Statmyweb.com, Cara Mudah Mencek Data Situs Di Internet

Statmyweb adalah berkah bagi kita yang membutuhkan data teknis tentang suatu situs. Selain gratis dan mudah dipakai, layanan ini juga terbukti mampu menyediakan data yang akurat serta menarik untuk dilihat.

Ketika jatuh cinta kepada seorang gadis, biasanya kita cenderung ingin tahu lebih banyak tentang sang pujaan hati: siapa nama lengkapnya, alamatnya di mana, kuliah atau bekerja di mana, tanggal dan tempat lahirnya, nomor hapenya, dan seterusnya. Hal yang sama juga terjadi ketika kita jatuh cinta dengan situs di internet.

Data seputar situs tersebut seperti di mana lokasi servernya, kapan mulai online, berapa kisaran jumlah pengunjungnya, sampai ke peta demografis keadaan pengunjungnya adalah fakta yang ingin kita ketahui tentunya. Untuk jatuh cinta yang pertama, mungkin taa’ruf adalah jalan keluarnya. Tapi untuk jatuh cinta yang berikutnya, Statmyweb adalah alatnya. Dan kita akan membahas soal alat untuk jatuh cinta yang kedua ini. 

Di internet, salah satu situs yang paling saya cintai adalah www.pengusahamuslim.com. Yups, saudara kandungnya majalah yang sedang Anda baca ini, Majalah Pengusaha Muslim. Untuk soal cinta yang satu ini, tentu saja saya tidak perlu berbohong lagi karena di situs inilah saya bisa menimba iman, ilmu, amal juga rupiah. 

Dari situs ini, saya merasa bisa menimba iman beserta ilmu dari tulisan-tulisan para kontributornya yang banyak mengabarkan soal tauhid, akhlak, fikih, sekaligus strategi bisnis yang sesuai syariah. Selain itu, saya juga merasa bisa memetik amal kebaikan manakala ada pembaca yang merasa terinspirasi, terbantu, atau terhibur dengan hasil karya saya. Terakhir, saya tidak bisa menolak rupiah sebagai imbalan menulis yang diberikan oleh pemberi amanah yang berdomisili di Yogyakarta tercinta. Believe me, those are sweet.

Karena saya jatuh cinta, seperti yang sudah saya paparkan, entah kenapa saya jadi terdorong untuk tahu lebih banyak tentang situs ini. Pertanyaan-pertanyaan seperti di mana lokasi penyedia hosting dan servernya, peringkatnya di Alexa, level pagerank-nya, sampai ke berapa rata-rata pengunjungnya. Untuk beberapa pertanyaan tadi, sebenarnya saya bisa saja langsung bertanya kepada admin situs di Yogyakarta via e-mail atau pesan di Facebook. Tapi untuk beberapa pertanyaan lain sejenis tampaknya akan sangat sepele dan mengganggu bila harus ditanyakan terus-menerus. 

Statmyweb, Solusinya

Alhamdulillah wa syukurillah, Allah sepertinya sudah menyediakan solusi untuk kita yang memendam perasaan cinta dan haus akan data teknis suatu situs. Solusi ini berbentuk sebuah layanan di internet yang dibuat oleh dua orang India, Amit Sharma dan Tanuj Moorjani. Nama layanan itu, Statmyweb, sangat sederhana, sesederhana cara menggunakannya. 

Untuk menggunakan layanan ini, kita hanya perlu memasukkan url situs yang kita cintai tersebut ke dalam field dengan teks “evaluate your website” yang ada di bagian atas kanan. Karena saya mencintai www.pengusahamuslim.com, saya akan memasukkan nama domain ini ke dalam field tersebut. Kemudian untuk menampilkan data yang saya inginkan, saya hanya perlu menekan tombol “Enter” di keyboard laptop atau mengklik tombol “Search” di sebelah kanan field itu. That’s it. Sangat mudah bukan? It’s just that easy!

Then You Got The Data …

Sehabis tombol “Enter” di klik, statmyweb akan memberi kita data segar tentang situs yang kita inginkan. Dari pengecekan di TKP, setidaknya ada 16 panel data yang siap kita nikmati saat itu juga. Beberapa panel data yang menarik untuk disimak antara lain Overview of (situs yang kita cek), Alexa traffic analysis, Daily visitors country map analysis, Domain name analysis, server location map, directory listing analysis, dan keywords ranking at good position on Google Analysis. Mengingat keterbatasan tempat, panel data yang akan saya bahas sedikit adalah Overview of …

Overview of (namasitus.com)

Di panel ini, Statmyweb memberikan data singkat nan padat terkait situs seperti Site Title, Alexa Rank, Favicon, Pagerank, sampai ke informasi seputar Load Time. Supaya Anda bisa lebih percaya, berikut saya tampilkan screen shoot hasil pengecekan terhadap situs www.pengusahamuslim.com.

statmyweb untuk mengecek website

Tapi Kita Tetap Harus Hati-hati

Suka atau tidak suka, kumpulan datum di atas memang sangat menarik untuk dijadikan sumber informasi yang bisa kita gunakan untuk menilai suatu situs. Tapi walau bagaimanapun juga kita harus tetap waspada karena tidak semua datum layak dipercaya. Salah satunya adalah terkait penghasilan harian situs dan nilai valuasinya. Berdasarkan pengusutan, ternyata nilai dari dua data ini hanya diambil berdasarkan penghitungan terhadap jumlah banner iklan yang ada di situs plus peringkatnya di Alexa dan Google. Bukan dari performa riil situs itu sendiri di dunia nyata. 

Statmyweb adalah berkah tersendiri untuk kita yang membutuhkan data teknis tentang suatu situs. Selain gratis dan mudah dipakai, layanan ini juga terbukti mampu menyediakan data yang akurat serta menarik untuk dilihat. Meskipun begitu, kita juga harus ingat bahwa tidak semua data bernilai “fakta” karena beberapa di antaranya sebenarnya hanyalah hitung-hitungan berdasarkan parameter tertentu yang terkadang tidak terkait langsung dengan keadaan riil situs di dunia nyata.

Anyway, selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat. Amin ya rabbal ‘alamin. [Wim/PM]

Sumber: Majalah Cetak Pengusaha Muslim