5 Contoh Logo Inspiratif Untuk Pemilik Toko Herbal

Intro

Pada hari Senin tanggal 26 Desember 2011 atau bertepatan dengan tanggal 1 Safar 1433 Hijriah lalu, seorang pemilik toko herbal di Kota Limboto, ibukota Kabupaten Gorontalo, sempat menawariku untuk merancang dan membuatkan sebuah logo untuk tokonya. Beliau, yang kebetulan juga berstatus perantauan, membutuhkan logo ini untuk bahan neon box yang sebentar lagi mungkin akan segera dipasangnya. Kata Pak Fajar, nama si pemilik toko ini, ia menginginkan sebuah logo yang bisa membuat semua orang langsung kenal atau mudah mengenali tokonya.

Wah, ini adalah sebuah tantangan? Bisakah saya membantunya?!

Well, mungkin bisa. Sebenarnya saya bukanlah seorang desainer, tapi saya adalah seorang blogger dan penulis lepas di pengusahamuslim.com, oleh karena itulah, saya akan bantu Pak Fajar sesuai dengan kemampuan dan kapasitas saya. Melalui tulisan  yang sedang Anda baca ini; 5 contoh logo yang bisa menjadi inspirasi untuk pemilik toko herbal. Berikut adalah daftarnya:

1. Sun Flower karya Muamer Adilovic

Sun Flower karya Muamer Adilovic

Huruf S dirancang sedemikian rupa sehingga memberikan visualisasi sebuah mahkota bunga matahari alias sun flower yang merupakan nama merk atau brand itu sendiri. Brilliant. Untuk para pemilik toko herbal seperti Pak Fajar, beliau mungkin bisa mengambil inspirasi dari desain ini dengan cara melakukan hal yang sama. Tapi dengan huruf F (huruf pertama dari kata Fajar, nama beliau) yang dibentuk seperti kelopak, bunga, akar, atau daun yang memang menjadi ciri khas abat-obatan herbal.

2. Mednatur by Sachael

Mednatur by Sachael

Di atas saya sempat bilang soal dedaunan. Nah, kalau Pak Fajar bingung mencari inspirasi, mungkin logo Mednatur ini cocok dijadikan bahan pijakan. Bentuk daun dan posisinya di logo kelihatan indah sekali. Gambar atau ilustrasi daun-daunan memang sangat klop dengan kesan alamiah atau natural. Maklum saja, sampai sekarang susah menemukan daun-daunan palsu hasil buatan pabrik farmasi. Hehehe, sampai sekarang kita belum pernah bukan menonton iklan daun buatan atau daun palsu produksi Kalbe Farma atau Konimex? Betul tidak?

3. PharmaStrategies by ohTwentyone

PharmaStrategies by ohTwentyone

Bila tidak suka dengan ilustrasi dedaunan yang mungkin terkesan terlalu tradisional, Pak Fajar bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh PharmaStrategies dengan logonya; membuat huruf P dengan bantuan kapsul. Aha, ide pencatuman kapsul di logo Pak Fajar nantinya sebenarnya tidaklah buruk, bahkan bisa sangat bagus mengingat banyaknya produk-produk herbal yang dijual dalam kemasan kapsul. Termasuk habbatussauda yang sering saya beli di toko beliau. Seingat saya, belum pernah saya sekalipun memasukkan habbatusada atau sambiloto ke dalam perut saya kalau tidak dalam bentuk kapsul. Everything is inside the capsule!

4. Toowoomba Hand Therapy by Flant

Toowoomba Hand Therapy by Flant

Bagian paling menonjol dalam logo “jasa tukang pijat” ini adalah visualisasi senyum yang ada di dalam telapan tangan. Dan senyum adalah salah satu sunah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sangat mulia dan penuh makna. Dengan menggunakan citra senyuman, Pak Fajar bisa memberikan kesan kepada semua pengunjung sekaligus pelanggan tokonya bahwa toko yang akan dimasukinya adalah toko yang penuh senyuman. Anda datang diberi senyum, pulang pun diberi senyum. Habis minum obat herbal? Anda pun akan tersenyum. Ya kalau sembuh …hehehe…

5. Regional Medical Center by mfrank

Regional Medical Center by mfrank

Dan akhirnya, dari sekian banyak logo yang saya periksa. Saya yakin inilah yang paling cocok untuk toko herbal milik pak fajar. Saya cenderung untuk memilih logo ini karena Pak Fajar membutuhkan sebuah tanda atau “mark” yang langsung bisa membuat orang tahu tentang apa atau siapa di balik logo itu. Nah, logo ini tampaknya bisa melakukan hal yang dimaksud. Sebagai toko herbal yang belum banyak diketahui oleh orang umum – kecuali oleh sesama ikhwan – Pak Fajar membutuhkan sesuatu yang tidak hanya menyimbolkan, tapi juga memberi tahu bahwa pemilik logo keren itu adalah toko fajar herbal. Dalam imajinasi saya, teks “Regional Medical Center” akan saya ubah menjadi “Toko Herbal Fajar“. Sementara teks “Family Practice” akan saya ubah menjadi “One Stop Herbal Solution“. Itu kalau Pak Fajar ingin berjualan di Kota besar seperti Jakarta, tapi kalau di Gorontalo, teks “Solusi Herbal Keluarga Anda” mungkin lebih menjual. Insya Allah.

Selamat beraksi Pak!

PM:

Kalau tidak keberatan, mohon saya diberi diskon untuk madu atau habbatussauda pada kunjungan berikutnya…

Artikel www.PengusahaMuslim.com

——————-

Ingin jadi pengusaha muslim yang sukses dunia akhirat? Bergabunglah di milis Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia. Anda dapat memperkenalkan diri, bertukar pengalaman, berkonsultasi, bertukar informasi dan bekerjasama dengan Anggota milis lainnnya.

Cara untuk menjadi Anggota Milis

Buka http://finance.groups.yahoo.com/group/pengusaha-muslim/join untuk mendaftar sekarang.

Atau kirim email kosong ke: [email protected]

Untuk bertanya dan berdiskusi di milis, silakan kirim pertanyaan ke: [email protected]

Email Konfirmasi Pendataan Anggota

Setelah mendaftar, Anda harus mengisi formulir pendataan anggota yang akan kami kirimkan melalui email, selanjutnya reply email tersebut agar kami dapat memproses keanggotaan Anda.

Tujuan pendataan ini adalah agar terbentuk komunitas yang berkualitas dan terjaga dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Perhatian:

Periksalah folder BULK/SPAM karena boleh jadi email yang berisi formulir tersebut masuk ke dalam folder BULK/SPAM.

Syarat Menjadi Anggota Milis:

1. Beragama Islam.
2. Mengikuti peraturan dan tata tertib milis ini.

MILIS PM-FATWA

Untuk bertanya tentang hukum perdagangan, silakan bergabung di milis pm-fatwa.

Untuk Bergabung, kirim email kosong ke: [email protected]
Untuk bertanya, kirim pertanyaan ke: [email protected]