5 Alasan Anda Sebaiknya Jadi Anggota Milis Pengusaha Muslim (selesai)

Setelah empat tulisan sebelumnya (1), (2), (3), dan (4), sekarang waktunya saya menyajikan manfaat pamungkas – setidaknya untuk saya sendiri – dalam serial “5 Alasan Anda Harus Bergabung dengan Milis Pengusaha Muslim“. Manfaat kali ini merupakan manfaat yang saya anggap sebagai manfaat terbaik dari semua manfaat yang pernah saya tuliskan sebelumnya. Jadi saya harap Anda tidak segan-segan meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Manfaat apakah itu?

Membangun keluarga

Inilah manfaat itu. Membangun keluarga. Keluarga yang saya dimaksud di sini adalah keluarga beneran alias keluarga yang bersaudara dan saling tolong-menolong, tidak hanya di dunia maya tetapi juga dunia nyata. Sebuah persaudaraan yang tidak hanya sebatas komunikasi via tools macam Yahoo Messenger, BBM (Blackberry Messenger), Skype, WhatsApp, atau email semata. Tetapi sebuah persaudaraan dengan komunikasi nyata yang menghubungkan semua anggotanya ke dalam paguyuban-paguyuban kecil yang dibangun berdasarkan domisili para anggota sendiri. Sebuah hubungan di mana para anggotanya bersedia untuk kumpul bareng, solat bareng, makan dan minum bareng, bahkan tidur bareng. Saya serius. Ini adalah hubungan persaudaraan dalam arti sebenarnya, dengan nama asli, bukan nick name atau nama asal seperti yang ada di forum anonymous atau akun jejaring sosial kita. Real friendship. Real Business. True family.

Oleh karena itulah, sampai saat tulisan ini dibuat, mungkin sudah banyak cabang-cabang KPMI yang pendirinya sebenarnya tidak lain dan tidak bukan adalah anggota-anggota reguler milis PM sendiri. Saya belum punya daftar lengkap cabang-cabang KPMI ini, tapi saya berasumsi kalau jumlahnya lebih banyak berada di seputaran pulau jawa dibanding pulau lainnya. 

Keuntungan memiliki keluarga dari jalur milis PM

Bila di kota Anda sudah ada cabang KPMI, yang sudah diurus dan diorganisasi dengan benar tentunya, maka Anda bisa langsung mengambil manfaat dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakannya. Event-event seperti workshop pembuatan toko online, workshop penulisan proposal bisnis, workshop SEO atau search engine optimization adalah beberapa contoh kegiatan yang sering diselenggarakan oleh motor-motor penggerak cabang KPMI di kota masing-masing. Dan dari pertemuan “beneran” seperti inilah persaudaraan sejati bisa dipicu dan ditumbuhkan. 

Dengan “kopi darat” bermanfaat seperti di atas, kemungkinan kelanjutan komunikasi akan semakin besar mengingat setiap anggota milis PM sepertinya sudah ditakdirkan untuk menggapai cita-cita yang sama: menjadi pengusaha sukses! Meski dengan cara dan gaya yang tidak mungkin sama tentunya. Sewaktu membaca postingan saudara-saudara kita yang ada di milis, mungkin kita hanya bisa membayangkan saja. Tapi dengan pertemuan secara langsung, ceritanya akan berbeda. Anggota-anggota yang sebelumnya hanya bisa membayangkan dan mendoakan, mungkin jadi tergerak untuk memberikan uluran tangan secara langsung bila si objek penderita berada tepat di hadapannya. Sontak, ilusi bisa langsung menjadi empati dan empati akan melahirkan aksi: tolong yang kesulitan!

