Bahasa Dictionary: Kamus Dual Language Gratis Dan Ringan Di Android

Apakah Anda perlu kamus? Ya. Serius? Apakah Anda memakai ponsel Android? Ya. Oke deh, kalau begitu aplikasi yang akan saya bahas kali ini mungkin bisa membantu Anda yang menjawab “Ya” untuk dua pertanyaan di atas. Insyaallah. 

Salah satu teman senior saya di Bidang Akuntansi Dinas PPKAD Pemkab Gorontalo, terkadang bertanya kepada saya tentang arti dari satu-dua kata di dalam Bahasa Inggris. Suatu kali teman ini pernah menanyakan arti kata “Get Support” kepada saya. Kali lain pernah juga satu kalimat penuh yang sulit untuk saya ingat tepatnya. Sebagai teman, tentu saja saya tidak keberatan untuk memberikan pertolongan. Tapi di sisi lain, sebagai teman yang ingin melihat temannya maju, sebenarnya saya ingin sekali menyodorkan salah satu aplikasi yang mungkin bisa membantu kesulitan kecilnya tadi. Aplikasi ini bernama Bahasa Dictionary. 

Kamus ringan buatan lokal

Bahasa Dictionary adalah sebuah aplikasi kamus khusus Android yang ringan sekali. Ukurannya hanya mencapai 890 Kb. Tidak heran, dengan ukuran sekecil ini, aplikasi yang dikembangkan oleh GITS ini akan terasa cepat sekali bila dibuka dan dioperasikan. Termasuk untuk ponsel Nexian Journey yang saya pakai sampai hari ini, sebuah ponsel kelas menengah ke bawah dengan harga di bawah 1 juta dan berspesifikasi hardware agak miring (baca: miring ke bawah maksudnya). 

Meskipun Bahasa Dictionary berukuran kecil, tapi itu bukan berarti kemampuannya bernasib sama. Berdasarkan penilaian saya, aplikasi ini sudah memenuhi kualifikasi “bagus”. Khususnya bila dilihat dari segi fitur, fungsi dan antarmukanya. 

Fitur dan fungsi

Salah satu atau mungkin satu-satunya fungsi yang menonjol di Bahasa Dictionary adalah adanya ketersediaan dua versi kamus sekaligus; Indonesia-Inggris (ID-EN) dan Inggris-Indonesia (EN-ID). Dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu apa kegunaan fitur ini; modus Indonesia-Inggris (ID-EN) akan Anda gunakan ketika Anda hendak mengetahui bahasa inggris dari kata “rumah”. Sementara di modus Inggris-Indonesia (EN-ID) sebaliknya, Anda ingin tahu bahasa Indonesia untuk kata “house”.

Selain fitur “dual language availability” ini, Bahasa Dictionary juga menawarkan fitur “instant search”. Itu lho, fasilitas laiknya “suggested search” yang diberikan oleh Google maupun Yahoo. Jadi saat Anda mengetikkan kata “how to” di dalam kotak pencarian Googla atau Yahoo, kedua mesin pencari ini biasanya akan memberikan saran dari kata kunci yang Anda ketikkan tersebut. Misalnya saja, “How to delete your facebook account” atau “how to make money with blog”, dan seterusnya. Di aplikasi ini, saat saya mengetikkan kata “go”, seketika akan tampil daftar semua kata yang dimulai dengan “go”. Misalnya “gobang”, “golongan”, “goca”, “gocek”, dan seterusnya. 

Anda mungkin akan heran, “kenapa kata-kata yang ditampilkan semuanya berbau Indonesia?”. Maklum, karena saat saya mengetikkan “go”, modus kamus yang sedang saya pilih adalah Indonesia-Inggris (ID-EN). Kalau modus lainnya yang saya cek, mungkin Anda semua sudah tahu kata-kata apa yang akan muncul. Betul tidak?

Antarmuka

Apa yang kita butuhkan dari sebuah aplikasi kamus? Kemudahan penggunaan. Yup, tepat sekali. Apapun jenis aplikasinya, saya rasa semua orang menginginkan sebuah aplikasi yang bisa mudah digunakan dan tidak menimbulkan banyak interpretasi. Dan aplikasi ini sepertinya dibangun dengan pemikiran sederhana tadi. Tanpa banyak asesoris atau pernak-pernik, Bahasa Dictionary tampil laiknya mesin pencari Google dengan field yang berfungsi untuk mengetikkan kata yang hendak dicari artinya plus sebuah tombol dengan tulisan “Translate” yang saya rasa mudah sekali ditebak apa fungsinya; untuk mengeksekusi penerjemahan sebuah kata tentunya. 

Penutup

And that’s it. Benar-benar sederhana bukan? Aplikasi kecil nan gratis dengan manfaat besar yang sebanding dengan kamus versi cetak seharga 50an ribu ke atas. Plus bisa dibawa kemana-mana sesuka Anda. Tidak seperti kamus pada umumnya bukan? Aplikasi ini sebenarnya sangat cocok untuk diinstal oleh orang-orang seperti teman saya ini di ponselnya. Tapi apa daya, beliau sudah memutuskan untuk membeli Blackberry ketimbang Android. Jadi apa boleh buat. Meskipun saya tahu ada aplikasi kamus di Blackberry App World, namun saya belum tentu bisa membahasnya di sini berhubung saya tidak memiliki ponsel yang sama sampai saat tulisan ini dibuat. Sad to know it. But it’s okay. Thanks.