Membuat Online Customer Service Center Dengan Anyasq.com. It’s Free!

Jadi apa itu AnyAsq?

AnyAsq.com adalah sebuah situs yang memiliki fungsi sangat sederhana, yakni menjadi tempat bagi penggunanya untuk membuat semacam “room” atau ruangan yang bisa digunakan sebagai tempat bertanya-jawab. Bila Anda melihat halaman depan situs ini, Anda mungkin akan langsung tahu tujuan dari dibuatnya situs ini.

anyasq

Dengan tagline khasnya, “Where Interesting People Say: “Ask Me Anything.””, AnyAsq menginginkan terjadinya aktivitas tanya-jawab diantara membernya yang membuat pertanyaan dengan member lain yang datang untuk bertanya. Dengan konsep seperti ini, penulis menganggap bahwa situs seperti ini akan sangat cocok sekali bila dijadikan sebagai salah satu channel customer service bisnis Anda.

Memang benar bahwa saat ini kita sudah dijejali begitu banyak ruangan untuk bertanya-jawab, entah itu via email, facebook, google+, twitter, blog, dan sebagainya. Tapi demi sebuah informasi dan ilmu pengetahuan, penulis rasa tidak ada salahnya bila Anda mencoba menjadi seorang “early adopter” untuk layanan yang satu ini. Iya nggak? Mau tahu caranya? Simak terus tulisan ini!

Dalam tulisan kali ini, saya akan membuat sebuah channel untuk distro kaos saya, Wimkhan Clothing. Dengan adanya ruangan untuk bertanya jawab, saya berharap supaya calon pelanggan maupun mitra bisnis saya tidak keberatan untuk berhenti mengirimi saya SMS yang berisi dengan pertanyaan-pertanyaan lagi. Sebagai gantinya, saya ingin supaya mereka nantinya bisa mengakrabi layanan ini karena dengan model tampilan tanya-jawab yang terstruktur, mereka harusnya tidak menanyakan saya pertanyaan yang sifatnya berulang-ulang.

Oke, get ready everybody!

1. Sign in!

Hampir selalu, langkah awal untuk menggunakan layanan di internet adalah dengan mendaftar. Pendaftaran di AnyAsq terbilang sangat mudah. Anda tidak perlu memasukkan data apapun kecuali verifikasi akun Anda di facebook dan atau twitter. Dalam contoh kali ini, saya masuk ke AnyAsqk menggunakan akun facebook. Maklum, saya lebih sering berada di fb ketimbang twitter.

anyasq

2. Masukkan Pengantar pertanyaan Anda.

Dalam contoh ini, saya menggunakan kalimat berikut:

I am the founder and owner of Wimkhan Clothing. Ask Me Anything.

Saran saya, sebaiknya Anda menggunakan kalimat deskripsi yang sudah langsung bisa menjelaskan siapa Anda atau untuk apa channel Anda di AnyAsq dibuat. Alternatif dari kalimat pengantar di atas adalah “This is Wimkhan Clothing Customer Service Center. Ask me Anything”.

3. Masukkan details, qualifications, etc.

Setelah kalimat pengantar, sekarang Anda harus memasukkan deskripsi singkat tentang ruangan yang Anda buat ini. Dalam contoh ini, saya menuliskan deskripsi sebagai berikut:

I am building a small web based clothing business, Wimkhan Clothing, together with my friends. This AnyAsq should be a room for my customers or partners to ask me anything they want.

anyasq

Boleh dibilang, bagian ini adalah field yang bisa Anda gunakan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang room yang baru saja Anda buat ini. Contoh keren lain yang ada di AnyAsq adalah

“I helped design and build a lot of the circles model and sharing UI for Google+. I was recruited to Google to work on “getting social right” in early 2010. Prior to that, I was CTO of Plaxo, and also its first employee (since March 2002). I’ve also spent many years working on open standards for the social web (OpenID, OAuth, Portable Contacts, WebFinger, etc.) Since I work for a big/public company (albeit a pretty cool one), I can’t provide specific stats, dates for future features, or details of confidential code/algorithms. But I will do my best to be “refreshingly frank” about everything else. :)”

Deskripsi di atas adalah penjelas dari sebuah ruangan dengan judul “I’m a technical lead on the Google+ team. Ask me anything.” yang dibuat oleh pegawai Google sendiri. Keren bukan? Intinya adalah supaya para member AnyAsq lainnya jadi tambah ingin bertanya kepada Anda.

4. Masukkan foto Anda atau foto yang terkait dengan bisnis Anda

Di dalam contoh ini, Saya menggunakan gambar kaos milik Abusyina yang saya ambil dari Google. Sesuai dengan saran dari AnyAsq sendiri, foto yang Anda tampilkan sebaiknya foto Anda sendiri yang masih berkaitan dengan bisnis Anda.

5. Klik tombol “Create”

Bila Anda sudah selesai dengan semua poin di atas, sekarang waktunya menerbitkan ruangan Anda ke situs AnyAsq. Hup, dengan satu kali klik, jadilah ruangan customer service Anda.Untuk kemudahan penyebarluasan “ruangan” ini kepada khalayak, AnyAsq sudah menyertakan tombol facebook like, retweet, dan +1 ala Google+, jadi Anda tidak udah repot soal promosi.

6. Lihat dan Sebarkan Hasilnya

promosi hasil

Bagaimana? Sungguh-sungguh mudah bukan? Hanya dengan lima langkah sederhana, sekarang Anda sudah bisa memiliki “customer service center” sederhana tapi fungsional. Saya harap Anda tertarik untuk menggunakan AnyAsq sesuai dengan selera dan imajinasi Anda. Dalam artikel ini, saya mengkhususkan ke topik pembuatan customer service center mengingat target audience dari pengusahamuslim umumnya adalah para pengusaha. Tapi bagaimana bila Anda bukan pengusaha? Tidak usah malu-malu, mendaftar saja dulu. Hihihi … Anda juga bisa melemparkan pertanyaan di ruangan yang saya buat lho.

Semoga bermanfaat. Amin.

Artikel www.PengusahaMuslim.com