Ekstensi Google Chrome Yang Bisa Memudahkan Pekerjaan Anda (bagian 3)

Saya sudah mengangkat 3 ekstensi Chrome keren di dua tulisan saya terdahulu. Nah sekarang, saya akan tambah dua lagi. Satunya akan memudahkan Anda mengambil catatan atau sejenisnya selama berselancar. Sementara satunya lagi mungkin akan membuat Anda lupa dengan kalkulator saat mengkonversi satuan-satuan seperti meter, kilogram, dan sejenisnya. Saya harap Anda penasaran! Amin.

1. Quick Note

Quick Note

Ekstensi berlogo seperti buku tulis klasik ini dikembangkan oleh Diigo, developer yang juga kita kenal lewat ekstensi keren mereka, Read Later Fast. Dengan Quick Note, saya rasa semua pengguna Google Chrome harusnya tidak perlu repot-repot lagi untuk membuka notepad atau MS Word setiap kali ada teks yang ingin disimpannya saat sedang berselancar. Tapi bagaimana cara memakainya?

Cara menggunakan Quick Note sangat mudah sehingga saya sebenarnya agak malu juga kalau sampai harus menuliskannya. Tapi saya akan beranikan diri menuliskannya di sini karena siapa tahu Anda termasuk orang yang takut mencoba-coba. Jadi, bila hendak menggunakan New Note, saya sarankan Anda terlebih dulu membuka ekstensi ini dengan cara mengklik logonya atau shortcut-nya di halaman Apps browser Google Chrome.

Setelah mengklik shortcut, Anda akan disambut dengan sebuah tampilan bernuansa buku tulis dengan kertas warna kuning di sisi kanan Anda dan sejumlah tombol pengaturan di sisi kiri. Sebagai manusia, saya menduga Anda pasti tahu di sisi mana Anda akan meletakkan tulisan Anda? Yups, benar sekali. Di sisi kanan. Tanpa saya beritahupun, Anda tampaknya juga akan langsung mengerti dengan tampilan antarmuka seperti ini bukan?

Di sisi kanan yang terlihat seperti buku tulis, Anda bisa menikmati fungsi-fungsi yang sering Anda temui dalam teks editor seperti cut, copy, paste dan delete. Plus tambahan fitur spell checker yang memang sudah dibawa oleh Google Chrome sendiri. Sementara itu, di sisi kanan sudah tersedia tombol-tombol untuk mengelola konten Anda di Quick Note. Kotak pencarian atau search berfungsi sebagai alat untuk menemukan teks-teks yang ada di dalam catatan atau Notes Anda. Tombol “+” yang terletak di atas sisi kiri berfungsi untuk menambahkan catatan baru. Di bagian bawah ada tombol recycle yang berfungsi untuk membersihkan semua notes yang sudah Anda ambil. Hati-hati dengan tombol ini, karena Anda tinggal selangkah lagi dari terhapusnya catatan-catatan penting Anda di ekstensi ini. Pastikan semuanya sudah ter-backup di tempat lain dulu.

Akhirnya, menu terakhir adalah Setting. Menu ini hanya akan berfungsi bila Anda mendaftar dulu di situs diigo.com, pembuat ekstensi ini. Bila Anda sudah punya akun di diigo.com, Anda otomatis akan memiliki kemampuan untuk menyimpan catatan-catatan Anda ke server mereka sehingga Anda bisa mengaksesnya di manapun Anda berada selama masih ada koneksi internet.

2. Converter

Converter

Nah, kalau yang ini saya kira Anda sudah pasti tahu. Sesuai dengan namanya, ekstensi ini memang cuma itu fungsinya, untuk mengkonversi besaran dari satu jenis satuan ke jenis satuan lainnya. Misalnya Anda ingin tahu 1 kaki (1 feet) itu sama dengan berapa meter, Anda hanya perlu memasukkan angka 1 di field feet. Sudah itu saja. That’s it. Proses perhitungan selanjutnya sudah bukan urusan Anda lagi. Semua akan dikerjakan oleh ekstensi ini. Asyiknya, developer ekstensi ini tidak sungkan-sungkan memberi kita berbagai macam jenis konversi. Mulai dari konversi panjang (length converter), konversi berat (weight converter), konversi volume, volume – dry converter, konversi temperatur, sampai konversi area.

Dengan ekstensi ini, kita tampaknya sudah tidak perlu lagi repot mencari data tentang kesetaraan satuan di ensiklopedia atau buku pintar. Bahkan kita tampaknya juga boleh melupakan kalkulator saat hendak mengetahui berapa liter sih satu cm kubik itu. Hmmm, kayaknya ekstensi ini cocok banget buat anak-anak engineering. Mau?