di Massachusetts Institute of Technology. Di sana kita hendak melihat-lihat salah satu produk MIT yang bisa dinikmati oleh pengguna internet seluruh dunia, MIT OpenCourseWare (OCW). 

Apa itu MIT OpenCourseWare?

MIT OpenCourseWare adalah sebuah situs yang berisi ribuan materi perkuliahan dari 33 disiplin ilmu yang diselenggarakan oleh MIT, salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Situs yang dikembangkan sejak tahun 1999 ini merupakan sebuah upaya dari MIT untuk memanfaatkan internet demi menggapai misinya, yakni “to advance knowledge and educate students”. Di dalam MIT OCW, para pengunjung bisa melihat, membaca, dan mengunduh semua materi yang disediakan oleh MIT, baik itu berupa catatan perkuliahan (lecture notes), soal-soal latihan (exams), maupun video. Semua hal tadi bisa dilakukan oleh para pengunjung tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda tinggal datang, unduh materinya, lalu silahkan belajar sendiri atau bersama teman. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa sebanyak apapun materi atau soal-soal latihan yang sudah Anda pelajari atau selesaikan, itu semua tidak akan menjadikan Anda seorang sarjana lulusan MIT karena sesuai dengan ketentuan yang sudah dicantumkan bahwa MIT OCW adalah tempat belajar, bukan mencari gelar.

Materi Perkuliahan

Sesuai dengan janjinya, MIT OCW memang benar-benar seperti “surga dunia” untuk para pembelajar independen. Betapa tidak, hampir semua – kalaulah tidak semuanya – materi yang diajarkan oleh dosen-dosen atau profesor di MIT semuanya diterbitkan di situs ini. For free! Dahulu, sewaktu saya masih kuliah di program studi Ilmu Komputer UGM, saya termasuk mahasiswa yang sangat sering mengunduh materi-materi perkuliahan di MIT sebagai penambah wawasan. Di antara materi yang pernah saya unduh dan terasa berkesan adalah Introduction to Computer Science and Programming. Terkadang, untuk memenuhi hasrat bernostalgia dengan masa-masa kuliah, saya sering mengunjungi situs ini. Bukan hanya untuk belajar, tapi juga untuk mengingat-ingat suasana beranda di Balairung Kantor Pusat UGM yang rindang dan rimbun itu. Subhanallah, I’m speechless.

MIT OCW untuk Para Pengusaha Muslim

Berhubung saya menulis untuk pengusahamuslim.com, saya tertarik untuk menyodorkan sebuah kursus (baca: course) yang mungkin bisa sangat bermanfaat untuk menambah wawasan semua pembaca di sini yang kemungkinan besar adalah pengusaha atau masih berstatus sebagai calon pengusaha. Kursus yang saya maksud adalah MIT Sloan School of Management

Di halaman MIT OCW-nya, salah satu sekolah bisnis terkemuka di dunia ini menyuguhkan materi-materi perkuliahannya untuk dua jenjang mahasiswa sekaligus; undergraduate (sarjana) dan graduate (pascasarjana). Untuk mereka yang masih sarjana, ada beberapa kuliah bagus yang mungkin bisa menjadi wawasan baru bara para pembaca situs ini; Introduction to Financial and Managerial Accounting, Practical Information Technology Management, Integrating eSystems & Global Information Systems, Law for the Entrepreneur and Manager, Patents, Copyrights, and the Law of Intellectual Property, hingga tentang Operations Management. 

Sementara untuk para mahasiswa pascasarjana atau para pengusaha yang sudah meraih gelar sarjana dan merasa bosan dengan kurikulum anak-anak level sarjana, materi kuliah yang ada di Sloan School of Management juga tidak kalah bagus dan menantang. Tidak percaya? Coba cek beberapa materi ini: Economic Analysis for Business Decisions, Applied Macro- and International Economics, Global Climate Change: Economics, Science, and Policy, Game Theory for Managers, Data Mining, Queues: Theory and Applications, Logistical and Transportation Planning Methods, Global Strategy and Organization, Digital Anthropology, Practical Leadership, Leadership Tools and Teams: A Product Development Lab, dan Practice of Finance: Advanced Corporate Risk Management. 

Manfaat MIT OCW untuk para pengusaha muslim

Oke, kita semua sudah tahu tentang MIT OCW dan semua materi-materi kerennya. Tapi bagaimana cara pengusaha muslim seperti Anda mengambil manfaat dari ilmu-ilmu yang dibanderol Rp 0,- ini? Saya punya beberapa ide tentang itu dan saya harap Anda semua setuju. (1) Belajarlah dari materi-materi spesifik yang langsung berhubungan dengan permasalahan yang sedang Anda hadapi saat ini, dan (2) Distribusikan kewajiban untuk mempelajari matei-materi kuliah di MIT OCW kepada anak buah Anda. 

Untuk poin pertama, saya akan langsung beri contoh saja. Bila Anda adalah seorang pengusaha yang ingin tahu bagaimana cara menaikkan atau menurunkan harga barang, maka materi kuliah yang paling bagus untuk dibaca adalah tentang pricing. Well, ini kabar bagusnya. Materi itu sudah tersedia kok: Pricing! Sementara untuk poin nomor dua, alih-alih belajar sendiri, Anda selaku bos bisa meminta para bawahan Anda untuk mempertajam otak sekaligus pemikiran mereka melalui kuliah-kuliah tersebut. Tentunya berdasarkan latar belakang pendidikan dan job desk masing-masing. Misalnya begini, seorang pegawai yang bertugas menjadi CS alias customer relationship mungkin sangat pas bila diberi amanah untuk mempelajari materi kuliah yang berjudul Listening to the Customer. Di lain pihak, seorang staff IT di perusahaan Anda mungkin akan sangat tertantang untuk mengunyah ilmu yang ada di perkuliahan Integrating eSystems & Global Information Systems atau Practical Information Technology Management. Kemudian untuk staff Anda yang berkutat dengan keuangan, bujuk mereka untuk memperkuat intelektualitasnya dengan membaca materi tentang Finance Theory II, Investments atau Introduction to Financial and Managerial Accounting. 

Kalau saja sebagai bos Anda mampu melakukannya, tidak hanya meminta tapi juga mengevaluasi hasil pembelajaran mereka, maka secara tidak langsung Anda sebenarnya sudah berusaha untuk menciptakan staf-staf dengan kaliber MIT di kepala masing-masing. Dan ini akan menghasilkan sesuatu yang lebih bagus bila Anda sendiri selaku bos juga melakukan hal yang sama; belajar lagi di MIT OCW! Gratis kok bos ….

Semoga bermanfaat. Insyaallah.