Infografik: Apa Yang Harus Diketahui Oleh Pemilik Toko Online Tentang Pengguna Tablet Pc?

Infografik adalah sesuatu yang tidak hanya menghibur, tapi juga memberi manfaat. Salah satu infografik yang masuk dalam definisi tadi adalah Infografik berjudul “Are Tablets Buyers Taking Over Ecommerce?” yang dibuat oleh monetate. Ilmu apa yang bisa diambil dari gambar berinfo ini? Let me show you …

Hasil penelitian yang ada di dalam infografik ini umumnya berdasarkan narasumber yang ada di negara Amerika Serikat. Tapi itu tidak menutupi kemungkinan bahwa para pengguna tablet yang ada di negara lain pun mungkin akan menghasilkan jawaban yang tidak jauh berbeda dengan rekan-rekannya di negeri paman sam.

Are Tablets Buyers Taking Over Ecommerce


1. Fakta menarik

Sekitar 60% pengguna tablet adalah pria. Sama seperti beberapa produk IT lain, tampaknya pria adalah kaum yang paling berani mencoba-coba hal baru dibanding perempuan. Ini bukan berarti tidak ada wanita yang suka mencoba-coba, hanya saja jumlah laki-laki yang suka mencoba-coba biasanya lebih banyak ketimbang perempuan. Saya minta maaf kalau salah.

Dan ini yang mungkin agak mengejutkan, 43% diantara pengguna tablet ternyata memiliki penghasilan sekitar USD$50,000 per tahun. Kalau dirupiahkan, jumlah ini setara dengan Rp, 425.000.000,- (dengan asumsi US$1 = Rp 8.500). Percaya atau tidak, uang itu adalah gaji CPNS golongan 3A di Indonesia selama 265,625 bulan. Cukup gila bukan. Maklum, saya adalah salah satu CPNS itu. But it’s OK. I’m happy….. hihihihi …

2. Pengguna tablet termasuk “cerdas”

Dalam infografik ini, monetate menunjukkan kepada kita betapa getolnya para pengguna tablet itu dalam mencari tahu sekaligus memeriksa sesuatu yang hendak mereka beli. Setidaknya 56% diantaranya menggunakan iPad atau sejenisnya untuk mengecek harga produk-produk tertentu sebulan sekali. What’s cool? 54% diantara pengguna gadget berlabel “post-PC device” tersebut ternyata meluangkan waktunya setidaknya sebulan sekali untuk membaca review suatu produk sebelum melakukan pembelian. Dengan fakta ini, minimal kita harus sadar bahwa keberadaan review-review yang ada di situs seperti Amazon atau Yelp merupakan sesuatu yang esensial sekaligus potensial.

3. Conversion Rates

Saya takut diantara Anda masih ada yang belum tahu tentang istilah satu ini. Jadi saya akan beri tahu dulu deh. Conversion rate adalah angka atau persentase terjadinya transaksi dibanding banyaknya statistik pengunjung. Ambil contoh seperti ini, toko online Anda mendapat kunjungan sebanyak 1000 hits per bulan. Dari 1000 hits itu, terjadi 5 transaksi jual-beli di situs Anda. Dengan demikian, mengacu ke definisi di atas, ini berarti cnversion rates toko online Anda adalah sekitar 0,5%. Begini cara menghitungnya => (5/1000)*100.

Anda mungkin jadi bertanya-tanya, “lha kok dikit sekali?!” Jangan kaget dulu, toko online beda dengan toko beneran. Di toko online, semua yang datang juga bebas untuk pergi. Tidak ada tekanan sedikit pun. Kalau mereka suka mereka akan lihat-lihat dan tawar dulu. Tapi kalau tidak ya tinggal tutup saja jendela atau tab browsernya. Sederhana bukan? Tidak ada tekanan psikologis sama sekali.

Tapi tetap ada kabar baik yang layak dibaca. Para pengguna tablet ternyata mampu menghasilkan conversion rates yang lebih besar ketimbang para pengguna desktop PC. Dalam kasus ini, conversion rates pengguna tablet adalah 2% lebih banyak ketimbang para pengguna pC. Jadi, walau traffic dari pengguna tablet PC tidak sebanyak pengguna desktop namun transaksi yang terjadi dari pengunjung yang lebih sedikit tersebut bisa lebih banyak dari segi persentasenya. Ini adalah potensi besar!

Stop press, harap diketahui, pengguna tablet PC tampaknya lebih makmur atau lebih kaya ketimbang pengguna PC. Suka atau tidak suka, inilah faktanya. Untuk tahap awal perkembangan tablet PC, orang-orang berduit tampaknya selalu di depan saudara-saudaranya yang “kismin”.

4. Tips untuk para pemilik toko online

Bila Anda saat ini sudah memiliki toko online, monetate menitipkan 5 pesan bagus untuk Anda; (1) Berikan tawaran spesial kepada para pengunjung toko online Anda yang menggunakan tablet PC, (2) optimalisasi toko Anda dengan memberikan dukungan penuh untuk iPad (penggunaan font yang lebih besar dan tanpa Flash), (3) pastikan proses check-out isa dilakukan dengan penggunaan sentuhan tangan alih-alih mouse, (4) tawarkan kepada para pengguna tablet PC ini produk-produk yang “dekat” dengan gadget kesayangan mereka seperti games, ebook, dan sejenisnya, (5) berhubung tablet PC adalah sesuatu yang baru, jadi tidak ada salahnya bila Anda terus berani untuk mencoba hal-hal baru, baik itu dalam strategi penjualan, marketing, maupun desain situs.

Well done, itulah sekelumit kisah dari infografik buatan monetate ini. Dari sebuah gambar bisa diambil begitu banyak ilmu. Subhanallah, bagi yang punya toko online atau ingin berencana membuat satu, saya kira Anda sudah harus “stay tune” dengan trend tablet pc seperti ini.

Download Infografik Are Tablets Buyers Taking Over Ecommerce?