Memantau Statistik Rss Feed Situs/blog Perusahaan Di Akun Social Network Anda Via Dlvr.it

Pada tangal 18 Juni 2011 lalu, Saya pernah membahas tentang fitur-fitur yang dimiliki oleh dlvr.it. Sebuah situs yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk menyebarkan (broadcast) rss feed dari blog atau situs perusahaan ke beberapa jejaring sosial terkemuka seperti twitter dan facebook. Ada begitu banyak fitur dlvr.it, namun yang saya review pada tulisan tempo hari berjumlah empat; update feed secara otomatis, lihat statistik, built in URL shortener, dan widget atraktif.

Diantara keempat fitur tersebut, yang paling menarik dan sudah bisa dibuktikan ke hadapan pembaca setia pm.com adalah statistik. Fitur ini bekerja layaknya Google Analytics bagi situs Anda, hanya saja, fungsinya dibatasi hanya untuk semua post yang Anda publish ke social media melalui akun Anda di dlvr.it. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat berapa banyak klik yang bisa dihasilkan oleh masing-masing tulisan. Plus, Anda juga bisa melihat performa klik untuk tiga interval waktu yang berbeda-beda; past 24 hours (24 jam terakhir), past 7 days (7 hari terakhir), dan past month (sebulan terakhir). Selain dua fitur tadi, Anda juga akan dihibur dengan tampilan grafis yang cantik dari statistik post Anda. Jadi sebaiknya Anda segera mendaftar. Sekarang!

Statistik klik tulisan pengusahamuslim.com via Dlvr.it

Salah satu situs yang rss feed-nya langsung saya uji coba adalah situs kita tercinta ini, pengusahamuslim.com, yang url feed-nya tampak sebagai berikut https://pengusahamuslim.com/rss. Untuk melihat performa tulisan dari pengusahamuslim.com yang saya share secara otomatis menggunakan layanan gratisan ini, saya akan menggunakan tiga menu saja; dashboard, popular, dan show trends. Sebenarnya dlvr.it mampu menyajikan lebih banyak lagi dari yang saya tampilkan di sini, tapi itu saya serahkan kepada Anda.

Stats > Dashboards

Dlvr.it

Bagian Atas

Di halaman ini, dlvr.it akan menyajikan informasi penting terkait akun jejaring sosial Anda dan tulisan-tulisan yang dipublish secara otomatis melalui dlvr.it dengan grafik ala speedometer sepeda motor. Keren bukan? Di halaman ini, Anda bisa melihat grafik jumlah follower Anda di social media yang Anda daftarkan sebagai destination di situs ini. Berhubung saya mendaftarkan facebook dan twitter, itu berarti follower yang dimaksud di sini adalah “teman saya” yang ada di fb dan twitter.

Selain follower, juga ada Clicks. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa melihat jumlah klik yang sudah dihasilkan oleh tulisan-tulisan yang disebar (broadcast) melalui dlvr.it. Terakhir, di sebelah Clicks, Anda bisa melihat informasi jumlah Post, juga dengan grafik speedometer. 

Bagian Tengah

Panel bagian ini terdiri dari dua. Satu untuk informasi tentang Audience. Satunya lagi petunjuk tentang Popular Posts. Di panel Audience, dlvr.it akan memberi Anda informasi tentang jumlah teman Anda di social network yang Anda daftarkan. Karena saya mendaftarkan facebook dan twitter, saya hanya mendapati jumlah dari friend saya yang ada di fb sekaligus follower di twitter. Bila saya menambahkan akun saya di linkedIn, mungkin informasinya akan berbeda dari apa yang sudah ada.

Di sebelahnya, ada Popular Posts. Dari namanya, seharusnya Anda sudah tahu fungsi panel yang satu ini. Yup, untuk menginformasikan kepada Anda tentang tulisan apa yang terbanyak di klik. Kalau Anda perhatikan. Di sini ada tulisan saya dari blog selain pengusahamuslim.com. Harap maklum, selain feed dari pm.com, saya juga memasukkan feed dari dua blog saya sendiri, yakni Wimkhan dan Wimkhan Clothing.

