Meningkatkan Konversi Dengan Ekspose Nomor Telepon

Selama beberapa tahun terakhir berkecimpung di dalam dunia pemasaran melalui internet, kebanyakan usaha yang saya jalankan lebih berkecimpung di dalam dunia SEO dan periklanan.  Karena ketentuan dari Allah, lalu setelah itu karena satu dan lain hal, pada awal tahun 2012 ini saya mencoba untuk memperlebar sayap usaha dari sebelumnya berbisnis periklanan menjadi penjual produk. Yang sebelumnya mengandalkan pemasukan dari memajang iklan produk orang lain, sekarang menjadi penjual produk itu sendiri. Dengan mengucap Bismillaah, saya mulai membuka toko herbal alami online di alamat ahliherbal.com pada awal tahun 2012 ini.

Nomor Telepon Mendongkrak Konversi

Ada perbedaan yang agak besar antara berbisnis dengan mengandalkan pemasukan dari iklan dengan berjualan barang. Jika pada bisnis periklanan saya hanya perlu untuk berkomunikasi dengan 1-2 orang saja, berjualan langsung “memaksa” saya untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus dalam satu hari. SMS, email dan bahkan telepon datang ke jalur kontak yang telah disediakan di website tersebut.

Pertanyaannya adalah : tahukah Anda, dari ketiga metode tersebut yang mana yang memberikan tingkat konversi lebih tinggi?

Ya, jawabannya adalah yang menelepon. Persentase penelpon yang jadi membeli cenderung jauh lebih tinggi dibandingkan yang sekedar bertanya lewat SMS atau memesan lewat email. Saya menengarai hal ini dikarenakan orang akan lebih percaya jika mendengar suara dan berbicara langsung dengan penjual, dibandingkan dengan email/SMS semata. Karenanya, Live Call / Telepon adalah salah satu poin yang harus Anda tonjolkan di website toko online Anda.

Ekspose Nomor Telepon Anda

Nah setelah kita tahu bahwa nomor telepon kita adalah salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan kepercayaan para pengunjung kepada kita, maka tentunya kita harus segera memikirkan bagaimana caranya untuk mengekspose nomor telepon kita tersebut.

Saran saya : taruh nomor telepon Anda di bagian sidebar (pinggir) dan paling atas website Anda, dan juga persis setelah gambar thumbnail dari produk yang Anda jual. Contohnya penerapannya bisa Anda lihat di halaman ahliherbal.com/biojanna-super-madu-274.html dan juga di ahliherbal.com/pelangsing-ratu-langsing-herbalindo-kapsul-167.html

Mengapa harus di dua tempat tersebut? Sebab kedua posisi tersebut (di atas sidebar dan persis setelah gambar thumbnail produk) merupakan tempat-tempat yang banyak dilirik oleh para pengunjung website pada umumnya, seperti dapat kita teliti dari heat map dari toko online Walmart menurut arsip Marketing Sherpa (goo.gl/V33iN & goo.gl/Flbof).

Cara Mengekspose Nomor Telepon

Lalu bagaimana untuk membuat nomor telepon Anda muncul di tempat tersebut, seperti dicontohkan pada website yang saya kelola di atas? Jawabannya, tergantung bagaimana cara Anda membuat website tersebut. Di sini saya tidak bisa memberikan instruksi spesifik sebab setiap website bisa sangat berbeda cara implementasinya. Jadi jika Anda bingung, ada baiknya untuk meminta bantuan web designer/programmer Anda, sesegera mungkin.

Akan tetapi bagi Anda yang memakai website berbasis wordpress, seperti yang saya pakai di alamat tersebut, bisa dicoba untuk memakai cara berikut ini :

[1] Untuk Memasang Nomor Telepon di Sidebar

Masuk ke dalam WP-Admin Area, lalu navigasi ke Menu Appearance >> Widget, lalu tambahkan Text Widget di sidebar Anda, lalu masukkan data kontak Anda dan nomor telepon di sana.

[2] Untuk Memasang Nomor Telepon di Bawah Thumbnail Produk

Atau dengan kata lain memasang alamat kontak sebelum deskripsi produk.

Masuk ke dalam WP-Admin Area, lalu navigasi ke Menu Appearance >> Editor, lalu klik file single.php, dan cari baris bertuliskan the_content();.

Setelah Anda menemukan baris tersebut, tambahkan satu baris baru di atas baris tersebut, dan copy text kode dari pastebin.com/Djemye9s ke baris baru tersebut, lalu ganti data telepon, email dan alamat dengan data Anda sendiri. Jika benar, seharusnya tampilan akan muncul mirip dengan yang saya cantumkan di website contoh di atas.

Demikian tips kali ini. Semoga bermanfaaat bagi Anda sekalian.

Haryo P, S. Kom

# Penulis adalah salah seorang praktisi SEO & Toko Online. Anda dapat melihat sebagian kecil tulisannya di www.AhliKompie.com, dan sebagian barang dagangannya di www.AhliHerbal.com.