Do Not Track Plus; Seperti Disconnect.me Tapi Lebih Detil

Belum lama ini, saya pernah mengangkat disconnect.me ke sidang pembaca pengusaha muslim. Sebuah ekstensi untuk Google Chrome yang mampu memberikan perlindungan kepada penggunanya dari oknum pengiklan, mesin pencari atau jejaring sosial yang hendak melacak jejak browsing Anda. Kali ini, saya akan memaparkan ekstensi sejenis. Do not track plus namanya. Sebuah nama yang seharusnya bisa mendefinisikan tujuan utama dari ekstensi satu ini.

Sama seperti disconnect.me yang kecil dan gratis, do not track plus juga dilepas oleh pengembangnya, abine.com dengan dua karakteristik yang sama. Meskipun begitu, ada satu fitur dari do not track plus yang sepertinya tidak dimiliki oleh disconnect.me, yakni kemampuan untuk mengidentifikasi para oknum secara mendetil. Hei, mungkin inilah yang dimaksud dengan “plus” pada nama do not track plus. Mungkin saja. 

Do not track plus vs disconnect.me

Ketika menggunakan disconnect.me, pengguna sangat dimanja dengan cara ekstensi berlogo huruf D ini bekerja. Semua pengguna seolah-olah dipersilahkan untuk berselancar ke situs manapun, soal blokir-memblokir, biar disconnect.me yang tangani. That’s it. Tidak ada yang lain. Untuk melepas modus blokir, pengguna hanya perlu mengklik icon “tersangka” penyusup sebanyak satu kali. Benar-benar sederhana. 

Lalu bagaimana dengan do not track plus? Cara kerja ekstensi yang juga tersedia sebagai add-on Firefox, Safari, dan internet explorer ini sebenarnya sama persis. Di dalamnya tidak ada tombol aneh-aneh. Juga tidak ada menu-menu yang harus dipelajari. Pengguna hanya perlu menikmati aktivitas selancarnya, urusan pemblokiran biar ditangani oleh do not track plus. 

Tapi ada satu perbedaan mencolok antara kedua ekstensi ini. Ketika Anda mengklik disconnect.me, Anda hanya akan melihat lima icon perwakilan penyusup yang sering mengikuti aktivitas browsing Anda. Mereka adalah digg, facebook, google, twitter, dan yahoo. Para pengguna tidak mendapatkan informasi lain selain logo ini. Sebagai pengguna internet, saya juga sering merasa bimbang, apakah hanya kelima situs ini yang sering menyusup ke dalam aktivitas browsing saya? Bukankah di internet banyak situs-situs sejenis yang hendak memanfaatkan rekam jejak browsing saya untuk kepentingan bisnis mereka? Nah lho …. 

Di sinilah do not track plus mampu mendiferensiasi dirinya. Ketika icon ekstensi buatan Abine, Inc. ini diklik, para pengguna akan disuguhkan nama atau identitas singkat para “penyusup” tersebut. Untuk membuktikan cara kerja DNTP, saya mengunjungi salah satu situs berita terbesar di Indonesia, kompas.com. Kalau menggunakan metode disconnect.me, kita akan mendapati 3 penyusup yakni, twitter, google, dan facebook. Sementara DNTP mampu menyajikan hasil yang menurut saya lebih akurat, yakni dengan mekomnyebutkan jenis penyusup beserta nama penyusupnya. Untuk kompas.com, DNTP menyebutkan bahwa ada dua ad network dan dua perusahaan yang mencoba mengikuti jejak saya. Ada network yang dimaksud adalah Nelsen dan Effective Measure. Sementara dua perusahaan yang terindikasi mencoba mengikuti jejak browsing saya di kompas.com adalah Netratings Site Census dan Comscore Beacon.

Dengan metode seperti di atas, setidaknya para pengguna tentunya bisa merasa lebih tentram dalam berselancar di belantara dunia maya. Minimal kita bisa tahu bahwa sejatinya kita tidaklah “sendiri” ketika sedang berselancar. Ada banyak oknum di luar sana yang berkepentingan dengan apa yang kita lakukan. 

Kesimpulan

Setelah membaca tulisan ini, saya tidak akan meminta Anda untuk memilih mana di antara dua ekstensi ini yang layak diberi predikat terbaik. Tidak. Bukan itu maksud saya. Alih-alih sibuk memutuskan mana yang “the best”, kenapa kita tidak membiarkan kedua ekstensi ini hidup di dalam browser Google Chrome kita. Bukankah keduanya gratis dan berukuran sangat kecil. Dan satu lagi sebagai tambahan, keduanya “tidak berperang” satu sama lain. Sesuatu yang sering terjadi ketika Anda menginstal dua anti virus di satu sistem operasi.

Baiklah, sekian dulu artikel saya kali ini. Instal keduanya lalu berselancarlah sedamai mungkin. 

Download Do not track plus