Tabs Plus: Organisasi Tab-tab Google Chrome Dengan Satu-dua Sentuhan

Salah satu ekstensi yang saya jamin bisa meningkatkan produktivitas Anda ketika sedang berselancar adalah Tabs Plus. Saya meletakkan kata “jamin” di kalimat tadi karena saya sadar bahwa di era sekarang, biasanya para netter cenderung membuka lebih dari satu tab saat sedang online. Hebat kalau berani bilang tidak. Tab pertama biasanya Anda gunakan untuk membuka facebook, lalu tab berikutnya untuk membuka email Anda di Yahoo atau Gmail, kemudian tab berikutnya untuk membuka situs berita, diikuti satu tab lagi untuk melihat statistik pengunjung toko online Anda, oh ya bukan tidak mungkin pula kalau Anda masih membuka satu tab lagi untuk menonton video yang ada di Youtube. Hayo … Anda mirip-mirip dengan deskripsi di atas bukan? 

Kalau saya sendiri sih memang seperti itu. Dalam satu kesempatan bahkan saya sering membutuhkan belasan tab untuk menampung kepentingan saya ketika online. Sebagai seorang penulis lepas di situs pengusahamuslim.com yang juga sedang belajar berjualan di internet, saya rasa belasan tab tadi bukanlah sebuah tabu yang harus ditutupi, tetapi justru fakta yang mesti diungkap ke sidang pembaca. Untuk tujuan apa? Dicari jalan keluarnya.

Maklum, ketika jendela browser kita terisi dua atau tiga tab saja, mungkin kita tidak akan kebingungan. Tetapi ceritanya akan berubah manakala satu jendela tadi sudah terisi dengan belasan tab seperti cerita di atas. Sebagai pengguna, kita mesti akan merasa kerepotan. Kita akan bingung menavigasi diri kita dari satu tab ke tab lainnya. Shortcut [ctrl] + [tab] yang sudah sangat populer itu memang bisa membantu kita untuk berpindah-pindah dari satu tab ke tab yang lain. Tapi ini pun sangat terbatas dan memiliki kekurangan yang sangat mencolok yakni bersandar pada teknik “cycle” alias berpindah-pindah dengan sistem satu-satu. Dengan kata lain, jari kita perlu mengklik tombol [tab] sebanyak n kali untuk mencapai tab yang kita tuju bila di satu jendela browser yang sedang kita buka terdapat tab sebanyak n. Ribet!

Tabs Plus solusinya

Dan tulisan ini bertujuan untuk menghilangkan keribetan tersebut. Bila Anda adalah seorang netter yang bernasib seperti saya, maka Tabs Plus bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. So what is Tabs Plus? Tabs Plus adalah sebuah add on berukuran kecil yang bisa dipasang oleh para pengguna Chrome secara gratis dan tanpa registrasi. Cara kerja ekstensi yang akan tampil di bagian kanan atas browser ini adalah dengan cara menampilkan semua tab yang sedang Anda buka dalam sebuah tab baru dengan tampilan ala Speed Dial yang ada di browser Opera. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah, para pengguna hanya perlu mengklik icon ekstensi ini dengan mouse. That’s it. Satu klik yang akan mengantarkan Anda ke beberapa fitur keren Tabs Plus sekaligus. Seperti berikut ini:

1. Search

Cari tab yang Anda inginkan diantara sebanyak apapun tab yang sudah terbuka hanya dengan mengetikkan title dari halaman web yang Anda buka. So, misalkan Anda ingin kembali ke tab yang membuka Gmail, maka ketik saja “Gmail” maka semua tab yang ada hubungannya dengan Gmail akan tampil di hadapan Anda, sementara lainnya akan dihilangkan. Dengan cepat tentunya.

2. Bookmark All

Ini dia salah satu fitur yang sangat saya idam-idamkan; Bookmark All. Bila Anda sedang terburu-buru, terkadang melakukan prose bookmarking secara satu per satu terasa sangat menyakitkan. Dan untungnya sang developer dari Tabs Plus menyadarinya. Dengan satu klik pada kata “Bookmark All” maka Tabs Plus langsung memunculkan sebuah jendela untuk memasukkan nama dari proses bookmark yang baru saja Anda lakukan tadi. Jadi bila Anda adalah seorang pengusaha yang sedang mencari inspirasi untuk logo perusahaan Anda, mungkin Anda akan takut kehilangan alamat dari situs-situs yang sudah Anda buka tadi. Nah, dalam situasi seperti inilah fitur Bookmark All bisa dimanfaatkan secara optimal.

Tabs Plus bisa diunduh secara gratis di Google Chrome Web Store. Selamat berselancar …. dengan produktif tentunya. Amin. Insyaallah.