Inc.com: Kompetitor Tangguh Pengusahamuslim.com

Beberapa waktu yang lalu saya sudah mengangkat Harvard Business Review sebagai kompetitor tangguh untuk Pengusaha Muslim. Sekarang, saya akan membawa ke hadapan pembaca setia situs kita tercinta ini salah satu kompetitor tangguh lainnya. Sama seperti HBR, pesaing ini juga datang dari negeri paman sam. Namanya singkat, Inc.. (baca: Inc. bukan Inc – perhatikan tanda titiknya)

Inc. adalah sebuah majalah sekaligus situs yang menyasar para pengusaha kecil dan menengah di Amerika Serikat. Nama singkat Inc. boleh jadi merupakan kependekan dari Incorporation. Sebuah istilah yang mungkin menjadi tujuan atau cita-cita bisnis pembaca setianya. Majalah yang saat ini sudah dimiliki oleh Mansueto Ventures ini berdiri pada tahun 1979 di Boston, Amerika Serikat. Pada tahun 1996, situs Inc.com mengudara di ranah maya. Inc. versi online bukanlah semata-mata versi soft-copy dari versi majalah, tapi justru merupakan sebuah wujud baru yang mampu memberi nilai tambah dari konten yang sudah ada di majalah. Sebagai contoh, di versi majalah kertas tidak ada rubrik Inc. TV. Dan ini masuk akal juga bukan?

inc

What’s interesting?

Kalau HBR adalah situs yang banyak sekali diisi oleh para cerdik cendekia (baca: orang-orang dengan gelar doktor, master, dan profesor) di bidang manajemen dan ekonomi, maka Inc. adalah sebaliknya. Jadi bila Anda termasuk orang-orang yang sering menganggap dosen, doktor, dan profesor di bidang ekonomi dan manajemen adalah orang-orang yang hanya pandai berteori tapi tidak pernah beraksi, maka Inc. adalah “kiblat” informasi yang tepat. Di sini, alih-alih menemukan “dosen”, Anda justru akan menemukan banyak praktisi alias pelaku utama dalam bisnis itu sendiri. Misalnya saja Jason Fried. Jason Fried bukanlah kontributor sembarangan, selain menjadi penulis tetap untuk Inc., Jason juga berstatus sebagai pendiri sekaligus President di 37Signals, perusahaan IT di Chicago yang terkenal dengan aplikasi pengelola proyek berbasis webnya, BaseCamp sekaligus framework pengembangan populer, Ruby On Rails.

Di Inc. Jason menulis tentang kisah sekaligus ilmu yang ia dapati langsung selama menjalankan bisnisnya; kisah tentang ketika ia sering berbohong kepada kliennya sebagai seorang desainer, cerita sewaktu ia membutuhkan asisten, pengakuannya tentang keberadaan manajer, atau bahkan semua aksinya ketika ia dan timnya harus menerima keluhan sekaligus makian dari konsumennya karena ada salah satu layanannya yang “down”. Dengan kata lain, Jason tidak perlu melakukan “penelitian” dahulu sebelum menuliskan artikelnya. Apa yang Jason tulis adalah sesuatu yang nyata. Mungkin karena ini juga kolomnya di Inc. ia namai dengan “Get Real by Jason Fried”. 

Itu baru Jason Fried lho. Padahal setahu saya di Inc. tidak hanya ada Jason, tapi ada juga jawara marketing yang video gratisannya pernah saya review beberapa waktu yang lalu di pm.com, Seth Godin. Bila Anda penasaran dengan konten-konten hasil karya penulis buku Purple Cow ini, saya sarankan Anda langsung menuju ke TKP. Sekarang!

Spesial (yang bisa bikin Pengusaha Muslim iri)

Hampir semua artikel yang ada di Inc. adalah kumpulan info yang sifatnya “timeless” alias tidak termakan waktu. Mungkin inilah yang membuat Bang Hendri (salah satu redaksi PM) sampai menelepon saya untuk melakukan hal serupa di Situs dan Majalah Pengusaha Muslim. Pesan Bang Hen jelas sekali, kalau bisa artikel-artikelnya Mas Wim seperti yang ada di Inc.. Enak dibaca, ringan, dan tidak termakan waktu. Sesuatu yang tidak termakan waktu berarti adalah sesuatu yang selain “berita”.

Itulah kenapa di situs yang bernuansa putih ini, Anda akan jarang sekali membaca “news”. Mata dan pikiran Anda akan dihibur dengan tips dan trik, strategi menjual, cara cerdik berjualan di era social media, kumpulan aplikasi yang bisa memudahkan kerja dan hidup Anda sebagai pengusaha, analisis suatu kasus bisnis, kisah tentang kegagalan pengusaha, dan masih banyak lagi. Bukan berarti berita adalah sesuatu yang tidak perlu. Hanya saja, bila berita adalah yang Anda cari, maka Inc. bukanlah tempatnya. Untuk berita, silahkan bermain ke Kontan, bisnisindonesia.com, techmeme.com, atau techcrunch.com. Ada banyak berita di sana.

Nomenklatur kategori

Kategorisasi di Inc. pun tampaknya memang dibuat untuk para pengusaha kecil dan menengah. Di bagian atas atau header situsnya, Anda bisa melihat drop down menu yang dibagi menjadi delapan. Menu “start-up” untuk Anda yang memulai berbisnis. “Running a Business” untuk Anda yang saat ini sudah memulai dan punya bisnis sendiri. “Finance” untuk Anda yang mungkin mencari info seputar pajak, akuntansi, menentukan tarif, dan anggaran perusahaan. Sampai ke “Innovation” yang berisi tips dan trik untuk melejitkan kreativitas Anda sekaligus tim Anda di perusahaan.

Inc. 500 dan Inc. 5000

Sama seperti Fortune 100 atau 500 (perusahaan dengan jumlah valuasi paling besar), tapi untuk perusahaan swasta yang mengalami pertumbuhan paling pesat. Inc. 500 dirilis pertama kali pada tahun 1982. Di Pengusaha Muslim, sebenarnya sudah ada direktori khusus untuk bisnis atau usaha yang dijalankan oleh para anggotanya, yang belum ada adalah semacam pemeringkatan atau ranking terhadap performa usaha dagang yang ada di dalamnya. Mungkin akan menarik sekaligus menantang juga kalau PM membuat “Inc. 500” versinya sendiri. Insyaallah.