Bagian Bawah

Namanya GEO. Di panel ini, dlvr.it menyajikan peta datar dunia dengan warna bergradasi. Warna dengan intensitas yang berbeda ini digunakan untuk menandai darimana datangnya klik yang masuk melalui fb dan twitter saya. Saya sebenarnya tidak kaget melihat peta Indonesia berwarna hijau di dalam panel ini, tapi yang saya agak curiga adalah kenapa sampai benua afrika dan eropa berwarna hijau juga. Ini saya yang salah atau ….. mungkinkah dlvr.it yang salah? Wallahu’alam. Tapi saya tidak akan berhenti menggunakan servis gratisan ini hanya karena keragu-raguan saya di dalam urusan pemetaan ini. Lanjut!

Stats > Routes > Past Month > View activity > Popular > Past Month

GEO Dlvr.it

Untuk melihat tulisan apa yang paling banyak di klik oleh teman-teman Anda, di sinilah tempatnya. Saat pertama kali Anda membuka menu ini, Anda akan melihat rata-rata klik dari total post yang dipublish oleh dlvr.it selama 7 hari terakhir.  Agar informasi smakin menarik, saya sarankan Anda mengklik interval “past month”. Dengan interval waktu ini, jumlah rata-rata yang akan Anda lihat mungkin lebih besar dan lebih menarik karena semua post mungkin akan masuk dalam hitungan.

Post terpopuler

Untuk melihat tulisan terpopuler, Anda harus “menggali lebih dalam” dengan cara mengklik tombol “view activity”. Di sinilah Anda bisa melihat tulisan Anda yang paling banyak di klik oleh teman-teman Anda melalui stream di fb dan twitter Anda. Di sini bisa kita lihat bahwa tulisan yang berjudul “10 Tips Rahasia Presentasi Spektakuler ala Steve Jobs (Bagian 1)” adalah tulisan dengan jumlah klik tertinggi. Maklum, mungkin teman-teman saya lebih cenderung untuk mengklik tulisan saya ketimbang tulisan-tulisan dari penulis lain. Dan ini sah-sah saja karena jika saja penulis lain juga melakukan hal yang sama, mungkin tulisan merekalah yang akan populer di mata teman-teman mereka, bukan saya. That’s pretty fair, right? Gambar ini diambil pada tanggal 5 November 2011 lalu. Jadi tulisan yang diterbitkan setelah ini mungkin tidak masuk dalam perhitungan.

Melalui halaman yang sama, Anda juga bisa melihat performa tulisan yang lain di halaman-halaman berikutnya. Benar-benar sederhana dan “apa adanya”. Tidak ada yang tidak perlu. I really love this and I hope you will love it too as much as I do.

Stats > Routes > Show trends

Stats Dlvr.it

Show trends akan menunjukkan kepada Anda statistik jumlah klik dalam bentuk grafik. Di sumbu X, Anda akan melihat tanggal atau waktu terjadinya klik, sementara di sumbu Y, Anda bisa melihat jumlah klik yang terjadi. Tampilan dashboard statistik seperti ini benar-benar mengingatkan saya tentang Google Analytics, dan saya sungguh senang ketika ada layanan yang bisa membatasi cakupan sumber klik yang datang hanya dari “friend” kita yang Ada di facebook dan twitter saja.

Jadi bagaimana? Tujuan saya menerbitkan ilustrasi (screenshoot) dan tulisan ini adalah agar Anda mau mendaftar dan menggunakan servis ini. Bila Anda adalah seorang pebisnis yang peduli dengan performa link-link yang sering Anda share di situs-situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan linkedin, mungkin dlvr.it adalah salah satu alat terbaik di luar sana.

Dengan tampilan dashboard yang sangat menarik dan tanpa pungutan sepeser uang pun dari kartu kredit Anda, servis ini tampaknya bisa menjadi teman kesayangan Anda di setiap akhir pekan atau bahkan setiap hari. Ayo segera mencoba wahai pengusaha.

Artikel www.PengusahaMuslim.com