Hybrid Stopwatch: Timer Dan Stopwatch Futuristik Di Android

Wow, another android app! Apakah aplikasi ini ada gunanya? Tentu saja. Bila Anda adalah pengusaha muslim di bidang katering, Anda bisa menggunakannya saat sedang di dapur. Sementara Anda yang bergerak di bidang lainnya mungkin bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendampingi Anda di kala lari pagi atau jalan sehat bersama keluarga. Apa nama aplikasi ini? Hybrid Stopwatch. 

Sesuai dengan namanya, Hybrid Stopwatch adalah sebuah aplikasi stopwatch yang bisa berfungsi ganda. Pertama sebagai Stopwatch yang bisa menghitung jumlah waktu yang sudah Anda habiskan untuk suatu keperluan atau sebagai Count Down Timer alias untuk menghitung mundur habisnya waktu dari suatu kegiatan yang temponya sudah Anda tentukan. Apakah Anda bingung? Tenang saja, saya akan berusaha menjelaskannya dengan contoh kasus karena saya pun sempat bingung ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini. Apa sih gunanya punya stopwatch dan count down timer di ponsel?

Stopwatch

Bagi Anda para pengusaha muslim yang sering berolahraga, saya rasa Anda pasti tahu apa manfaat stopwatch. Dengan bantuan stopwatch, kita bisa menghitung berapa menit kita mampu berlari mengelilingi satu lapangan sepak bola yang ada di alun-alun kidul atau utara. Atau berapa lama kita bisa berenang dari satu titik ke titik lainnya di kolam renang lumban tirta yang ada di kota kelahiran saya, Palembang. Itulah manfaat stopwatch. 

Tapi Hybrid stopwatch memang beda. Setidaknya sedikit berbeda menurut saya dibanding dengan stopwatch yang disediakan oleh ponsel klasik atau jam tangan G-Shock Anda. Sebagai sebuah aplikasi stopwatch, Hybrid mampu menyuguhkan sebuah interface atau antarmuka yang luar biasa. Bentuknya sekilas seperti kompas atau jarum jam tangan klasik yang biasa dipakai oleh Sherlock Holmes atau sejenisnya. Tapi Hybrid lebih unggul karena theme atau warnanya bisa diubah-ubah sesuai dengan kesukaan kita. Saya sendiri senang dengan warna biru. Kalau Anda tidak suka biru, ada warna hijau, orange, dan merah muda. It’s up to you. 

Di samping tampilan, Hybrid juga memiliki kelengkapan yang menawan dari segi fitur. Misalnya saja ketersediaan milidetik yang bersifat opsional (bisa dinonaktifkan bila Anda tidak suka), Lap (digunakan untuk menandai waktu yang Anda habiskan per sekali putaran lapangan sepak bola namun di saat yang sama Anda belum mau mengakhiri lari pagi Anda), Lap list (daftar waktu catatan Lap Anda), Send Laps (untuk mengirimkan catatan Lap Anda ke email atau SDCard), dan seterusnya.

Timer

Setelah stopwatch, manfaat lain Hybrid Stopwatch adalah sebagai timer. Awalnya saya juga bingung, “apa manfaat timer atau count down timer bagi para pengusaha muslim ya?” Bukankah kita semua bukanlah teroris yang ingin meledakkan sesuatu? Lalu apa manfaatnya fungsi satu ini? Setelah lama bingung, akhirnya pahamlah saya bahwa timer sebenarnya lebih dibutuhkan oleh para pengusaha muslim yang memiliki usaha di bidang restoran atau rumah makan. Bayangkan saat memasak, bukankah ada beberapa masakan yang waktu memasaknya memang sudah ditentukan dari awal. Misalkan saja untuk membuat kari ayam yang enak, kita perlu memasak kuahnya selama 30 menit, bila kurang dari itu rasanya kurang nendang, tapi kalau kelamaan rasanya sudah tidak nonjok. Nah, di situasi seperti inilah para pengusaha muslim atau muslimah membutuhkan timer. Dan Hybrid Stopwatch sepertinya aplikasi yang sangat pantas untuk membantu Anda menyelesaikan tugas di atas.

Untuk memanfaatkan timer di Hybrid stopwatch caranya sangat mudah. Anda tentukan saja berapa lama waktu yang hendak Anda butuhkan untuk mengerjakan sesuatu. Bila 30 menit, maka Anda hanya perlu membiarkan panel “Hours” terisi dengan angka “0”, kemudian ketikkan angka “30” di panel “Minutes” dan biarkan angka 0 itu tetap di panel Seconds. And that’s it. There you go. Hybrid akan bergerak melawan jarum jam seketika tombol set dan start sudah ditekan. Bagaimana dengan bunyinya? Suara apa yang akan keluar manakalah waktu 30 menit sudah terpenuhi? Good news for all the users. Kita semua harus bersyukur karena suara yang akan dikeluarkan oleh Hybrid stopwatch juga bersifat opsional. Jadi para pengguna bisa memilih suara alarm dari ringtones yang tersedia di ponselnya masing-masing. Keren bukan? 

Top markotop. Silahkan dicoba sendiri aplikasi maknyus ini. Gratis di Google Play: Hybrid Stopwatch!