Optimalisasi Youtube Untuk Bisnis Dan Perusahaan (bagian 1)

Salah satu situs web 2.0 yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung dari seluruh dunia adalah Youtube. Setiap harinya, Youtube dikunjungi oleh kurang lebih ratusan juta pengunjung unik. Bila Anda adalah seorang pengusaha, Youtube menawarkan beberapa manfaat bagus yang sayang sampai kalau tidak disadari, apalagi dilewatkan. Kita cek yuk …. yuk …

Berikut manfaat Youtube:

1. Untuk Belajar

Bila Anda adalah seorang pengusaha sekaligus pembelajar bertipe audio visual, maka Youtube adalah tempat yang tepat untuk berburu ilmu dan pengetahuan. Anda ingin belajar membuat mock up desain t-shirt dengan photoshop, ada. Ingin belajar cara presentasi yang keren dan fantastis, ada juga. Anda ingin belajar pemrograman web supaya tidak buta tentang teknis pembuatan dan pengembangan situs e-commerce Anda, ada. Ingin belajar SEO (search engine optimization), ada kok. Mau belajar desain web juga bisa. Ingin belajar bahasa inggris, banyak. Hmmmm, apalagi ya? Oh ya, bila tidak keberatan, sobat pengusaha muslim juga bisa belajar kalkulus kok. Hihihihi, siapa tahu bisnis Anda sangat terkait dengan ilmu-ilmu trigonometri dan integral. Bimbel misalnya.

The sky is the limit. Mari berdayakan Youtube untuk KEBAIKAN kita bersama!

2. Mencari inspirasi

Suatu hari adakalanya Anda sedang penat karena urusan-urusan sulit yang belum terselesaikan. Nah, bila situasi seperti ini menyambangi Anda, saya rasa Youtube punya sesuatu buat Anda. Di Youtube, ada begitu banyak video yang bisa Anda jadikan inspirasi. Tidak percaya? Coba lihat video ini. Ini adalah video dari Malcolm Gladwell tentang kebahagiaan dan saus spaghetti. Bila Anda menontonnya sampai selesai, Anda akan tahu bahwa sejatinya tidak ada sesuatu yang sempurna dalam dunia industri makanan ataupun minuman olahan, yang ada hanyalah selera manusia (baca: konsumen) yang selalu berbeda dan bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Jika video seperti di atas bukanlah sesuatu yang bisa membangkitkan mood Anda, saya rasa Anda bisa mengecek video-video yang berisi kajian-kajian keagamaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila butuh ilmu tentang tauhid, Anda bisa memeriksa channel ini. Bila butuh ilmu sedekah, mungkin tidak ada salahnya Anda sesekali memeriksa beberapa video ceramah Ustad Yusuf Mansyur tentang kaitan sedekah dengan rizki dan terkabulnya doa. Dan masih banyak lagi kebaikan yang menunggu di sana …. gapailah.

3. Mari promosi dan berhemat ratusan juta

Aha, ini dia yang mungkin Anda paling cari-cari. Sebagai pengusaha, tentu saja menjual dan menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya adalah salah satu tujuan Anda. Nah untungnya, Youtube memberikan jalan selapang-lapangnya bagi Anda untuk melakukan ini. Gratis lagi! Biar saya ulangi, gratis ya akhi …. Anda hanya perlu akun di google untuk masuk dan tercatat sebagai anggota Youtube secara otomatis. Mantap bukan.

Perlu anda ketahui bahwa bila saja Anda membeli slot waktu iklan di TV atau media lainnya, Anda tentunya harus merogoh kocok. Tapi di Youtube, semua orang boleh melihat iklan Anda kapanpun dan dimanapun mereka mau. So, Anda tinggal buat iklan sebagus-bagusnya lalu biarkan semua orang melihat dan menikmatinya di Channel Youtube Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin perlu melihat Channel Apple yang ada di sana.

4. CSR alias bakti sosial

Lalu apa yang bisa Anda tampilkan di Youtube demi kebaikan perusahaan atau bisnis Anda? Ternyata lumayan banyak lho. Pertama, anda bisa memajang aksi perusahaan Anda ketika melakukan bakti sosial atau CSR (corporate social responsibility). Dan ini tidak hanya satu atau dua, bisa juga lebih dari itu, selama video yang Anda unggah tadi tidak melebihi kapasitas yang disediakan. Bakti sosial atau CSR insyaallah tidak hanya bisa meningkatkan citra perusahaan Anda di mata manusia, tapi juga di mata Allah, selama Anda bisa ikhlas tentunya. Insyaallah. Amin.

5. Video testimoni

Selain CSR, Anda juga tidak dilarang untuk memajang sebanyak-banyaknya video berisi testimoni positif dari pelanggan Anda. Bayangkan begini, Anda punya bisnis warung makanan di daerah ibukota jakarta yang menyasar segmen anak muda. Well, Anda ingin berpromosi menggunakan media berbasis audio visual, tapi tidak punya uang cukup untuk membeli slot iklan di TV nasional. Oke, insyaallah ini bukanlah masalah lagi. Ambil dan olahlah video berisi testimoni tadi dengan sebaik mungkin, kemudian unggahlah ke Youtube sekarang juga. Bila selesai, sebarkanlah berulang-ulang di situs-situs social media tempat pelanggan Anda sering online; entah itu facebook, wordpress, twitter, blogger, Google+ dan sejenisnya. Come on, just do it, don’t be shy. It’s free and it’s open for your creativity. Jadi tunggu apa lagi, baca bismillah lalu ambillah tindakan. Now!

Semoga bermanfaat. Amin.

Masih ada lanjutannya lho. Tunggu bagian dua ya ….