Meet the expert

Selain bisa menjadi ajang tatap muka antara mereka yang sudah sukses dengan yang belum, acara-acara yang mengharuskan tatap muka juga akan memberikan kesempatan kepada para anggota milis PM agar bisa melihat langsung dari dekat sosok yang sering menjawab pertanyaan-pertanyaannya di dalam milis. Dengan kata lain, inilah waktu yang tepat bagi jamaah milis untuk mengubah hubungan fans-idola menjadi murid-guru. Melalui tatap muka langsung, para anggota milis berpeluang untuk menjadikan sang pakar menjadi teman, sahabat, sekaligus keluarganya. Bukankah kita akan senang bila berkeluarga dengan para pakar? Kalau butuh jawaban atau solusi, tinggal hubungi saja pakarnya. Ini ide yang bagus bukan?

Sebagai sebuah keluarga, para anggota milis PM yang hendak menyelenggarakan suatu event pun biasanya akan mendapatkan keuntungan dari stok “pakar” yang ada di milis PM atau KPMI. Kalau hendak menyelenggarakan seminar tentang online marketing, berarti yang akan diundang adalah “bapak ini”; kalau talk show tentang human resource management berarti yang diundang “bapak itu”; kalau tentang bisnis ekspor impor, berarti “bapak ini”, kalau soal ekonomi syariah berarti “ustad itu”, dan seterusnya. Lalu bagaimana kalau menurut Anda para pakar yang ada di KPMI sekarang sepertinya belum pas untuk ditampilkan di event yang akan Anda selenggarakan? Jawabannya gampang: langsung tanya saja di milis. Siapa tahu di antara anggota milis PM ada yang punya kontak dengan pakar di bidang yang sedang Anda butuhkan. Sedap bukan? Pas Anda butuh, Anda tinggal bertanya kepada milis yang kemungkinan besar memiliki jawaban dari pertanyaan tersebut. 

Memperbanyak relasi dan memperpanjang jaringan

Di dalam bisnis, salah satu faktor terpenting adalah jumlah relasi dan komposisi jaringan. Bahkan, ada beberapa pengusaha yang kesuksesannya sepertinya lebih ditentukan oleh faktor relasi ketimbang faktor lainnya. Salah satu contohnya adalah para kontraktor yang sering ikut tender proyek-proyek yang didanai oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. Tidak jarang, diterima atau tidaknya sebuah perusahaan oleh pemilik proyek lebih ditentukan oleh kedekatan sang kontraktor dengan pemegang dana proyek. Dan ini pun bukanlah sebuah kesalahan karena selain profesionalitas, orang pun sering menyertakan faktor hubungan pertemanan dan kepercayaan dalam bisnisnya. 

Lalu apa hubungannya dengan milis PM? Hei, siapa tahu ada di antara mereka yang memiliki saluran khusus ke pemegang atau penanggung jawab dana proyek. Bukankah Anda bisa mempromosikan keahlian dan atau produk buatan perusahaan Anda kepada mereka? Jadi sambil menjalin persaudaraan, Anda juga bisa mengambil kesempatan ini untuk mengembangkan pasar bagi produk Anda. Apakah hal ini dilarang? Ya, kalau Anda menyisipkan acara suap-menyuap di dalamnya. Tapi kalau tidak, maka peluang diterimanya mereka yang ahli tapi berkeluarga sebenarnya selalu lebih baik ketimbang mereka yang juga ahli tetapi tidak memiliki teman. 

Penutup 

Tujuan utama tulisan ini adalah untuk memprovokatori semua pembaca setia pengusahamuslim.com supaya mau bergabung dengan milis PM untuk kemudian menjalin persaudaraan secara nyata dengan sesamanya. Segera. Apapun statusnya. Apakah dia hanya seorang mahasiswa ilmu komputer atau seorang juragan jamur di pojok Indonesia sebelah sana. Wallahu’alam. Karena boleh jadi sang juragan jamurnya sedang membutuhkan sistem informasi untuk menginventaris jamur-jamur yang ada di kandangnya. Iya nggak? Simbiosis mutualisme tuh.

Gabung dengan Milis Pengusaha Muslim di Yahoo