Menulis Copywriting Yang Menjual!

Salah satu elemen penting bagi sebuah produk yang dilepas ke pasar adalah copywriting-nya. Tapi hei, apa itu copywriting? Kok sepertinya “sesuatu banget”. Don’t worry ya akhi, kita akan bahas itu di sini.

Menurut Wikipedia, copywriting adalah seni penggunaan kata-kata untuk mempromosikan sesuatu. Sesuatu di sini bisa berarti orang (tokoh politik, selebritis, tokoh agama, dan sejenisnya), perusahaan, ide, maupun opini. Tujuan utama dari copywriting adalah untuk mendorong orang atau sekelompok masyarakat agar mau melakukan sesuatu persis seperti yang dikehendaki oleh sang copywriter (pelaku copywriting). Misalnya saja untuk membeli sebuah produk tertentu, untuk memilih kandidat dalam pemilihan umum, atau untuk mendaftar dan mengikuti kursus bahasa inggris kita, dan seterusnya.

Copywriting

Mengingat pengusahamuslim.com adalah situs tentang dunia bisnis, pembahasan tentang copywriting di dalam tulisan kali ini akan kita batasi hanya untuk copywriting yang berhubungan dengan acara promosi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Jadi bukan tentang copywriting yang lain. 

Copywriting yang bagus adalah …..

Bagi saya, Copywriting yang bagus adalah copywriting yang jujur. Dan saya pikir Anda juga akan berpikir yang sama tentunya. Jujur di sini mengandung artian bahwa kata-kata yang Anda gunakan untuk mendeskripsikan produk atau jasa Anda adalah sesuatu yang memang sesuai dengan kondisi benda/jasa yang Anda tawarkan. Jadi, bila Anda menjual laptop dengan processor intel Core i3, Anda jangan sampai berani mengklaim bahwa processornya adalah intel core i7. Mengklaim dengan cara seperti tadi boleh jadi akan mendongkrak volume penjualan Anda, tapi yakinlah, itu mungkin hanya akan bertahan sebentar saja. Karena bila konsumen sampai tahu Anda berbohong, maka mereka akan balik menyerang Anda. Caranya bermacam-macam, ada yang dengan menulis lewat blognya, ada yang mengupdate lewat status di facebook, twitter dan Google+, atau bahkan mengadukan Anda ke polisi atas perlakuan Anda. Kalau sudah begini, bukan hanya bisnis Anda yang akan gulung tikar, Anda dan nama baik Anda mungkin juga akan ngikut …. Jadi hati-hati!

Jujur sih oke, tapi lebih bagus lagi kalau ….

Kalau Anda sudah “jujur” dalam membuat copywriting, sekarang waktunya untuk menjadi seniman. Mengatakan bahwa laptop rakitan Anda sudah dipersenjatai dengan intel Core i7 mungkin sudah cukup bagus, tapi akan lebih bagus lagi bila Anda menggunakan kata-kata tambahan. Seperti ini contohnya …

“Dengan intel Core i7, laptop Anda tidak hanya lari 2 kali lebih cepat, tapi juga 4 kali lebih pintar daripada processor generasi lama. Itu terjadi karena adanya 4 core dengan 2 threads di masing-masing core-nya”

Entah Anda sependapat dengan saya atau tidak, tapi kalimat di atas mungkin lebih baik dibandingkan dengan kalimat di bawah ini:

“Dengan intel Core i7, laptop Anda akan berjalan lebih cepat dibandingkan laptop berprocessor intel core 2 duo!”

Kalimat di atas memang sudah bisa menjual, tapi tampaknya tidak cukup baik untuk menjelaskan kepada konsumen tentang kelebihan produk yang akan Anda jual. 

Jujur sudah, memainkan kata juga sudah, lalu apa lagi ….

iPhone 4s 

Gunakan kata yang singkat dan padat! Apabila ada yang tidak perlu, segera buang jauh-jauh. Mungkin nasihat ini agak keras, tapi bila Anda menilik ke beberapa perusahaan yang sukses dalam menjual produk-produknya, Anda akan mengerti dan bisa menghargai pendapat tadi. Bila tidak percaya, saya mengajak Anda untuk membuka situs apple.com. Sekarang, cobalah masuk ke halaman khusus untuk iPhone 4s. Lihat bagaimana copywriter Apple bekerja untuk mendeskripsikan fitur-fitur utama salah satu gadget terlaris di dunia ini?  

Siri
Use your voice to send message, set reminders, search for information, and more. 

Dual Core A5 Chip 
Up to 2X faster performance and 7X faster graphics. 

Camera
8 Megapixels. All new optics. Anda 1080 HD video recording.

iOS 5
Notification Center. iMessage. And Over 200 new features.

iCloud
It stores your content and wirelessly push it to all your devices.

Bagaimana? Semua kata yang ada di dalam kalimat copywriting milik Apple iPhone 4s benar-benar tidak ada yang tidak berguna. Semua tampak pas pada tempatnya. Dan inipun didukung dengan fakta yang jujur atas produk itu sendiri. Menggunakan contoh serupa untuk kasus laptop core i7 di atas, mungkin kita bisa membuatnya menjadi seperti ini:

“Baru. Dengan intel Core i7. 2X lebih cepat. 4X lebih pintar. Silahkan datang untuk membuktikan!”

Bravo. Kalimat terakhir tidak hanya mendeskripsikan produk, tapi juga menantang para calon pembeli Anda untuk datang sendiri ke toko kalau ingin membuktikan. Hanya toko yang kredibel yang berani melakukan ini. Dan coba tebak, dari toko komputer seperti apa konsumen ingin sekali membeli? Kredibel dan berani membuktikan janji!

Selamat berkreasi. Dan beraksi tentunya.

Artikel www.PengusahaMuslim.com