Quran Android: Menikmati Kitab Suci Dari Ponsel Android

Bila Anda adalah seorang Pengusaha Muslim, maka ada kemungkinan bahwa Anda sepertinya ingin agar bisa selalu membawa Al-Quran kemanapun Anda pergi. Persis seperti ponsel Anda. Nah kalau memang demikian, mungkin Anda akan menyukai Quran Android. Sebuah aplikasi Quran Viewer untuk ponsel berbasis Android yang memiliki banyak kelebihan. Meskipun gratis.

quran android 

Di Google Play – pasar aplikasi Android milik Google – sebenarnya ada banyak sekali aplikasi atau apps yang bisa digunakan sebagai Al-Qur’an Viewer. Aplikasi-aplikasi ini umumnya dilepas secara gratis oleh pengembangnya, meski ada juga yang mengharuskan penggunanya untuk membayar sejumlah dolar untuk membuka semua fiturnya. Dari sekian banyak aplikasi tadi, aplikasi yang menurut saya paling bagus dan paling cocok untuk muslim di Indonesia adalah Quran Android. 

Jatuhnya pilihan saya ke aplikasi yang dibuat oleh empat developer ini sendiri bukannya tanpa sebab. Setidaknya ada beberapa faktor yang membuat saya kepincut dengan aplikasi yang tampil dengan nuansa biru tua ini. Here we go …

1. It is free

Gratisnya Quran Droid benar-benar 100% gratis. Ini artinya sang pengembang melepas semua fitur yang ada di Quran Droid secara penuh, tanpa batasan. Hal ini agak sedikit berbeda dengan beberapa pengembang di Google Play yang juga melepas Al-Qur’an viewer-nya secara gratis namun mengharuskan penggunanya membayar sejumlah uang untuk menikmati fasilitas tambahan yang sudah disediakan di dalam ekosistem aplikasi tersebut.

Melepas aplikasi dengan cara seperti di atas, setengah gratis, sebenarnya juga tidak bermasalah. Bahkan, dalam beberapa kasus bisa sangat menguntungkan banyak pihak karena hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan perbaikan ekonomi para developer muslim juga. Tapi, dari kacamata seorang konsumen yang cenderung selalu menginginkan barang bagus secara gratis, maka Quran Android bisa menjadi pelepas hasrat tersebut. 

2. It is open source

Selain gratis, para developer Quran Android juga dilepas dengan lisensi open source. Meski saya pribadi belum mengetahui jenis lisensi mana yang mereka gunakan, apakah Apache license atau MIT License atau yang lainnya, tapi status open source dari halaman About yang ada di aplikasinya sudah menunjukkan bahwa keempat pengembangnya ikhlas bila ada orang lain mengutak-atik Quran Android untuk tujuan lain. Selama untuk tujuan yang baik, hal seperti ini tentunya akan sangat baik untuk perkembangan Quran Android itu sendiri.

3. Mushaf yang familiar dengan mata muslim Indonesia

Salah satu faktor yang membuat saya sering menjauh dari Quran Viewer yang ada di internet adalah karena tidak digunakannya mushaf yang populer di negara kita. Ada yang hurufnya tidak bisa saya kenali. Ada juga yang tanda bacanya susah diinterpretasi. Kalau dua itu sudah saya temukan, maka saya tidak keberatan untuk angkat tangan dan meminta Quran tipe lain. Tapi alhamdulillah, tampilan Quran yang ada di Quran Android sepertinya sangat akrab di mata saya sehingga saya bisa membaca dan menikmatinya tanpa kesulitan yang berarti. Anda yang sudah punya Android saya rekomendasikan untuk segera mengeceknya sekarang juga. 

4. Translation

Membaca Al-Quran akan lebih bermakna bila kita mengetahui terjemahannya. Dan syukur alhamdulillah, Quran Android pun menyediakan terjemahan Al-Quran dalam beberapa bahasa sekaligus. Termasuk Indonesia. Untuk melakukan ini, kita hanya memerlukan sedikit bandwith koneksi internet saja karena besarnya file terjemahan tersebut ternyata juga tidak seberapa. Sumber terjemahan yang disediakan oleh aplikasi ini berasal dari situs tanzil.net dan quran.ksu.edu.sa. 

5. Recitation

Selain berpahala ketika dibaca, Al-Quran juga bisa mendatangkan banyak manfaat manakala didengar. Dan tahukah Anda, Quran Android juga sudah menyediakan fitur ini. Uniknya, Quran Android tidak hanya menyediakan satu atau dua reciter (baca:pembaca quran atau qari), melainkan 16 qari sekaligus. Mulai dari As-Sudais, Alafasy, Hani Rifai, Husary, sampai qari favorit saya, yakni Ghamdi. Semua file audio yang disediakan oleh Quran Android ini bersumber dari situs everayah.

Tapi ingat, ketika hendak mendengarkan suara para qari ini dari  Quran Android, pastikan Anda sedang berada di lingkungan wi-fi yang berbandwith cukup dan koneksi yang bagus mengingat besarnya kapasitas file audio yang akan diunduh oleh ponsel Anda. Bila bandwith dan koneksi internet Anda kurang maksimal, maka fitur ini sepertinya tidak akan bisa Anda nikmati secara optimal.

Baiklah, semoga ulasan sederhana ini bisa membuat Anda semua jadi tambah bersemangat untuk selalu membawa dan membaca Al-Quran dimanapun Anda berada. Anda dapat pahala, saya juga. Subhanallah, alangkah enaknya menjadi penulis lepas di situs ini. Barakallah …..

Thanks for Bapak Arifin Suaib yang sudah merekomendasikan aplikasi ini.

Desa huidu, Kabupaten Gorontalo, 11 April 2012, 6:44 AM.